Toyota Corolla Cross Meluncur, Harga Mulai 445 Juta Rupiah!

by  in Mobil Baru
Toyota Corolla Cross Meluncur, Harga Mulai 445 Juta Rupiah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya spesifikasi lengkap Corolla versi “Jip” yang lebih jangkung alias Corolla Cross sudah keluar semua. Toyota Corolla Cross resmi meluncur di Thailand dan harganya akan membuat kita langsung mencari siapa teman main sekelasnya. Harga Toyota Corolla Cross di Thailand mulai 989 ribu Baht sampai 1,198 juta Baht, atau sekitar 445 juta Rupiah hingga 552 juta Rupiah jika dikonversi dengan nilai tukar mata uang saat ini.

Harga Toyota Corolla Cross yang demikian praktis menempatkannya di bawah Toyota Fortuner, dan bisa dijejerkan sepantaran dengan SUV atau crossover bersasis monokok lainnya. Lawan main yang paling jelas adalah Honda CR-V Turbo, Nissan X-Trail dan Hyundai Tucson. Awalnya terasa bingung, karena 3 SUV tadi biasanya dihadapkan dengan Toyota RAV4, namun sekarang malah ketemu dengan Corolla Cross. Bingung juga bagaimana membedakan RAV4 dengan Corolla Cross secara segmen.

Toyota Corolla Cross memakai sasis TNGA-C dan pilihan penggeraknya hanya satu, yaitu penggerak roda depan. Mesin yang ditawarkan adalah mesin 1.800 cc 4 silinder 2ZR-FBE 140 hp dan 175 Nm bertransmisi CVT. Jika ada budget lebih, versi 1.800 cc hybrid 98 hp dan 142 Nm (mesin) plus ekstra 72 hp dan 163 Nm (motor listrik) dipadukan dengan e-CVT bisa dipertimbangkan. Kami sudah sempat membahas desain bagian depannya, tapi bagaimana dengan belakangnya?

Bagian belakang Toyota Corolla Cross memang memiliki sedikit kemiripan dengan saudaranya, yakni RAV4. Bagian pilar C terdapat aksen yang memisahkan bodi dan atap, seolah-olah ia memiliki atap yang mengambang alias floating roof. Terdapat roof rail dan antena sirip hiu di atas, lampu belakang memakai LED bar dan versi entry level memakai pelek 17 inci, sementara varian di atasnya menggunakan pelek 18 inci.

Meski bagian eksterior atau penampilannya cukup menarik bagi kami, interior Toyota Corolla Cross tidak mengandung kejutan apa-apa. Bukannya jelek, tapi karena benar-benar sama dengan interior Toyota RAV4 atau bahkan Toyota Corolla Altis hybrid, tak banyak detail baru. Instrumen analog-digitalnya sama, layar infotainment ala tablet PC-nya juga sama, desain setir sama, bahkan kontrol AC digital juga sama. Toyota banyak belanja untuk mengubah luarnya daripada dalamnya.

Sama seperti Toyota Corolla Altis versi hybrid, Toyota Corolla Cross hybrid punya “EV mode” yang memampukan mobil ini berjalan tanpa suara menggunakan tenaga listrik saja, tapi hanya untuk jarak 1-3 km saja. Sebagai standar, mobil ini juga sudah dipasangi kamera 360 derajat yang memudahkan saat parkir dan tentu saja, paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense sudah siap dipilih. Ada juga aplikasi untuk menghubungkan Corolla Cross ini dengan smartphone kita.

Toyota Corolla Cross hanya hadir dalam format 5 tempat duduk, dan Toyota memberikan beberapa hal yang dibutuhkan penumpang belakang dalam tingkatan cukup. Jok belakang lapis kulit dan bisa diubah sudut sandarannya, terdapat pula ventilasi AC, armrest dan 2 buah port USB untuk mengisi daya gadget penumpang belakang. Tidak ada panoramic sunroof, namun hanya sebuah sunroof standar. Oh ya, ruang bagasi standarnya mencapai 487 liter.

Hal yang sedikit mengecewakan di Toyota Corolla Cross adalah pemakaian suspensi belakang berjenis torsion beam, bukan suspensi independen seperti suspensi depannya. Kemungkinan besar ini akan membuat rasa menyetir Corolla Cross berbeda dengan Toyota lain yang memakai TNGA-C, tapi kita lihat saja nanti. Bagaimana menurutmu, apakah Toyota Corolla Cross pantas dijual di Indonesia jika harganya 500 juta lebih? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: