Toyota 86 GR Sports Diperkenalkan, Apa Ini Pengganti 86 TRD?

Toyota 86 GR Sports Diperkenalkan, Apa Ini Pengganti 86 TRD?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar mobil sport Indonesia selalu mendapatkan Toyota 86 TRD Aero Package sebagai varian tertinggi, di mana ubahan yang paling kentara adalah via body kit dan spoiler belakang. Itu dulu, tapi sekarang nama TRD sepertinya kian tergusur dengan adanya Gazoo Racing. Gazoo Racing sendiri semakin gencar untuk memperkuat line-up Toyota, tentunya dengan tatakrama motorsport yang benar, bukan dengan menjual body kit dengan embel-embel Sportipu.


Mengikutsertakan Toyota Yaris di WRC, membuat hot hatch Toyota Yaris GRMN dan memperkenalkan konsep Toyota GR Supra adalah wujud nyata keseriusan Gazoo Racing. Kali ini Toyota 86 dapat varian GR Sports, tidak dengan kelir putih maupun livery balapan seperti yang terdahulu, tapi 86 berkelir merah ini tampak berbeda sedikit. Sebut saja front splitter, sideskirt, velg 17 inci aluminium berwarna hitam, rem Brembo berwarna merah dan pilihan warna yang tersedia untuk 86 ini hanyalah Crytal Black Silica, Crystal White Pearl dan Pure Red.

Interior tidak banyak yang berubah namun setir 86 standar sudah diganti dengan ukuran lebih kecil dan berbalut kulit. Menarik, padahal setir Toyota 86 standar saja sudah kecil lho. Setir baru itu dipadukan dengan logo GR yang juga hadir pada panel instrumen dan tombol start-stop. Apakah perubahan diameter setir ini akan berimbas pada pengendaliannya? Lihat saja nanti.

Dari segi mesin ia dibekali dengan mesin 2.000 cc N/A yang masih sama dengan sebelumnya, tenaga tetap 204 hp dan torsi 212 Nm. Dari segi suspensi, hanya ada tambahan penahan alias brace yang akan meningkatkan rigiditas di belakang. Penambahan fitur lainnya adalah infotainment system dengan racing recorder yang mungkin kalau masuk ke Indonesia akan menjadi “fitur canggih” ya? Yaris saja punya “fitur canggih”

Mobil ini sudah resmi dijual di Jepang dengan harga sekitar 500 juta Rupiah dengan kurs saat ini . Sekian dulu untuk 86-nya, ubahannya memang minim, dan kami yakin banyak yang menyayangkan apabila sektor mesin tidak dapat ubahan berarti. Namun toh Toyota dan Subaru sendiri sudah bilang kalau Toyota 86 dan Subaru BRZ ke depannya tetap tidak bakal dapat turbo, namun mesin membesar jadi 2,400 cc. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: