Hasil Kerjasama Toyota dan Mazda Lahirkan Scion iA, Kembaran Mazda 2 Sedan

Hasil Kerjasama Toyota dan Mazda Lahirkan Scion iA, Kembaran Mazda 2 Sedan
0  komentar

Scion-iA-2016AutonetMagz.com – Apa yang anda lihat ini bukan lelucon April Mop. Toyota benar-benar membuat mobil untuk sub-brand Scion dengan basis Mazda 2 sedan, dan inilah hasilnya. Namanya Scion iA, dan jelas kelihatan kalau ini benar-benar Mazda 2 sedan yang di-rebadge dengan logo Scion dan rombakan pada front fascia agar sedikit berbeda dengan Mazda 2.

Scion-iA-belakang

Terlepas dari kemiripannya dengan Mazda 2, kami mengerti, memang budget untuk membuat mobil baru untuk menambah produk jualan di pasar sangatlah mahal dan risetnya lama. Dengan demikian, Scion iA yang dibangun di pabrik Mazda di Meksiko ini memang salah satu cara untuk membuat mobil baru dengan waktu lebih cepat dan budget lebih minim. Selain itu, bisa jadi ajang mempelajari teknologi masing-masing merek demi kemajuan perkembangan teknologi otomotif.

Scion-iA-Depan

Tapi jujur saja, hasil rombakan wajah Mazda 2 dengan cara mengubah gril khas bahasa desain Kodo Mazda dengan gaya keen look ala Toyota dan aksen garis yang menyerupai (lagi-lagi) kumis lele di samping kanan dan kiri gril besarnya ini menurut kami kurang selaras dengan bodi Mazda 2 sedan. Mata kami masih lebih mudah menerima wajah Mazda 2 sedan yang ganteng dibanding Scion iA ini, tapi itu semua kembali ke selera masing-masing.

setir-scion-ia

Luarnya saja Mazda banget, apalagi dalamnya. Interiornya amat sangat persis dengan milik Mazda 2, mulai dari desain panel instrumen, layar audio 7 inci dengan voice activation ,desain kisi AC dan desain dashboard-nya, semuanya persis Mazda 2. Yang beda hanyalah logo Scion yang menggantikan logo Mazda di setir dan jahitan merah di Mazda 2 berganti warna di Scion iA menjadi jahitan biru.

Mesinnya (juga) sama dengan Mazda 2, yaitu 1.500 cc 4 silinder SkyActiv dengan tenaga 106 hp dengan opsi transmisi 6 percepatan manual atau matik. Klaim konsumsi BBM-nya adalah 14 km/liter untuk rute dalam kota, 17,85 km/liter untuk rute tol dan 15,7 km/liter untuk rute kombinasi.

interior-scion-ia

Scion siap menjual iA pada semester kedua tahun ini dengan harga 16.000 dollar AS, atau sekitar 207,7 juta Rupiah. Bagaimana para pembaca, jika Scion iA dan Mazda 2 sedan ada dan dijual di Indonesia, mana yang akan anda beli jika harga dan spesifikasinya mirip? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Muka depan trlihat aneh,, mlah mirip alien…
    Knapa gak comot mesin’a aja..??

  • Muka Toyota, pantat mazda.

  • maculmania

    Depannya enggak bingits

  • fero

    scion itu merk apa ya min ?

    • Hillarius Satrio

      merek sub-brand punya Toyota

    • Scion itu adalah merek yang berada dibawah naungan Toyota yang berbasis di California, AS. Merek ini dibangun berdasarkan Project Exodus, yang bertujuan untuk menggaet konsumen baru di kalangan anak muda. Boleh dibilang mirip dengan Lexus tapi segementasinya berbeda

      Btw, Scion hanya dijual di AS, Kanada, dan Puerto Rico saja.

  • gaps

    Asli. Cm ngubah bentuk gril doang. Bahkan setirnya aja sm bentuknya. Ga bgt.