Toyota GR HV Sports Concept, Girboksnya Ada Dua!

by  in Mobil Konsep&Toyota
Toyota GR HV Sports Concept, Girboksnya Ada Dua!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak lama lagi, Toyota akan segera memamerkan Toyota GR HV Concept kepada khalayak ramai. Mobil tersebut akan ditampilkan di Tokyo Motor Show pada akhir bulan ini. Seperti apakah mobil berkelir hitam ini?

Mulai familiar dengan inisial GR pada Toyota? Yap benar, proyek ini mendapat sentuhan juga dari Gazoo Racing sementara kode HV adalah singkatan dari hybrid vehicle. Sebenarnya, dari dulu bisa terbaca kok kode mobil konsep Toyota, semisal FT-MV (Future Toyota-Mini Van) yang jadi Alphard, atau FT-86 (Future Toyota-86) yang jadi Toyota 86 dan FT-1 (Future Toyota-1) yang akan jadi mobil nomor 1 Toyota, Toyota Supra.

Kembali ke Toyota GR HV, mobil ini adalah mobil hybrid yang mendapat sentuhan Gazoo Racing layaknya Prius. Jika kalian melihat desain mobil ini, memang tampak sekali adanya siluet 86, namun Toyota bilang mobil ini dapat inspirasi dari Toyota Supra dan Toyota Sports 800 yang juga kerap disebut Yotta-Hachi Ah, bodinya bodi 86 kok, tapi targa roof bawaannya? Keren! Andai ada 86 dengan atap begini ya.

Tampak eksterior, mobil ini mengusung tema sportscar modern. Hal tersebut dapat terlihat dari desain lampunya yang futuristik dan juga diffuser sporti dengan knalpot di tengah serta atap model Targa yang sudah disebutkan tadi. Mobil ini mengusung tema “murdered out“, sebab semuanya berwarna hitam. Mungkin model konsep ini tidak jadi selera semua orang, tapi urusan itu kami serahkan ke pribadi masing-masing. Bagi kami, 86 biasa masih oke.

Biarpun Toyota bilang mobil konsep ini hybrid, sayang mereka enggan menjelaskan mesinnya. Yang jelas, ada yang unik di girboks mobil ini, sebab ia mengawinkan girboks manual konvensional dan otomatis dalam satu paket. Betul sekali, jadi saat santai, pakai saja girboks otomatisnya, namun saat tombol “M” ditekan, pengemudi bisa langsung memainkan girboks manual biasanya. Oh iya, tolong ingat kalau “M”nya Toyota beda sama “M”nya BMW ya.

Bukan tiptronic, tapi kami masih penasaran bagaimana teknologi yang memungkinkan 2 transmisi ini dikemas dalam 1 paket. Sama seperti Toyota 86, Toyota GR HV ini dipastikan berpenggerak roda belakang. Satu hal yang unik, start/stop engine button ada dibalik keterangan gigi pada tuas transmisi lho. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: