Toyota Gandeng Suzuki Kembangkan Medium SUV Baru

Toyota Gandeng Suzuki Kembangkan Medium SUV Baru
0  komentar

Autonetmagz.com – Persekutuan Toyota dan Maruti Suzuki telah membantu kedua perusahaan tersebut menggarap segmen-segmen krusial di India seperti Compact SUV/Crossover dan hatchback/city car. Sebuah contoh kesuksesan kerjasama Toyota dan Maruti Suzuki diantaranya adalah Toyota Glanza yang merupakan versi rebadged dari Maruti Suzuki Baleno, yakni salah satu mobil paling laku di India.

Dan sekarang, kedua perusahaan raksasa ini kembali mengembangkan mobil baru bersama untuk dirilis pada tahun 2022. Jadi apa mobil yang sedang dikembangkan kedua manufaktur ini? Nah, kabarnya Toyota dan Maruti Suzuki ingin menampakkan kaki mereka kedalam segmen midsize SUV. Tidak lama sebelum ini, Toyota merilis subCompact SUV/Crossover terbarunya yaitu Toyota Urban Cruiser yang memiliki basis dari Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan sekarang nampaknya pabrikan Jepang tersebut ingin mengekspansi jajaran model mereka di India. Dikutip dari GaadiWaadi, Toyota dan Suzuki merencanakan kolaborasi SUV berukuran medium alias midsize SUV.

Mobil Midsize SUV ini akan bergelut melawan Kia Seltos, Hyundai Creta dan Nissan Kicks, salah satu segmen paling kompetitif di India. Hal yang akan membedakan mobil buatan Toyota dan Maruti Suzuki adalah desainnya dimana Midsize SUV-nya Toyota akan memiliki styling-nya tersendiri ketimbang kembarannya dari Maruti Suzuki. Untuk soal platform kemungkinan mobil ini akan menggunakan chasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang ada di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Hmmm, secara dimensi dan kelas sebenarnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky masih seukuran dengan Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Vitara Brezza.

Mungkin keduanya hanya meminjam platform-nya, dan mengembangkan ukurannya jadi lebih besar dibandigkan kedua produk yang sudah ada. Karena kita tahu bahwa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jelas bukan sebuah mid size SUV, malahan masuk dalam segmen small size alias Mini SUV. Informasi mengenai fitur dalam kabin beserta jenis mesin yang bakal digunakan belum dirilis oleh kedua belah pihak tapi kemungkinan besar mobil ini akan dirilis pada awal tahun 2022. Sekarang kita hanya bisa menunggu Toyota dan Maruti Suzuki untuk merilis informasi lebih mengenai Midsize SUV terbaru mereka.

Bagaimana menurut kalian soal mobil yang dikembangkan Toyota dan Maruti Suzuki ini? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: