Toyota Etios Tetap Akan Diproduksi Selama Ada Permintaan

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Toyota Etios Tetap Akan Diproduksi Selama Ada Permintaan
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sempat mengabarkan bahwa Toyota di India akan menggantikan Toyota Etios berwujud sedan di sana dengan Toyota Yaris Ativ yang notabene mengusung mesin serupa namun dengan desain dan kelengkapan yang lebih modern. Lalu di akhir artikel kami pun melempar pertanyaan kepada para pembaca bagaimana jika di Indonesia? Apakah layak untuk meniru manuver dari Toyota India, ataukah membiarkan Toyota dimakan zaman dan meninggalkan celah kosong di kelas compact hatchback bermesin 1.200cc?

Dari data Wholesales Gaikindo, Toyota Etios hanya membukukan angka 612 unit saja dari bulan Januari 2017 lalu hingg bulan September 2017 lalu. Angka ini tentunya merosot tajam jika melihat periode yang sama di tahun lalu yang masih mencapai angka 3.009 unit selama 9 bulan diproduksi. Dengan angka tersebut, praktis volume produksi dari Toyota Etios di Indonesia tak mencapai 100 unit perbulannya, atau dengan kata lain hanya menyentuh rata – rata 50 unit per bulannya. Namun angka ini tak menggusur Toyota Etios dari pabrik kedua Toyota di Karawang Jawa Barat.

Sejauh ini secara stok, Toyota Etios masih mumpuni untuk penjualan hingga bulan November 2017 mendatang. Dan menurut pihak Toyota, margin dari penjualan model ini merupakan salah satu yang dianggap masih menjanjikan. Dan dari data yang diakumulasi oleh pihak Kompas, Toyota Etios ditawarkan dengan berbagai kemudahan yang menarik konsumen. Pertama, karena penjualannya tak terlalu banyak dan unitnya masih ada stok, maka tak perlu pakai acara inden untuk pembelian Toyota Etios. Selain itu ada tawaran diskon sebesar 20 juta Rupiah untuk pembelian Toyota Etios pada bulan Oktober ini.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa selain perkara desain, beberapa kelengkapan yang dimiliki oleh Toyota Etios sudah cukup tertinggal dibandingkan dengan para pesaingnya. Namun citra merk dan juga jaringan 3S nampaknya masih akan menjadi kekuatan dari Toyota Etios untuk tetap bertahan di tanah air. Sampai kapan? Ya sampai tak ada permintaan sama sekali. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: