Toyota Auris Facelift Akhirnya Dapat Mesin Turbo dan Paket Fitur Safety

Toyota Auris Facelift Akhirnya Dapat Mesin Turbo dan Paket Fitur Safety
0  komentar
Toyota-Auris-facelift-Merah

AutonetMagz.com – Hatchback Toyota Auris yang merupakan kembaran Scion iM yang kemarin sempat kami bahas baru saja di-facelift di Jepang. Secara eksterior, yang berubah hanya desain bumpernya saja menjadi mirip Scion iM, interiornya pun tak terlalu banyak ubahan. Fokus utama Toyota di Auris facelift ini adalah penambahan paket fitur Safety baru dan penambahan varian baru yang memakai mesin turbo.

Varian baru ini bertajuk 120T, dengan kapasitas mesin 1.200 cc 4 silinder direct injection turbo. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 114 hp dan torsi 185 Nm yang sudah terasa sejak 1.500 hingga 4.000 rpm. Varian 120T ini hanya punya pilihan transmisi Super CVT-i dengan fitur paddle shift.

Toyota-Auris-facelift-Hitam

Selain itu, berkat teknologi Start & Stop function, efisiensi BBM-nya bisa mencapai 19,4 km/liter. Toyota mengatakan, hasil uji emisi Auris bermesin turbo ini 75 persen lebih rendah daripada ketentuan pemerintah Jepang yang diatur tahun 2005 untuk mendapat gelar Low Emission Vehicles (LEV).

Artinya, Auris 120T berhak atas subsidi dan insentif pajak bagi eco-cars dari pemerintah Jepang. Selain versi 1.200 cc turbo ini, masih ada versi 1.500 cc dan 1.800 cc tanpa turbo. Khusus mesin 1.800 cc berkode 2ZR-FAE, ada pilihan transmisi manual 6 percepatan di samping transmisi Super CVT-i.

Toyota-Auris-facelift-Kuning-belakang

Sementara varian 1.500 cc berkode 1NZ-FE, yang rasanya tak perlu kami bahas lebih dalam karena kebanyakan dari kta sudah hafal betul tentang mesin ini. Auris bermesin 1NZ-FE hanya punya pilihan transmisi Super CVT-i, tapi tak seperti varian 1.800 cc dan 1.200 cc turbo, hanya Auris 1.500 cc yang punya pilihan penggerak 4WD.

interior-toyota-auris-hitam-coklat

Cukup soal mesinnya, sekarang bahas interiornya. Dibanding Auris lama, Auris facelift kini punya panel instrumen baru dengan finishing wood grains, jok baru yang dilapis bahan kombinasi dari ultra suede, kulit dan bahan semi-kulit. Fitur standarnya sudah termasuk cruise control, pemanas jok depan dan spion tengah anti gores.

Seperti yang sudah kami bilang, kini Auris baru sudah diberikan paket sistem Toyota Safety Sense C yang terindikasi dari adanya kamera dan modul radar laser pada mobil. Di tipe 1.800 cc dan 1.200 cc turbo, paket fitur safety ini sudah menjadi standar, sementara untuk yang 1.500 cc, paket fitur safety ini hanya opsional.

fitur-Toyota-Safety-Sense-C

Auris facelift sudah resmi dijual dengan harga termurah 1,789 juta Yen (194 juta Rupiah) dan termahalnya 2,590 juta Yen (281,5 juta Rupiah). Dengan harga segitu, Toyota menargetkan angka penjualan sebesar 1.000 unit per bulan.

Bagaimana menurutmu jika Auris didatangkan ke Indonesia untuk menjadi kakaknya Yaris lele? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: