Toyota Etios Versi Brazil Segera Mendapat Mesin Baru, Kapasitas Tetap Sama

by  in Mobil Baru
Toyota Etios Versi Brazil Segera Mendapat Mesin Baru, Kapasitas Tetap Sama
0  komentar
Toyota Etios Valco facelift 2015

AutonetMagz.com – Rehat dulu sejenak dari pemberitaan mengenai Toyota Kijang Innova, nanti kalau ada informasi baru kami beritakan lagi kok. Sekarang pindah sedikit ke model Toyota yang jauh lebih murah, yakni Toyota Etios. Di Brazil sana, konon ia akan mendapatkan ubahan pada tahun 2016, dan ubahannya tidak sekedar tempel aksesoris belaka. Revisi yang bakal diterima kira-kira sama dengan Grand New Avanza dan Grand New Veloz, yakni akan mendapat mesin baru.

Luiz Carlos Andrade, Kepala Koordinasi Toyota Amerika Latin dan Karibia tidak menampik hal tersebut.”Mesin Toyota Etios nanti bakal diganti dengan yang baru, tapi kapasitasnya tetap sama, 1.300 cc dan 1.500 cc,” katanya. Sejauh ini, opsi transmisi yang dikonfirmasi bakal hadir hanya manual 5 percepatan buatan Aisin, tidak ada kabar burung apapun mengenai pilihan transmisi matik. Sama kayak di Indonesia dong?

Mesin 1.5 liter Toyota Etios Cross

Di samping itu, tidak ada info lagi mengenai apa kode mesinnya, berapa hp dan torsinya atau hal-hal lainnya. Sedikit informasi, mesin 1.300 cc milik Etios Brazil yang sekarang bisa mengeluarkan 90 hp dan 126 Nm, sementara yang 1.500 cc lebih baik dengan 96,5 hp dan 136 Nm. Harapannya sih sudah pasti : tenaga dan torsi naik, putaran torsi dan tenaga optimal lebih rendah dan BBM lebih irit, tapi lihat saja nanti.

Yang pasti, mesin baru ini bakal dirakit di pabrik Toyota yang berlokasi di Porto Feliz, yang diharapkan akan meluncur pada semester pertama 2016. Pabrik baru itu sudah memiliki 180 karyawan, yang diharapkan akan meningkat menjadi 340 karyawan. Automotive Business Brazil mengatakan, transmisi milik Etios nanti bakal diluncurkan di Itu, Sao Paulo dalam waktu yang bersamaan dengan peluncuran mesinnya.

2014 Toyota Etios Cross

Kalau Toyota Etios di Indonesia apa kabar ya? Seingat kami belum lama deh dia di-facelift, jadi masih terlalu dini untuk berspekulasi kapan Etios versi Indonesia siap diperbarui lagi. Tapi jika sudah saatnya diperbarui, menurutmu perlu mesin baru segala atau cukup dengan yang sekarang? Atau malah ingin varian baru seperti Etios Cross di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Hugo

    Kalau yaris atau vios Udh ada rencana ganti mesin atau facelift belum? Kan katanya 1nz fe sudah ketinggalan jaman

    • Thomas Bondan Tyas

      Bisa aja diganti pake mesin Dual VVTI punya Grand New Veloz

  • Oki Ngew

    Etios itu sebenarnya bagus… kalo tipe g harganya 160 juta

  • Rizki

    Etios sini gak kena imbas boikot Brazil kaya Chevy Spin, jadi masih bisa continue, mungkin juga karena bahannya ambil dari India. Btw Etios punya varian Toms kaya Vios gen.1 lho even cuma nambah skirt2 gitu, gak ngerubah penampilan kaya Etios Cross versi Brazil CMIIW