Toyota Sedang Pertimbangkan Penerus Dari FJ Cruiser

Toyota Sedang Pertimbangkan Penerus Dari FJ Cruiser
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota sempat membuat para penggemarnya gembira sekitar 12 tahun silam dengan membangun sebuah mobil petualang dengan body yang kompak, namun dengan beberapa garis desain khas mobil masa lalunya, dan mobil ini adalah Toyota FJ Cruiser. Yap, siapa yang tak tahu Toyota FJ Cruiser, mobil yang cukup ikonik ini memang memberikan tampilan ala FJ40 dengan sentuhan modern.

Namun, tak sampai satu dekade setelahnya, Toyota malah membuat beberapa pecinta Toyota FJ Cruiser patah hati karena pada 2014 memutuskan untuk tak melanjutkan model Toyota FJ Cruiser, alias di diskontinyu. Bahkan pada tahun 2017 kemarin merupakan akhir dari perjalanan hidup Toyota FJ Cruiser selama 11 tahun berkiprah di pasar otomotif global. Lalu, jika Toyota FJ Cruiser sudah disuntik mati, maka jelas pasar yang dahulu dihuni oleh mobil ini menjadi lowong. Oleh karena itu, CEO Toyota Motor North America, Jim Lentz mengatakan bahwa pihaknya tak akan membiarkan posisi Toyota di segmen tersebut menjadi lowong.

Dikutip dari Motor Trend, di sela – sela Detroit Auto Show alias North America International Auto Show 2018, Mr Lentz mengatakan bahwa sebenarnya para konsumen dari segmen yang sama yang dihuni oleh Toyota FJ Cruiser kini sudah banyak yang berpindah ke Mobil Double Cabin. Namun, Mr lentz mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya masih sangat banyak menerima masukan untuk menghidupkan kembali Toyota FJ Cruiser atau mobil lain di segmen yang serupa. Mr Lentz sendiri menyebutkan bahwa benar segmen yang dihuni oleh Toyota FJ Cruiser saat ini masih lowong, dan memungkinkan untuk dimasuki oleh produk lain sebagai suksesor dari Toyota FJ Cruiser.

Namun seperti apakah suksesor dari Toyota FJ Cruiser? Mungkin kita bisa sedikit menebak – nebak dengan memperhatikan beberapa mobil konsep daro pihak Toyota. Toyota sendiri memiliki Toyota FT-4X yang diperkenalkan di New York tahun lalu, dan juga Toyota FT-AC yang diperkenalkan di LA Auto Show di tahun yang sama. Melihat bentuk dan dimensinya, keduanya punya peluang untuk menjadi suksesor dari Toyota FJ Cruiser, namun melihat tren penjuaan di segmen ini yang tak terlalu tinggi, nampaknya hanya akan ada satu model saja yang bisa terealisasi. Mr. Lentz sendiri menyatakan bahwa mobil tersebut nantinya akan dikhususkan untuk mereka yang suka beraktifitas di luar, khususnya off road.

Mobil tersebut juga tidak akan diperlengkapi dengan sistem gerak AWD, namun 4WD biasa namun dengan ground clearance yang mumpuni. Mobil suksesor Toyota FJ Cruiser ini sendiri akan diposisikan di bawah Toyota 4Runner, dan sejajar dengan Toyota RAV4, namun tentunya dengan pendekatan yang jauh berbeda dengan Toyota RAV4, dan lebih mengarah seperti konsep Jeep Wrangler. Jadi seperti apakah suksesor dari Toyota FJ Cruiser? Dan apakah masih akan mewarisi nama Toyota FJ Cruiser? Kita nantikan saja ya.

Read Prev:
Read Next: