Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 : Turunan Dari WRC!

by  in  Berita & Merek Mobil & Motorsports
Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 : Turunan Dari WRC!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, kami telah mengabarkan bahwa tim balap Toyota Indonesia yaitu Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil mencatatkan prestasi perdana di ajang Kejurnas Sprint Rally HIPMI Jatim 2022. Nah, dalam ajang tersebut, TGRI menggunakan Toyota GR Yaris AP4 yang tentunya menarik minat publik. Kali ini, tim AutonetMagz akan membahas singkat spesifikasi yang digunakan oleh tim TGRI pada Toyota GR Yaris AP4. Yuk kita bahas.

Tampilan & Spesifikasi Agresif

Jadi, dalam sebuah press release resmi, Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) menjabarkan ubahan apa saja yang mereka lakukan pada Toyota GR Yaris AP4 yang digunakan. Merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Untuk itu modifikasi pada Toyota GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli dari Toyota GR Yaris tetap dipertahankan.

Guna meningkatkan aerodinamika, Toyota GR Yaris AP4 juga dilengkapi dengan side fender berukuran besar pada ke-4 roda. Tujuannya adalah mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap berukuran besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce. Jadi, kalau di ajang balap, bagian – bagian tersebut memang berperan penting, bukan sekedar styling semata. Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik. Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Homologasi Spesifikasi WRC

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. Hasilnya, Toyota GR Yaris AP4 terbukti mampu tampil mendominasi di track Sprint Rally HIPMI Jatim yang cukup menantang. “Pengembangan Toyota GR Garis AP4 diambil dari GR Yaris yang diciptakan dengan mengusung konsep reverse engineering untuk memenuhi homologasi ajang WRC, sehingga memiliki basis mobil rally yang sudah teruji kemampuannya. Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI dalam meraih gelar juara nasional di tahun ini,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: