Sketsa KIA Niro Crossover Versi Produksi Diumumkan, Pakai Mesin 1.600 cc Plus Hybrid

by  in Berita&International&Kia
Sketsa KIA Niro Crossover Versi Produksi Diumumkan, Pakai Mesin 1.600 cc Plus Hybrid
0  komentar
sketsa kia niro

AutonetMagz.comBetter late than never, kira-kira begitu isi otak KIA dalam memutuskan untuk merancang sebuah crossover kecil untuk menantang Nissan Juke, Honda HR-V, Ford EcoSport dan Chevrolet Trax. Setelah berturut-turut melepas All New Sorento dan All New Sportage, KIA punya satu kejutan lagi, yakni sebuah crossover bernama KIA Niro yang akan duduk sebagai adiknya KIA Sportage.

Dari sketsa sih mungkin tidak ada yang menjadi masalah dengan preview KIA Niro versi produksi. Tetap ganteng dengan ciri khas desain KIA, misalnya gril tiger nose, lampu sipit dan lain sebagainya, tapi jelas ia sangat jauh sekali wujudnya dibanding versi konsepnya, terutama sistem butterfly door di pintu depan pasti hilang. Ya sudahlah, lagian agak berlebihan jika butterfly door itu lolos ke jalur produksi.

Pintu lipat KIA Niro 2014

Sebagai perkenalan awal, mesin yang akan dipakai adalah mesin hybrid. Merupakan gabungan dari mesin Kappa 1.600 cc 4 silinder 103 hp dan 147 Nm serta motor listrik 32kW dan baterai lithium-polimer 1,45kWh. Sama seperti Ford Ecosport, Niro bakal mengandalkan transmisi kopling ganda 6 percepatan untuk meneruskan daya dari mesin ke roda.

Sama seperti kebanyakan kontestan di kelasnya, penggerak utamanya adalah FWD, tapi bakal dihadirkan opsi AWD jika ada market yang membutuhkannya. Menurut Autocar, KIA Niro ini akan menjadi model global, jadi semua negara nanti dapatnya yang modelnya begini kira-kira. Hm, mungkin pengecualian buat China, karena mereka sudah punya KIA KX3.

sketsa kia niro belakang

Tempat diluncurkannya KIA Niro masih belum bisa ditebak dengan pasti, tapi jika bukan di Detroit Motor Show bulan Januari ini, mungkin di Chicago Auto Show di bulan berikutnya. Kami sih jelas berharap ia bisa berkompetisi di sini, tapi kalau bisa ada opsi mesin non-hybrid, itu pasti bakal sangat meringankan. Tahu sendiri kan peraturan pajak kita amat-sangat-sungguh-terlalu aneh karena mobil hybrid yang ramah lingkungan jadi mahal dan tidak diberikan keringanan apapun?

Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: