Nissan GT-R50, Kolaborasi Jepang-Italia Untuk Rayakan Ulang Tahun

0  komentar

AutonetMagz.com – Berpengalaman bertahun-tahun lamanya dalam mendesain mobil, Italdesign bukanlah rumah desain kelas teri. Sudah tak terhitung berapa banyak mobil yang mereka desain, mulai dari mobil Italia, Jerman hingga Jepang. Baru-baru ini, Italdesign turut serta dalam membantu Nissan untuk mendesain ulang Nissan GT-R. Ada apa gerangan? Apa Nissan sudah mentok untuk melakukan ubahan pada GT-R? Atau ini preview sedikit untuk suksesor Nissan GT-R R36?



Rupanya bukan, karena kolaborasi Nissan dan Italdesign adalah bentuk perayaan ulang tahun Italdesign dan Nissan GT-R yang tahun ini sama-sama berusia 50 tahun. Inilah hasilnya, sebuah prototipe desain bernama Nissan GT-R50 yang sejatinya adalah sebuah Nissan GT-R Nismo yang dirombak total. Dipadukan dengan detail dari emas, GT-R ini sekilas tampak seperti perhiasan berjalan daripada sebuah mobil sport, apalagi pemilihan kelir warna yang diusungnya, tampak mewah. Mereka menyebutnya dengan Liquid Kinetic Gray dengan Energetic Sigma Gold.

Mobil yang rencananya akan diperkenalkan secara utuh bulan depan ini pun memiliki sebuah tarikan garis yang baru. Sebut saja lampu utama LED yang desainnya tipis, atap yang lebih pendek 54 mm dan tampak streamline, serta lampu belakang yang masih mencirikan sebuah GT-R dengan bentuk 4 buah lingkaran, tapi lebih futuristik. Sangat menarik, tapi kami rasa memang saatnya GT-R didesain ulang, mengingat GT-R R35 sekarang sudah berusia sekitar 11 tahun.

Dari segi interior kita tidak akan menemukan layar hiburan. Imbasnya positif, lebih terlihat rapi meski Anda mungkin bosan jika bertemu kemacetan. Sementara balutan kulit dan Alcantara ada di sekujur interior dan material karbon juga turut menghiasi kabin. Panel instrumen full digital, dan nuansa interior ini bisa dibilang lebih spesial daripada GT-R normal.

Bagaimana soal mesin? Tenaga sebesar 710 hp dan torsi maksimal 780 Nm berasal dari mesin yang dirakit oleh tangan berkubikasi 3.800 cc twin turbo V6 yang dilengkapi dengan upgrade racikan NISMO serta turbo dengan spek mobil balap GT3. Tidak sampai disitu, intercooler yang lebih besar, crankshaft, piston, connecting rod, bearing, oil jet, camshaft, fuel injector, intake serta knalpot pun turut mendapat ubahan.

Terdengar ganas sekali GT-R ini ya, lantas bagaimana penyaluran tenaga ke rodanya? Ia akan menggunakan transmisi 6 percepatan berkopling ganda dengan gardan dan drive shaft yang telah diperkuat agar penyaluran untuk 4 rodanya maksimal, mereka juga menyebutkan bahwa mobil ini dilengkapi suspensi dari Bilstein DampTronic yang dapat disetel sesuka hati.

Setidaknya impian mereka tercapai untuk membuat GT-R tanpa batas dalam rangka ulang tahunnya ke-50 ini. Menurut kalian bagaimana? Apakah GT-R ini sudah cocok menjadi GT-R R36? Jika iya, maka sebenarnya ada ganjalan, sebab Nissan punya mobil konsep Nissan 2020 Vision Gran Turismo yang konon bakal jadi cikal bakal R36. Setidaknya, Italdesign mau membuat konsep ini jadi sebuah nyata nantinya, bukan hanya gambar komputer seperti yang sekarang kita lihat. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: