Niat, Toyota Yaris 2JZ Pertama Di Dunia Nih!

Niat, Toyota Yaris 2JZ Pertama Di Dunia Nih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai pecinta Toyota, mendengar berita bahwa mereka akan meluncurkan Yaris 2 pintu dengan sistem all-wheel-drive (AWD) membuat saya tercengang bahagia. Apalagi, drifter jagoan saya Daigo Saito yang sudah punya 2 mobil Toyota Yaris GR di dalam garasinya dan salah satunya disokong mesin 2JZ. Yah, meskipun Toyota belum memulai pengiriman dan rencana untuk memasukkan ke Indonesia, setidaknya saya senang.

Buat yang belum tahu siapa itu Daigo Saito, ia adalah pembalap drift profesional yang mengikuti berbagai macam ajang balapan yang jalannya ke samping ini. Formula Drift, D1 GP, sebutlah apa saja, ia pernah bertanding, ia juga pernah ke Indonesia untuk memeriahkan Formula Drift Indonesia dengan Toyota Altezza berwarna ungu-putih yang ia pakai untuk drift di area sekitar JIExpo Kemayoran beberapa tahun yang lalu.

Daigo Saito juga jadi orang pertama yang mengganti mesin Toyota GR Supra di dunia. Jantung aslinya yang berkode B58 dari BMW langsung diganti dengan mesin 2JZ yang selalu dielu-elukan penggemar Toyota. Tidak tanggung-tanggung, Supra baru itu akan dibangun untuk drift juga. Kembali ke Toyota GR Yaris, standarnya mobil in pakai mesin turbo dengan tenaga 270 HP, sistem penggerak AWD dengan teknologi GT-Four Torsen yang langsung diadopsi dari Yaris WRC dan transmisi manual.

Semua itu mampu menjadikan mobil ini sebagai definisi hot hatchback yang paling menggugah untuk dikendarai, apalagi ini buatan Toyota sendiri. Kembali ke garasi Daigo Saito yang sudah terisi oleh 2 Toyota Yaris GR. Nah, salah satu Yarisnya sudah terpasang dengan mesin 2JZ yang dirombak total jantung beserta kerongkongannya. Ruang mesin dibobol dan dirancang ulang supaya muat dimasuki oleh mesin 2JZ-GTE yang 6 silinder.

Kapasitas pun dinaikkan, tadinya 3.000 cc jadi 3.400 cc. Tentu belum cukup bagi Saito, mesin 2JZ ini dipadukan dengan turbo Garrett GTX4294R dan sistem penggerak roda yang tadinya AWD diubah jadi RWD saja. Mobil yang sama sekali tidak cocok disebut mobil, lebih cocok disebut monster hatchback. Monster ini masih sedang dalam proses penggarapan, jadi berangan-anganlah setinggi mungkin akan jadi apa jika kelar nanti Toyota Yaris GR 2JZ milik Saito ini. Gokil ya!

Read Prev:
Read Next: