Toyota Corolla Quest : Rebadge Suzuki Ciaz Di India?

Toyota Corolla Quest : Rebadge Suzuki Ciaz Di India?
0  komentar

Autonetmagz.com – Setelah berhasil rebadge Suzuki Baleno Hatchback di India, Toyota kembali menjadi-jadi dengan mendaftar dagang nama Toyota Corolla Quest di India. Manuver ini dianggap sebagai peluang untuk menghidupkan kembali nama Toyota Corolla di pasar India. Toyota Corolla Quest saat ini dijual di berbagai pasar internasional. Papan nama Toyota Corolla sudah menetap di India selama lebih dari 15 tahun, mulai dari awal 2000-an hingga tahun 2020, di mana sedan yang populer dari Toyota tersebut dihentikan produksinya di India. Meskipun ada versi hatchback dari Toyota Corolla yang dijual secara internasional, pasar India menerima tawaran sedan premium. Apa aja detailnya? Mari kita simak.

Peluang Menghidupkan Lagi Nama Corolla di India?

Di pasar global, Toyota Corolla generasi ke-12 sudah dijual sejak 2018 dan telah menjadi best-seller global selama beberapa dekade. Toyota Corolla ditawarkan dalam bentuk sedan, station wagon, dan hatchback, dan sedan bernama Altis. Penjualan Toyota Corolla dihentikan menjelang inspeksi standar emisi BSVI pada April 2020. Mengingat sambutan yang baik untuk Toyota Glanza dan Toyota Urban Cruiser, Raksasa Jepang ini sedang berupaya memperkenalkan banyak model dari versi rebadged. Toyota Yaris yang diluncurkan pada April 2018 yang diproyeksikan untuk menggantikan Maruti Suzuki Ciaz belum diterima dengan baik di antara pelanggan. Toyota Ciaz yang diperbarui mendapat nama baru, yakni Toyota Glanza atau bisa disebut dengan nama Toyota Corolla Quest karena kedua nama tersebut telah menjadi merek dagang di India. Toyota Corolla Quest saat ini dijual di Afrika Selatan sebagai alternatif yang lebih murah daripada generasi terbaru hatchback dan sedan dari Toyota Corolla, dan ditenagai oleh mesin bensin empat silinder 1800cc yang menghasilkan sekitar 138 HP dan 173 NM.

Selain memakai mesin yang sama juga digunakan di India, membawa kembali nama Toyota Corolla mungkin masuk akal dari sudut pandang bisnis, dan mesin yang dipakai sama dengan yang di Afrika Selatan. Apabila Toyota Corolla kembali ke India, maka Toyota Corolla akan berhadapan dengan rival-rival yang termasuk berat, yakni Hyundai Elantra, Honda Civic dan Skoda Octavia. Dari segi teknis, Toyota Belta/Toyota Corolla Quest akan ditenagai oleh mesin bensin hybrid ringan K15B empat silinder 1500cc dari Suzuki, menghasilkan tenaga 104 HP dan torsi 138 NM. Mesin tersebut dijodohkan dengan transmisi manual 5-speed atau transmisi otomatis torque converter 4-speed. Perubahan dari eksterior dari Toyota Belta/Toyota Corolla Quest juga dilakukan demi perawakan yang lebih premium, dimulai dari desain grill depan yang direvisi, lampu depan yang baru, bumper depan yang baru. Dari desain belakang, yang direvisi adalah pada pintu bagasi bersama dengan bumper belakang dan lampu belakang. Namun, siluet keseluruhan dari sedan Toyota Corolla Quest tetap sama dengan Toyota Corolla Altis yang dihentikan produksinya.

Di bagian dalam, Corolla Quest memiliki kabin yang didesain ulang dan sarat dengan fitur. Ini termasuk touchscreen infotainment system berukuran besar yang mendukung wireless smartphone connectivity, climate control, control systems in steering, kursi bersandaran belakang dengan sandaran tangan, and reverse camera. Rebadge ini bukanlah pertama kalinya terjadi di dunia otomotif. Sudah banyak brand-brand otomotif yang melakukan ini. Karena dari segi bisnis, bisa menguntungkan kedua pihak, sedangkan dari segi kualitas, salah satu brand bisa menaikkan standar dalam kualitas produk mereka, memiliki kemampuan membuat fitur-fitur yang lebih canggih dan citra yang lebih baik.

Bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: