NMI : Penjualan Nissan X-Trail Jalan Terus!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
NMI : Penjualan Nissan X-Trail Jalan Terus!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami mendapatkan sebuah kabar yang cukup mengejutkan karena Nissan Motor thailand diruomorkan telah menghentikan produksi dari SUV kebanggaan mereka yaitu Nissan X-Trail. Sayangnya, mereka masih bungkam terhadap rumor ini. Kami pun mencoba untuk mengontak pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) terkait hal ini, karena kita tahu bersama bahwa Nissan X-Trail juga dipasarkan di Indonesia.

Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui divisi Public Relation-nya memilih untuk tidak berkomentar terhadap munculnya isu tersebut. Yang jelas, mereka memastikan bahwa setiap produk yang ada di dalam situs resmi mereka masih akan terus dijual. Yap, ini artinya Nissan X-Trail T32 facelift masih akan terus dijual di Indonesia. Sampai kapan? Hanya Nissan yang tahu. Dan ada fakta yang unik, Nissan X-Trail T32 facelift yang dipasarkan di Indonesia ternyata CBU Thailand, walaupun data yang ada di database GAIKINDO menyebutkan bahwa unit Nissan X-Trail T32 facelift merupakan CBU Jepang. Nampaknya ada keterlambatan update data dari pihak GAIKINDO dalam hal ini.

Kalau memperhatikan data wholesales dari GAIKINDO, pihak Nissan tahun ini sudah mendistribusikan 115 unit Nissan X-Trail sejak awal tahun. Angkanya memang tidak tinggi, karena kita tahu bahwa pasar otomotif di negeri ini tengah drop. Angka 115 unit selama 7 bulan pertama, plus efek pandemi, kami rasa masih bisa dimaklumi, karena masih mampu mendekati angka tahun lalu. FYI, Nissan X-Trail T32 facelift mulai dijual di GIIAS 2019 dengan angka wholesales di 124 unit selama 6 bulan penjualan. Artinya, memang penjualan Nissan X-Trail terdampak pandemi, namun tidak terlalu fatal.

Lalu, jika benar Nissan Motor Thailand benar – benar menghentikan produksi Nissan X-Trail T32 facelift dan stoknya sudah habis, bagaimana nasib pasar Indonesia? Nampaknya ada 2 peluang yang bisa terjadi. Pertama, segmen yang dihuni mobil ini akan kosong sementara, dengan harapan Nissan Bisa menghadirkan Nissan X-Trail T33 dengan mengimpor dari Jepang suatu hari nanti. Kedua, Nissan akan meninggalkan segmen medium SUV di Asia Tenggara kosong. Untuk prediksi pertama, maka kita hanya perlu memprediksi kapan Nissan Jepang akan memasarkan All New Nissan X-Trail T33.

Dan dari informasi yang kami dapat via BestCarWeb, Nissan X-Trail T33 akan diperkenalkan di Jepang pada bulan Oktober 2021 mendatang. Jadi, Nissan X-Trail T32 masih memiliki tambahan usia selama 1 tahun ke depan. Karena Nissan X-Trail T33 akan dijual di Jepang dan tentunya diproduksi di sana, maka ada peluang bagi pasar Indonesia untuk mendapatkan unitnya. Kalau mau hitung – hitungan, seharusnya unit Nissan X-Trail T33 bisa masuk ke pasar lokal di tahun 2022 atau 2 tahun pasca dirilis global. Kita tunggu saja. Lalu, bagaimana dengan unit yang diimpor dari Thailand? Nampaknya pabrik Thailand akan berfokus ke produksi Nissan Kicks e-Power dan jajaran produk lain yang lebih ‘laris’ di kawasan ASEAN.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Bagi kalian yang sempat ragu untuk memingang Nissan X-Trail dalam waktu dekat, kalian tak perlu kuatir. Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: