Toyota Bawa Yaris Ativ Untuk Gantikan Etios di India, Indonesia?

Toyota Bawa Yaris Ativ Untuk Gantikan Etios di India, Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan Toyota Yaris Ativ? Mobil ini diluncukan di Thailand beberapa waktu yang lalu untuk masuk ke jajaran Thai Eco Car, alias mobil ramah lingkungan di Thailand sana. Dan nampaknya Toyota Yaris Ativ menarik minat Toyota India untuk memboyongnya ke negeri Bollywood tersebut. Namun tentunya jika Toyota Yaris Ativ masuk ke India, akan ada korban yang harus disuntik mati.

Dan jika melihat segmennya, maka Toyota Etios adalah sasaran empuk yang menjadi tumbal jika Toyota Yaris Ativ hadir di India. Pertama, secara mesin keduanya menggunakan kubikasi yang sama, lalu keduanya juga sama – sama sedan. Ha? Kok Toyota Etios sedan? Tenang, Toyota Etios yang dimaksud disini adalah Toyota Etios sedan yang dijual di Indonesia sebagai unit untuk armada taksi. Namun kabar buruk tak berhenti samapi disitu, karena nyatanya memang Toyota Etios, baik sedan ataupun hatchback alias Etios Liva akan dihentikan proses produksinya pada tahun 2020 mendatang.

Dan semakin buruk, karena Toyota Etios generasi sekarang akan menjadi generasi pamungkas, alias tak akan dilanjutkan pengembangannya dan discontinue. Alasan  – alasan itulah yang membuat Toyota Yaris Ativ menjadi pilihan yang masuk akal untuk pasar India. Toyota Etios sendiri juga sudah mulai lesu penjualannya di India semenjak munculnya produk – produk baru seperti Maruti Dzire terbaru dan Hyundai Verna terbaru. Toyota Yaris Ativ sendiri dipercaya mampu memberikan angka penjualan yang baik di India, karena disana Toyota Vios pun tak dijual.

Toyota Yaris Ativ sendiri dibekali dengan mesin 1.200cc bensin dengan tenaga 86 hp dan torsi maksimal 108 Nm. Mesin tersebut digandengkan dengan transmisi otomatis CVT. Dengan mesin yang kecil, namun perawakan yang tak bisa dikatakan kecil, Toyota India memiliki kans untuk menempatkan Toyota Yaris Ativ di pasar mid-sedan maupun compact-sedan. Selain itu secara desain, jelas Toyota Yaris Ativ lebih manis dan enak dilihat dibandingkan dengan Toyota Etios yang serasa ketinggalan sekian generasi. Di pasar India, Toyota Yaris Ativ akan menghadapi lawan yang tak ringan, seperti Maruti Dzire, Honda City, Hyundai Verna, VW Vento maupun Skoda Rapid.

Dan jika nantinya Toyota Etios di-discontinue, maka begitu pula untuk pasar Indonesia walaupun mobil ini tak diimpor dari India, melainkan dirakit di Indonesia dengan kandungan lokal mencapai 60%. Akankah Toyota Etios digantikan pula di Indonesia? Atau hanya akan disuntik mati dan meninggalkan segmen ini kosong? Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan komentar kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: