Total Transaksi IIMS 2016 Sebesar 2,2 Triliun Rupiah, Bisnis Otomotif Nasional Menggeliat Kembali?

by  in Nasional
Total Transaksi IIMS 2016 Sebesar 2,2 Triliun Rupiah, Bisnis Otomotif Nasional Menggeliat Kembali?
0  komentar

Hasil penjualan mobil IIMS 2016Jakarta, AutonetMagz – IIMS 2016 yang akhir pekan lalu telah usai, meninggalkan catatan hasil penjualan kendaraan yang cenderung naik dibandingkan IIMS tahun-tahun sebelumnya. Dalam waktu 11 hari penyelenggaraannya di JIExpo Kemayoran Jakarta, bisnis otomotif nasional terasa bangkit lagi setelah cenderung lesu dalam tiga bulan pertama tahun 2016. Sebagai indikatornya adalah dari jumlah pengunjung, total transaksi dan jumlah kendaraan yang terjual selama 10 hari pameran berlangsung.

Menurut catatan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, untuk pertama kalinya dalam sejarah pameran otomotif nasional, IIMS tahun ini dapat menarik sebanyak 454.178 orang. Walaupun di IIMS 2016 ini tidak ada satu pun mobil konsep yang dipajang, namun tidak menyurutkan minat masyarakat untuk hadir ke JIExpo. Angka tersebut melebihi catatan tertinggi pada pameran tahun 2014 sebanyak 380.000 orang. Sedangkan nilai keseluruhan transaksi yang awalnya di target sebesar Rp 2 triliun ternyata mampu meraup nominal Rp 2.2 triliun lebih.

Harga Toyota Sienta semua tipe

Angka transaksi tersebut di dapat dari penjualan kendaraan bermotor sebanyak 8.704 kendaraan, terdiri dari 8.156 unit mobil dan 548 sepeda motor. Toyota Sienta adalah Best Buy Car di IIMS 2016 yang dijual di rentang harga Rp 230 juta – 295 juta. Sedangkan Best Buy Motorcycle diraih oleh Royal Enfield Classic 500 yang dijual dengan harga Rp. 75 jutaan.

“Secara keseluruhan, event ini terbilang sukses. Hanya 7 bulan selepas IIMS 2015 lalu, banyak tanda tanya yang menyergap kami jelang edisi 2016. Tapi, seperti beberapa kali saya katakan, banyak hal tak terduga justru terjadi, betul-betul blessing in disguise. Terutama antusiasme peserta pameran yang lebih banyak serta lonjakan pengunjung. Alhamdulillah, artinya kerja keras dan ikhtiar kami semua di Dyandra berakhir dengan kebahagiaan,” jelas Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.

Royal Enfield Classic 500 jadi Best Buy Motorcycle di IIMS 2016

Ia menambahkan, IIMS 2016 ini menampilkan lebih dari 50 merek kendaraan bermotor yang memamerkan 310 kendaraan roda empat dan 264 kendaraan roda dua. Peserta lainnya yang selalu ikut dari tahun ke tahun adalah kalangan industri dan bisnis komponen penunjang otomotif yang terdiri dari ribuan item produk, mulai dari alat pembersih kendaraan, kaca film, audio dan lain sebagainya sampai jasa customize kelas atas. Semuanya didukung oleh supporting event di berbagai sektor sesuai konsep The Essence of Motor Show yang sejak tahun 2015 lalu diusung oleh Dyandra.

Miss IIMS 2016 SPG

Untuk IIMS 2017 yang sudah dijadwalkan pada tanggal 27 April – 7 Mei 2017 dengan lokasi masih tetap di JIExpo Kemayoran dan rencana seluruh hall digunakan agar area out door bisa dimaksimalkan untuk perluasan konsep The Essence of Motor Show, konsep tersebut masih akan dipertahankan dengan penguatan di beberapa titik tertentu berdasarkan evaluasi tahun ini tutup Hendra.

Menurut anda apa yang harus dibenahi di Indonesia International Motorshow untuk penyelenggaraan tahun berikutnya? Adakah masukan dan saran untuk IIMS tahun depan? Silahkan sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next:
  • Indra

    Nasib IIMS 2016 lebih baik lagi dibanding tahun kemarin yg menyedihkan. Pindah tanggal ke semester satu menyebabkan masyarakat ga ke GIIAS, kalau ada GIIAS orang2 pasti pada ke GIIAS. Dyandra sekarang memang mengandalkan IIMS sebagai pameran B2C setelah pameran besar kayak komputer, mobil, motor udah dipegang EO lain yg isinya bekas orang Dyandra. Akhirnya IIMS bisa nyentuh 450.000 pengunjung bahkan melebihi GIIAS kemarin (yakin GIIAS tahun ini bakal naik pengunjungnya), padahal areanya lebih kecil karena ada pameran lain di hall A dan Hall D.

  • Indra

    IIMS/Dyandra harus berterima kasih kepada Toyota dan Honda yg paling all-out di pameran itu, terutama kehadiran Sienta dan Civic Turbo sebagai bintang pameran, sampai2 mobil2 Movie Cars jadi tenggelam pamornya, padahal tahun lalu jadi andalan. Andai tidak ada keduanya, IIMS 2016 jadi lumayan hambar.

    • A.g

      Tapi spk terbanyak malah BRV bukan Civic Turbo

      • Indra

        Sama kayak Sienta yg jd no.2 dibawah Avanza yg terbanyak.

        • Rockmeo

          Ya kn secara harga Avanza lebih murah dari sienta
          Sienta cuman buat jadi gimmick n sekedar protagonisnya yg bisa buat orang pd dtg karena ada mobil baru gitu

      • Rockmeo

        Ya kn secara harga BRV lebih murah dari civic turbo
        Civic turbo cuman buat jadi gimmick n sekedar protagonisnya yg bisa buat orang pd dtg

  • jono sujono

    aneh yak, dyandra kan masih satu rumah dg kompas gramedia… tetapi venue nya ga pakai ICE…

    • Indra

      Seharusnya sejak IIMS 2014 udah pindah ke ICE BSD, tapi saat itu masih belum jadi tempatnya. Nah, entah karena kontrak dgn Dyandra udah habis atau konflik internal di EO itu (sejak IPO/masuk bursa beberapa orang disana resign dan membuat EO baru gara2 konflik internal) dan pecah kongsi keduanya membuat Gaikindo pilih EO baru dan pake nama baru: GIIAS.

      • Jenson

        Agak disayangkan sih sebenernya. Meskipun ada positifnya makin banyak pameran mobil berkelas internasional disini. Tiap semester ada

        Tapi menurut sy tetap akan jauh lebih baik kalau resource dari 2 pameran tsb disatukan saja kembali. Mengingat kedua event ini termasuk sukses besar. Daripada jalan sendiri2, tinggal bisa ga itu nyatuin ego-nya kedua penyelenggara. Demi kepentingan industri otomotif nasional loh.
        Seharusnya kalau dijadikan satu acara bisa menjadi Motor Show yg sangat besar, hasilnya pasti sangat baik bahkan bisa melampaui Bangkok Motor Show.

  • nusantara nusantara

    iims 2016 ahon jualan banyak y katanya, awas toyot disalip

    • Levi

      Penjualan terbanyak ttp Toyota kok, kmrn hbs cek dr media sblh

    • Indra

      Maksudnya dikit lagi nempel Toyota penjualannya..

  • rs

    Mudah-mudahan tahun depan iims pindah ke tempat yang lebih besar dari sekarang dan boothnya gede gede kayak GIIAS….mobil mobilnya bagus kok kayak sienta dan civic sebagai bintang pameran meski kalah penjualan sama avanza/veloz dan brv….

    • Indra

      Tetep di jiexpo, kabarnya semua hall bakal dipake ga kaya tahun ini..

  • Toyota ya? Wuihh keren
    Entah kenapa saya ngga suka logonya
    Itu doang haha

  • M.U.Fathurrohman

    Sayang suzuki, kia, renault gak ada