Toyota Corolla Cross Rilis Bulan Depan : Alternatif C-HR atau Baby RAV4?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Corolla Cross Rilis Bulan Depan : Alternatif C-HR atau Baby RAV4?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa minggu terakhir, nama Corolla Cross membanjiri dunia maya khususnya di protal – protal otomotif yang ada di kawasan Asia Tenggara. Kehadiran sosok Corolla Cross memang menjadi sebuah ‘penantian’ pasca selama ini Toyota nampak tidak terlalu berminat di segmen SUV kompak sebelum hadirnya Yaris Cross. Nah, penantian itu pun akan segera berakhir, karena Toyota Corolla Cross akan melaksanakan debutnya di bulan Juli mendatang.

Mengutip informasi via Headlightmag, Toyota Corolla Cross akan menjalani debutnya di bulan depan. Bisa jadi, peluncuran perdana alias world premiere dari Toyota Corolla Cross akan mengambil lokasi di gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020. Nah, kalau world premiere dari Toyota Corolla Cross digelar di Thailand, maka bisa dipastikan bahwa mobil ini akan memainkan peran penting di pasar Asia tenggara, dan dalam hal ini termasuk di Indonesia. Selain jadwal peluncuran, ada beberapa detail lain yang bisa kami dapatkan terkait Toyota Corolla Cross dari sumber. Salah satunya adalah dimensi dari Toyota Corolla Cross. Tentu banyak yang bertanya – tanya, siapakah lawan sejati dari Toyota Corolla Cross?

Sebagai gambaran, sesuai namanya, Toyota Corolla Cross dibangun dari basis Toyota Corolla, yaitu TNGA-C. Jelas, lawannya adalah SUV atau CUV yang juga dibangun dari basis compact sedan. Kalau dari sisi Mazda, ada Mazda CX-30 yang dibangun dari basis Mazda3, sedangkan di sisi Honda ada Honda CR-V yang dibangun dari basis Honda Civic, serta Mitsubishi Outlander Sport yang berbasis Lancer EX. Lho? Kok bukan HR-V? Eits, basis dari HR-V adalah Honda Jazz/City. Lantas, mengapa bukan Mazda CX-5? Mudah saja, karena CX-5 adalah rival dari RAV4 yang sama – sama menggunakan basis dari medium sedan (Mazda6 & Camry). Dimensi Toyota Corolla Cross sendiri adlaah 4.460×1.825x1620mm dengan wheelbase 2.640mm.

Oiya, artinya Toyota Corolla Cross memiliki wheelbase sama persis dengan Toyota C-HR, hanya saja lebih panjang, lebih tinggi, dan lebih lebar dari saudara coupe-nya itu. Jika dibandingkan dengan CX-30, dimensi Toyota Corolla Cross juga lebih bongsor, apalagi kalau dibandingkan dengan HR-V dan Kicks. Dimensi dari Toyota Corolla Cross mendekati dimensi dari Mitsubishi Outlander Sport, Mitsubishi Eclipse Cross, Wuling Almaz/Chevrolet Captiva, Hyundai Tucson, dan KIA Sportage. Jadi, sudah ada gamabran kan Toyota Corolla Cross masuk kelas mana? Untuk urusan mesin, Toyota Corolla Cross akan menggunakan 2 mesin 1.800cc baik ICE maupun Hybrid yang digunakan Altis & C-HR.

Lantas, berapa harga jual dari Toyota Corolla Cross? Tentu belum ada informasi, namun bisa jadi harga dari Toyota Corolla Cross malah lebih tinggi sedikit dibandingkan C-HR. Toyota Corolla Cross akan menjadi alternatif bagi mereka yang merasa C-HR terlalu funky, atau malah alternatif ringkas bagi mereka yang ingin RAV4 tapi belum kesampaian. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: