First Impression Review Honda Civic Turbo Indonesia 2016

First Impression Review Honda Civic Turbo Indonesia 2016
0  komentar
all new honda civic turbo indonesia

AutonetMagz.com – Satu fakta yang terjadi sekarang, sedan bukanlah sesuatu yang bisa diandalkan merek manapun saat ini untuk menggenjot kas perusahaan, terutama di pasar Indonesia. Tapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan dengan sedan, karena sedan adalah ujung tombak dari citra merek mobil, dan masih ada pabrikan yang mau membuat nadi sedan berdenyut kembali. Contohnya Hyundai yang meluncurkan divisi premium Genesis yang berkonsentrasi ke sedan mewah dahulu untuk membangun citra.

Contoh kedua adalah Civic generasi kesepuluh yang baru diluncurkan di IIMS 2016. Civic anyar ini diklaim jadi kembalinya nama Civic ke arah yang seharusnya, yakni sporty, dan Civic ini adalah Civic pertama di dunia yang pakai mesin turbo langsung dari Hondanya. Civic yang datang ke Indonesia hanya 1 varian, yakni Civic Turbo bertransmisi CVT. Terus, apa yang membuat Honda yakin Civic ini adalah Civic yang sporty? Atau malah Civic yang krisis identitas? Ini saatnya untuk membedah mobil ini.

Eksterior

Cakep. Tidak ada kata lain yang lebih pas untuk menggambarkan kesan yang ditangkap saat melihat Civic ini secara langsung. Honda melirik coupe 4 door buatan merek lain seperti Audi, BMW atau Mercedes lalu mengejawantahkannya menurut paham desain mobil yang mereka yakini. Hasilnya, Civic ini punya karakter desain seperti coupe, kelihatan dari atap rendah, garis pinggul lebar, buntut pendek nan melandai, lampu sipit dan lain sebagainya. Oh ya, Civic ini hasil riset di Amerika, bukan Jepang.

honda civic turbo indonesia front

Tapi akuilah, ada beberapa sudut pandang yang membuat Civic ini jadi berkurang karismanya, contohnya dari rear quarter. Saking panjang dan landainya kaca belakang serta pendeknya penutup bagasi, sedikit membuat dahi berkerut saat mencerna bentuknya, karena jadi agak aneh, sudah begitu overhang depan dan belakang kelihatannya agak panjang ya? Lanjut ke hal lain, saya merasa ada aura BMW 3 Series F30 dan Mitsubishi Galant hiu saat melihat desain depannya. Ah, mungkin hanya perasaan saya saja.

rear end honda civic turbo indonesia

Di Thailand, negara asal impor Civic Turbo ini ada varian yang punya gril berwarna hitam, namun kita hanya dapat yang grilnya chrome, tapi proporsinya bagus. Pencuri perhatian di sektor muka ada pada lampu depan full LED-nya, karena waktu dinyalakan, sinarnya lain dari lampu LED mobil lain. Sepertinya saat tahu trik ini sukses di Acura, Honda langsung menerapkan hal yang sama ke mobilnya sendiri. LED DRL? Tentu saja ada, lampu depannya juga sudah auto.

led headlamp all new honda civic turbo indonesia

Rival abadi Toyota Corolla ini disematkan pelek 17 inci two-tone. Modelnya lumayan, tapi untuk sedan yang perawakannya agresif seperti ini, harapannya desain peleknya bisa mantap juga seperti bodinya. Kalau di Thailand, pelek ini hadir untuk varian Turbo RS alias top of the line. Rem cakram di keempat roda juga siap mengawal, yang memang sudah layak dan sepantasnya untuk sedan sekelas Civic.

pelek honda civic turbo indonesia

Tapi dari luar sudah kelihatan apa saja yang hilang dibanding versi Thailand. Jika versi Thailand punya kamera di spion yang akan menampilkan gambar kondisi di samping dengan cakupan yang lebar untuk mengurangi blind spot pengemudi, versi Indonesia kameranya dihilangkan, sehingga spionnya hanya dihiasi dengan lampu sein LED saja. Agak sayang ya? Oh ya, ban Civic ini adalah Yokohama Advan dB berukuran 215/50 R17.

siluet bodi honda civic turbo indonesia

Lampu belakang Civic dipercayakan kepada cahaya LED bar, bentuknya kelihatan seperti huruf C atau bumerang saat menyala. Antena sirip hiu juga cocok dengan siluet ala coupe yang ditawarkan Civic ini. Secara personal, saya melihat ada kesamaan antara Civic dengan Audi A7 Sportback, terutama kalau dilihat di sektor belakang, tapi jika A7 tail pipenya didesain dengan rapi, punya Civic sedikit agak janggal.

knalpot honda civic turbo indonesia

Okelah, dia punya twin exhaust yang keduanya berfungsi, tapi coba dilihat dengan seksama, khususnya dari samping, seolah pipa knalpotnya seperti agak terpotong bukan? Mungkin untuk berikutnya, bisa dirapikan dengan meniru tatanan muffler dan bumper Mazda 6 SkyActiv misalnya. Sportynya dapat, rapinya juga dapat. Civic Turbo ini tidak punya sensor parkir, tapi sudah dapat kamera parkir.

Interior

Biarpun desainnya punya kemiripan di beberapa bagian dengan Honda BR-V, Brio dan Mobilio, tapi dashboard Civic terasa lebih niat dibuatnya. Buktinya, setengah bagian atas dashboard berlapis bahan soft pad yang terasa berkualitas saat ditekan, dan pastinya, tidak goyang, itu yang penting. Tidak hanya itu, ada aksen brushed aluminium bernuansa mewah pada bagian dashboard yang terletak di depan penumpang.

interior honda civic turbo indonesia

Tapi catat, cerita seperti itu tidak berlanjut ke dashboard dan doortrim di setengah bagian bawah, karena di sinilah kembali kita berjumpa dengan material plastik, tapi untung saja plastiknya tak terasa seperti plastik yang murah(an). Jika anda senang mengemudi dengan gaya sporty, anda akan suka duduk di bangku pengemudinya. Posisi duduknya sangat rendah dan terasa sporty, layaknya menyetir mobil sport, didukung dengan dashboard yang posisinya juga tidak tinggi.

setir honda civic turbo indonesia

Posisi mengemudi mantap ini pun sudah disiapkan sejumlah pengaturan agar bisa pas untuk banyak orang. Selain didukung dengan pengaturan tilt & telescopic pada setir, jok pengemudinya sudah elektrik dan bisa diatur 8-way. Semua joknya berbahan kulit, setirnya sudah punya tombol untuk cruise control, pengaturan audio dan telepon. Di sisi kanan pengemudi, kelihatan tombol start-stop button dan tombol untuk mematikan stability control.

jok elektrik honda civic turbo indonesia

Tapi agak risau melihat panel instrumennya. Di Thailand, Civic Turbo punya panel instrumen full LCD yang display spidometer, takometer dan MID-nya keren, sementara versi Indonesia malah turun menjadi paduan takometer analog serta spidometer plus MID digital. Head unit dengan tombol semu seperti TV LCD rumah pun jadi unek-unek, karena kita tidak bisa meraba tombolnya dengan jari saat harus melakukan fungsi tertentu yang tidak bisa lewat setir.

head unit honda civic turbo indonesia

Contoh, salah pencet tombol, niat hati ingin memencet tombol home, yang terpencet malah tombol power di head unit. Masih ada orang yang suka tombol fisik, karena cukup menghapal letaknya tanpa perlu melihat dan kemungkinan salah pencet lebih kecil. Tapi kalau ada yang suka tombol seperti ini, ya tidak apa-apa. Urusan wiper, Civic sudah punya speed sensing wiper meski tidak punya mode auto. Di dekat tuas CVT-nya, ada tombol brake hold, rem parkir elektrik dan mode econ.

transmisi cvt honda civic turbo indonesia

Visibilitas Civic layak untuk dipuji, karena mudah untuk melihat ke kanan-kiri tanpa terlalu terhalangi oleh pilar A. Ada fitur yang hanya dimiliki Civic di kelasnya saat ini, yakni remote engine start. Jika berada dalam jarak maksimal 40 m, anda tinggal pencet tombol di remote kunci dan mesin serta AC akan menyala. Kontrol AC berlayar digitalnya masih kenop putar biasa, dengan single zone climate control otomatis.

glovebox honda civic turbo indonesia

Kepraktisan biasanya bukan hal yang jadi jualan pada sedan, termasuk Civic ini. Jumlah penyimpanannya cukup dan kapasitasnya lega, tapi sepraktis-praktisnya sedan mau berapa banyak sih jumlah penyimpanannya? Lokasi tempat untuk penyimpanan ada di glovebox utama, sekitar tuas transmisi dengan model bertingkat, doortrim, kantong jok serta cup holder di armrest belakang. Di penyimpanan bertingkat dekat tuas transmisi, ada power outlet 12 V.

kabin belakang honda civic turbo indonesia

Kabin belakangnya apa kabar? Soal kelegaan, Civic ini boleh juga, karena baik ruang kaki maupun kepala di sedan ini masih memadai, meskipun sandaran belakangnya terasa kurang rebah jika ingin benar-benar duduk rileks. Tidak seperti di depan, tidak ada material soft touch di doortrim belakang, yang ada hanyalah plastik. Penumpang belakang mendapatkan blower AC, armest dan kantong penyimpanan.

bagasi honda civic turbo indonesia

Bagasi Civic lumayan juga luasnya, tapi buntut yang agak pendek membuat bibir atas bagasinya kelihatan agak aneh sedikit. Jok belakang terpisah 60:40 dan bisa dilipat untuk memperluas bagasi. Saya suka standar keselamatan Civic baru ini, karena ia punya 6 airbags, ABS+EBD+BA, auto brake hold, hill start assist, brake override system, jok ISOFIX, dan lain-lain. Ini baru bagus.

Mesin dan Kaki-Kaki

Honda akhirnya ikut-ikutan juga tren turbo seperti Ford Focus Ecoboost dan VW Golf TSI. Inilah Civic berturbo pertama di dunia yang bisa kita nikmati langsung dari Hondanya sendiri, bukan hasil modifikasi. Honda Civic sekarang punya mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo sebagai opsi tunggal di sini, tidak ada opsi 1.800 cc non turbo seperti di Thailand. FYI, mesin ini pada dasarnya sama dengan Honda StepWGN baru di Jepang.

mesin honda civic turbo indonesia

Untuk Civic, tenaganya terkatrol jauh dari Civic FB lama, kini menjadi 173 hp dan torsinya naik jauh menjadi 200 Nm. Asiknya, torsi itu bisa terasa sejak 1.700 rpm saja, jadi secara teori, tidak perlu injak gas dalam-dalam untuk membuatnya melakukan percepatan. Transmisi CVT-nya pasti sedikit mengganjal di batin saat kita tahu potensi mesin turbo ini, apalagi konsumen Civic yang notabene senang fun to drive pasti ingin transmisi yang fun. Semua fakta tentang transmisinya harusnya bisa terungkap kalau kita bisa mengendarai Civic ini di jalanan.

Bagi car enthusiast yang mengerti betul soal suspensi, kabar gembira, Civic baru tetap mempertahankan konstruksi suspensi independen di keempat roda. Di depan MacPherson Strut dan di belakang ada Multi Link. Sekedar info, ingat tidak Civic Type R Turbo di episode AutonetMagz Speciale? Kami sudah mereview First Impression Honda Civic Type R Turbo juga, dan kami agak shock saat tahu suspensi belakangnya tidak independen, karena tipenya torsion bar.

suspensi honda civic turbo indonesia

Bagus memang jika Civic Turbo FC memakai suspensi independent dan bukan dependen sejenis torsion bar seperti pada suspensi belakang Civic Type R FK2, meski kalau dibanding Civic FD yang suspensi belakangnya sudah independent double wishbone, rasanya Civic FC Turbo ini perlu berguru lagi kepada Civic FD.

Kesimpulan

Meski baru menjelajah tanpa test drive, saya yakin, Civic ini bisa menjadi pelipur lara bagi konsumen yang tergila-gila akan nilai penting dari sedan seperti Civic, yakni sporty. Utamanya jelas, kemampuan mesin 1.500 cc turbo ini sudah bisa bikin orang berkata “wah” meski baru melihatnya di atas kertas. Didukung dengan desain cantik, kualitas interior di atas ekspektasi Honda yang belakangan ini kita kenal, kabin lebih roomy dan fitur sesuai kelas mobilnya, khususnya fitur keselamatan.

new honda civic turbo indonesia

Ada memang beberapa hal yang menjadi ganjalan, semisal desain belakang yang sedikit aneh kalau dilihat dari sudut tertentu, ada beberapa pengerjaan yang bisa lebih baik lagi saat melihat beberapa area semisal tombol semu head unit yang tidak begitu disukai semua orang, keraguan soal mesin turbo plus CVT, desain interior yang spesialnya agak berkurang karena sudah ditiru oleh Brio, BR-V dan Mobilio di beberapa bagian dan sejumlah hal lain.

Harganya yang mencapai 475 juta Rupiah OTR Jakarta juga bakal menjadi momok tersendiri, namun kami sangat menunggu kesempatan di mana kami bisa berkendara dengan Civic ini nanti, untuk mengetahui seperti apa ia kalau diajak berinteraksi dengan aspal dan pengemudi.  Hingga saat ini, inilah satu dari sekian Honda yang benar-benar bagus yang bisa kita beli secara resmi di Indonesia.

Apa opinimu mengenai All New Honda Civic Turbo baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Agar lebih jelas, simak juga video First Impression Review kami langsung dari IIMS 2016.

Read Prev:
Read Next:
  • Indra

    HUnya emang diganti jd tipenya Android, tapi dibuatnya ala2 HU aslinya trus masih jg pake tombol2 semu yg kadang ga kerasa mencet tombol (ini jg ada di HU aslinya Honda kyk Jazz, City, Civic, Accord, Odyssey, dll bukan aftermarket bahkan tombol ACnya).

    Liat dasbornya sih desainnya lebih sederhana dibandingkan Civic dua generasi sebelumnya, kalo ane liat mirip City yg digedein. Tapi dasbornya lebih keeropaan (Benchmark nya mobil Eropa sih).

    Overall, mobil ini emang cakep banget ala2 sportback bahkan mirip sedan liftback. Di stand Honda kemarin jg banyak orang mengerubuti mobil2 ini, dan soal target penjualan Civic sama HPM : sekitar 1.000 unit perbulan (kalo ga salah)

  • Indra

    FYI, mesin turbo di Civic itu udah dirakit di Thailand, sebelum launching udah diresmikan pabrik mesin Honda di sana (lupa dimana tempatnya).

    • reyhan apriathama

      Ayyuthaya

  • Shark Owner

    Itu aslinya CivicX mufflernya ngumpet, di Indo aja dipaksa dipasangin muffler cutter biar menonjol, padahal aslinya ujung pipa knalpotnya menurun kebawah udah gitu dibumper belakangnya juga nggak ada coakan buat mufflernya jadi kesannya maksa.
    BTW harga 475jt itu cuma naik 9jt lo dari harga terakhir Civic FB 2.0 yg 466jt, thank’s to mesin 1.500cc jadinya pajaknya masuk pajak mesin kecil dibawah 1.500cc. Bisa jadi kalo HPM juga ngeluncurin varian yg 1.8 harganya beti sama yg Turbo karena masuk kelas pajak mobil diatas 1.500cc yg notabene lebih mahal, jadi akhirnya diputuskan masukin yg 1.5T aja.
    Tapi sayang HU integrated sama Speedo Full TFT LCDnya disunat, kayaknya Honda kelas diatas 500 aja yg HUnya masih dapet versi aslinya kayak Accord sama Oddys itupun Oddys trim bawah yg udah DC pake HU Double Din Kenwood wkwkwk
    Tapi nyesek juga nih nanti kalo FLnya dapet HU Integrated sama Full TFT LCD.

    • Indra

      Itu dibikin twin Muffler biar kayak mobil Sport gitu

  • putra

    Ganteng banget ya civic ini. Jauh sama FB. Cuma velgnya ane kurang suka, gatau knp, kaya bergelombang2 gitu.
    Anyway ane juga bukan orang yang suka naik sedan, berasa naik perahu dan nempel ke aspal, bawaannya pengen mabok haha. Apalagi kalo disamping ada bus lewat, cuma bisa liat bannya haha.
    Well, good job honda, worth to buy dengan harga segitu.

  • sony

    itu gril chromenya silau banget… gk enak d liat… bagusan yg thailand d kasih item….
    d kasih chrome silau gitu kesel gw liatnya.. kyk jidat jenong

  • sweet capucino

    tidak ada yang aneh dengan desain belakangnya mas satrio, mgk karena mas berkacamata jadi kurang baik cara menilainya. harusnya mas menulis artikel yang menganalisa kedepannya desain mobil seperti ini bakalan seperti apa. Seperti hyundai telah lebih dulu di accent mendesain dan mungkin sebentar lagi beberapa produsen pun mengarah konsep desain ini. mengenai fitur dikurangin ga usah terlalu berlebihan, maklumin aja namanya Indonesia, hampir semua produsen malakukan hal sama, ga perlu heran! saya bukan brand minded, saya cm penikmat mobil yang berusaha untuk netral.. menurut saya kali ini civic turbo keren

    • gaps

      Ga bgtu juga sih bro. Saya pertama ngliat depannya ke samping emg keren bgt. Belakangnya emg agak sulit dicerna kl gue pribadi. Cm masalah waktu sih itu..
      Kl masalah fitur,gue cukup sependapat. Menurut gue ini fiturnya bagus kok. Gimmick2 kayak speedometer,AC,atau headunit itu cm masalah selera aja..lagian Civic ini statusnya impor Thai yg biarpun secara pajak lebih rendah tetep aja jatohnya lebih mahal dr rakit sendiri disini..
      Wajar kl yg di Thai dapet fitur advance secara Civic dirakit disana,jd privilegenya lebih dr yg di Indo..
      Sunatan fiturnya masih wajar kok pd intinya. Hehe

      • Indra

        Yg penting mesin turbonya dong ga disunat

        • gaps

          Benar. Yg penting mesin. Karna #kamisukaturbo

          • adityaw

            mantepppp

      • SRF

        Bener, mobik jaman sekarang arah desainnya ke futuristik. Pasti ada aja bagian yang aneh walaupun overall bagus. Itu cuma masalah waktu buat membiasakannya aja hahaha

    • A.g

      Wuihhh main fisik bos

    • D83

      Mungkin design memang bukan selera setiap orang, tapi menurut ane masih dalam tahap “super keren”. Toh yg dicari di mobil sedan sekarang apalagi kalau bukan unik/keren/engineering/design. Kalau sedan tampilan biasa, orang lebih cenderung milih SUV, harganya sama pula

    • subaru

      saya ga pake kacamata….saya ga suka desain belakangnya yang terlalu melandai…apa saya salah?

    • Sporky

      Desain belakang terlihat aneh kalo di versi sedannya, lebih cocok dan pantas di versi hatchbacknya.

    • Boyota

      Coba skali2 ente yg bkin review bro biar memberikan pilihan gaya review bagi pembaca.

    • Hillarius Satrio

      saya memang kurang bisa menerima bagian belakangnya cukup cepat, tapi mungkin seiring waktu bisa, sama seperti kijang innova baru yang kaca baris ketiganya dulu agak mengganjal tapi lama kelamaan biasa.

      saya tidak bilang civic ini jelek. saya suka civic ini, ini civic keren setelah honda bikin civic fb yang gatot. tren desain? untuk sementara tren desain di kelas mobil seperti civic, corolla, focus dan mazda 3, semuanya punya bahasa sendiri-sendiri, belum bisa dipukul rata.

      maaf saja soal kacamatanya ya

      • Soni Hermawan

        Tau tuh komentar nya maen fisik..

  • Wibowo

    Honda Civic terbaru dan Hyundai Tucson terbaru menurut saya Design mobil terbaik di IIMS 2016 ini…

    • D83

      tucson lebih karena efek “Baru”, design-nya mirip Santa-Fe. Lagipula pabrikan lain belum keluar new modelnya.

      • gaps

        Tucson keren kok bro..pabrikan Korea sekarang udah berbahaya..
        Cm kl soal desain,gue sepertinya lebih naksir Sportagenya KIA. Beuh!

        • Indra

          Sejak Peter Schreyer jd kepala desain Hyundai-KIA, mobil2 lain terutama Jepang jadi kalang kabut hadapi invasi Hyundai-KIA terutama Eropa, tapi di Indonesia kok belum kejadian ya, karena merek Jepang udah mengakar disini dan beda karakter pasar dgn Smartphone dimana Samsung no.1 disini.

          • gaps

            Entahlah. Mindset orang sini memang aneh. Bajaj dikasih merk T dan H juga laris gue rasa haha

          • Zx

            Sebenernya ga aneh juga sih, mereka si T dan H juga butuh waktu buat bangun citra disini gak cuman sehari lsg laku, nah it pelajaran buat merk lain ngikutin jejak bagaimana si T dan H bangun citra mereka.
            IMO ya ?
            Anyway, gw bukan user/fanboy t atau h

          • gaps

            Setuju bro..ya ga seimbang lah intinya kalo mau bandingin sm merk lain yg baru mau berkembang..butuh bahkan lebih dr 10 taun sampe sistemnya bener2 oke (walau yg namanya sistem ga ada yg sempurna,pengalaman juga pake merk T dan H juga ada aja ksalahan dalam layanan aftersalesnya)

          • fasc

            harganya kurang kompetitif bro, karena SBU korea, kalah sama brand jepang yang CBU thai ato malah CKD. kalah di pajak. dan stigma mobil yang kurang reliabel mau ndak mau masih membekas di benak konsumen, karena awal2 produk mereka emang kurang reliable

  • gaps

    Blom bs move-on dr Civic FD. Apalagi liat tipenya cm ada pilihan tunggal CVT..
    Selain mesin,fitur,sm knyamanan..masih okean Civic FD..modelnya sampe sekarang masih enak diliat

    • Indra

      Civic FD emang cakep kok, apalagi dasbornya, wuih futuristik banget…

      • gaps

        Iya parah bgt cakepnya…inovatif tuh Multiplex Clusternya

        • sony

          emang civic FD paling menarik pada saat waktu keluar dulu… sampe sekarang masih cakep
          malah dashboard FD lebih keliatan lebih ok dari pada ini
          dashboard ini masih ada bau” LCGC

          • Adnan

            Setelah lama pakai, saya nggak suka sama multi tier clusternya FD. Harus mengalihkan mata dari jauh, dekat, jauh, dekat. Menurut saya kombinasi speedo angka digital dan tachometer bentuk bulat pada tempat yang sama seperti Civic FC ini atau Mazda 2 GT sudah paling enak dilihat.

          • gaps

            Sekilas kayak Jazz dkknya..untung kualitasnya ngga..haha
            Iya. Mungkin karna liat Honda sekarang bikin dasbor kayak khabisan ide..dlu mah inovatif bgt yak..ampun deh

    • D83

      FD-nya jangan dijual bro… buat simpenan

      • gaps

        Sayangnya udah bro. Tp ud sempet 5 taun bertahan lama di garasi rumah. Karna faktor BU..haha

        • Ismail Fikri

          waduuuu…. FD1 apa FD2 tuh 🙁

          • gaps

            FD1 pertama kali keluar. Taun 2006 bro..matic 5sp..

    • Jenson

      Nah iya nih… So far FD emang masih jadi civic idaman. Dia keluar di saat honda msh bagus build qualitynya, masih ada kerasa bgt feel & passionnya, ga kaya sekarang yg kepengaruh cost cutting & efisiensi everywhere…

      Tinggal waktu yg jawab apakah si FC ini bisa menggantikan posisi FD yg terlalu memorable. Emg agak susah juga ya, kalo punya produk yg terlalu advance di masanya & desainnya everlasting kaya gitu.
      Jadi beban berat buat generasi selanjutnya. Mau bikin improvement gabisa setengah2 harus beneran melompat jauh. Kalo ga ya nasibnya bakal sama kaya FB gitu

      Masih nyari2 FD2 seken manual hitam. Udah bayangin bakal ganti pelek gunmetal, pasang LED drl + projector ala type r fk2, muffler, air filter k&n, pasang turbo behh…

      • Ismail Fikri

        FD2 manual di indonesia setau gw cuma ada 2 unit cuy (non-type R ya)

      • gaps

        Dlu punya saya FD1,pertama kali keluar di 2006. Ambil matic waktu itu karna yg pakai ga hanya saya tp juga ortu. Tp tetep fun di jalan
        Iya bro. FB ga menggugah bgt modelnya. Depan masih ada tampang Civic FD,tp samping belakang bener2 biasa..plus ga ada lompatan teknologi dr sblomnya. Orang akan lebih milih FD seken dr pd beli FB baru..karna dasarnya sm,casingnya aja yg beda..dan sayangnya secara casing masih jauh bagusan FD kemana2..

        Prediksi saya sih..FC bs lebih sukses dr FB,tp ga yakin bakal sepecah FD
        Kl dibandingkan Civic FB: FC jelas lebih keren,turbo (walau sayangnya kenapa harus CVT dan cm ada pilihan tunggal),fitur sm teknologi jauh lebih advance (walau ada beberapa sunatan dr versi Thai,tp masih masuk kategori masuk akal),harga juga masuk akal,plus harusnya lebih fun-to-drive karna perombakan di kaki2 dan mesin
        Kl dibandingkan Civic FD: pasar sedan ga semenggairahkan dlu karna kecenderungan orang milih kl ga MPV atau SUV di kelas harga sama,bentuk dasbor ga seinovatif dlu cenderung mirip Jazz dkk sekilas (kalo ini relatif),bentuknya keren cm entah kenapa feeling saya ga setimeless FD (apa karna blom bs move-on dr FD),sm pilihan transmisi CVT. Walau katanya bakal beda..cm ga gtu yakin bs ngasih driving experience seperti Civic FD yg pake torque converter

        • Ismail Fikri

          sebagai pengguna FD gua setuju wakakak

    • Jm

      Setuju, entahlah semenjak generasi FD, civic2 selanjutnya krg greget di mata gw.

    • Hillarius Satrio

      civic FD memang jempolan kok

  • Javaneshe

    Bodykit mugen plus spoiler makin cakep dah ntar

  • rs

    Civic terbaru kalau menurut saya nyaris sempurna..sebab meski desain, interiornya, fiturnya bagus..tapi sayangnya tipe nya hanya 1 dan tidak ada versi manualnya..tapi memang sekarang sudah jarang ada sedan baru yang manual kali dan rata-rata konsumen civic sukanya matik, jadinya begini deh…tapi kalau menurut saya, kata-kata yang di paragraf awal yaitu “Satu fakta yang terjadi sekarang, sedan bukanlah sesuatu yang bisa diandalkan merek manapun saat ini untuk menggenjot kas perusahaan, terutama di pasar Indonesia.” Tidak betul bagi merek tertentu seperti bmw, mercedes, audio, dan merek mahal lainnya..

    • Indra

      Beda antara merek mainstream yg jual sedan dgn merek premium. Kalau merek premium seperti mercy dkk sedan adalah tombak penjualan mereka, kecuali dua merek premium Jepang (lexus dan infiniti) yg mengandalkan SUV.

    • fasc

      exactly betul. pasar emang bergeser dari sedan ke SUV; tak kurang ceo mercedes ikut bilang gitu. makenye sekarang yang tadinya gak melirik pasar suv, lamborgini, bentley conthonya
      mercy-pun sekarang gencar banget bikin SUV, GL, GLE/A/C

  • Jeem

    Menurut ane kalau grillnya pake dark chrome atau kayak yang turbo version thailand lebih oke, bakal lebih sporty Dan ganteng. yg mengganjal di Mobil ini adalah cvt-nya Dan desain belakangnya yg agak aneh tapi tak apalah tak ada yg sempurna di dunia ?

    • Daeng If

      katanya 7 detik. jadi pertu TD

    • Sporky

      Baca salah satu review di US ternyata CVTnya nggak mengecewakan, udah banyak improvement. Namanya juga Honda ngejer iritnya juga.

    • D83

      Dari review di US, CVT-nya lumayan sigap, bisa sekitar 7-sec utk 0-100. Patut ditunggu test drive reportnya..

  • D83

    Sudah kuduga 😆 memang model ini rata2 dapat respond positive dari berbagai media, termasuk autonet. Mungkin salah satunya karena “Honda sudah kembali ke jalan yang benar”?? 😆

    Kalau dilihat di lompatan teknologi yg jauh dibanding FB, ,mungkin HPM masih pede hanya jual 1 type dengan harga lumayan tinggi.

    • Daeng If

      tapi saya setuju dengan autonet dan om mobi kalo buntutnya ada yang kurang pas. harusnya tetap dibuat sedan bukan mirip fast back

    • Indra

      Untuk mobil Honda yg bukan volume maker kyk civic ini dijual satu varian masih untung daripada rugi, sama kayak Accord dan Odyssey.

    • Hillarius Satrio

      kembali ke jalan yang benar? hmmm… kesimpulan yang bisa gw liat dari tingkah Honda belakangan ini (untuk sementara ) adalah sebagai berikut :

      kalau mau Honda yang bagus, harus bayar mahal. Kalau cuma bayar “receh” untuk mobil-mobil biasa yang ngaku Honda, jangan harap bagus deh. kap mesin aja nggak dicat penuh

  • rayhan

    Saran dong.. kalo menuliskan istilah yang sekiranya tidak semua orang paham.. mbok ya dijelaskan sekalian.. maksudnya itu bagian yang mana.. bila perlu dikasih gambarnya juga.. contoh pada artiker ini yaitu istilah “rear quarter” . Karena saya kira tidak semua pembaca merupakan petrolhead sejati. Saya sendiri kadang bingung kalo ada istilah istilah bagian mobil seperti itu.Terima kasih atas atensinya.

    • AE86

      Ide yg bgus om… Saya bantu jwb om “Quarter panel” bgian panel body posisinya tepat diatas ban belakang.

  • Evan Nsas

    mending beli rumah aja daripada mobil. ngapein beli mobil aja ga penting.. haters banget komentaran. hayoo thinking postivie

    • Levi

      Tergantung penggunaan gan, kayak wktu kecil dl mainannya Tamiya, skrg udah sukses mainannya sedan sporty dong ??

    • AE86

      Mungkin itu bg om,, tpi diluar sana yg semua sudh dimiliki gmna? Rumah, usaha, tanah, apartemen dll sudah ad. Bahkan istri sudah 3, mau di kmanakn lg uang kalau gk beli sesuatu salah satunya ya mobil.. Hehehe

  • AE86

    Interior belum berasa sporty,

    • Indra

      Lebih terlihat elegan lah jd mirip2 sama Jazz cs, Brio cs, atau mobil Eropa.

      • AE86

        Ia om, konsepnya keeleganan gtu,, gk keliatan aura sport nya di dalem. Sementara kalau kita lihat segmen civic didominasi oleh anak2 muda dan keluarga muda yg berjiwa emosional.

        • doni

          dashboard civic FD malah lebih keliatan lebih sporty dari pada ini….
          ini lobang AC tengah masih kyk mobilio facelift

        • Adnan

          Saya rasa anak muda kebanyakan ngga sanggup beli mobil harga segini mas.. Kalau yang dari keluarga berada, mungkin akan langsung ambil BMW sekalian.

          • AE86

            Pasti ad mas, tiap grade, type, brand dan tingkatan harga ad pangsa pasarnya masing2.

  • Aryo Wicaksono

    Indonesia udah kebagian civic generasi sepuluh baru walaupun hanya CVT sementara di jepang civic masih belum dijual lagi, menghilang dari peredaran, dan baru akan nongol tahun 2018. hiks.

    • farid

      setau saya civic walaupun mobil global tapi gak dipasarkan dan diproduksi di jepang sekarang,bahkan civic FC ini aja dikembangkan di amerika,juga civic type R yg dulu identik sebagai mobil sport JDM berubah haluan menjadi hothatch rasa eropa sejak civic type R EP3 dibuat di inggris kecuali civic type R FD2 yg dibuat di jepang.kalau di jepang civic masih dipasarkan kok,tapi yg dijual adalah civic type R FK2 sedangkan civic reguler mungkin kembali dipasarkan mulai 2018

    • Hillarius Satrio

      lama bener ya 2018.. hahaha

      • Aryo Wicaksono

        nah, itu. ntar kan di kota kecil ke mana mana mesti pakai mobil dan dapat potongan leasing, belum tentu diizinkan ambil honda klasik seperti Crx Sir EF8. Civic JDM baru belum keluar dan aku masih agak anti dengan transmisi otomatis dan semua turunan Fit termasuk CR-Z. ya sudahlah, ntar pilih s660. korek sedikit udah bisa ngejar Alfa GTV yang dipakai James May di sirkuit. paling ganti Civic baru atau CR-Z berbasis Civic setelah menikah dan istri tek dung.

  • Levi

    Ini baru Civic ! ?

    Penasaran bakal gmn respon Toyota Corolla …

    • farid

      kalau corolla mah sedan moderat bukan sedan yg sporty,dari segi performa pun gak bisa dibilang kencang2 amat dibanding rival lain,jadi dari segi desain,performa,handling dan kenyamanan biasa2 aja,kurang berkarakter.beda kalau civic,nih mobil dari dulu memang “sporty look”

      • Levi

        Rasanya Altis lbh cocok utk penggunaan sehari” ya ?

    • Evan Nsas

      kemarin corolla altis menang skrg gimana civic yg menang apa ga? soalnya corolla udah mau bentar lagi facelift dan blm ada spek2

      • Levi

        Kmrn Altis menang krn desainnya agresif + kabin luas ya ?

        Nah ini yg patut ditunggu, gmn respon Altis, apalagi harga Altis lbh murah 30jt-35jt dr Civic Turbo

        • gaps

          Altis katanya sih bakal facelift ringan..cm ga yakin sih bakal ganti mesin. Soalnya mesin dual VVT-inya aja ud ngeluarin 151ps. Moga2 improve..karna pas direview tenaga Altis ga berasa kayak 151ps,haha..
          Iya emg desainnya agresif,cm kl soal driving experience ga bgtu oke..Toyota ga fokus ksitu. Main aman..yg penting dalam level yg optimal..haha

          • Levi

            Gan, rasanya itu typo deh, 151ps itu yg versi 2000cc perasaan ?

          • gaps

            Seriusan. Coba liat di specnya deh. Gue juga ga percaya 1800cc bs ngeluarin tenaga sgtu..rata2 2000cc baru bs ngeluarin tenaga sgtu. Entah pake settingan apa ya Toyota sampe Altis tenaganya sgtu gede buat ukuran mesin 1800 -_-

        • Hillarius Satrio

          kemaren altis tuh ganteng banget, lebih ganteng daripada civic FB.. giliran skrg, gw rasa altis mesti hati2

          • Levi

            Setuju, skrg Civic udah punya selling point fitur canggih, bag depan ganteng, dan fun-to-drive …. Tp CVT yak ? Hmmmmm

            Kalo Altis selling pointnya cm ganteng luar-dalam, servis mudah & murah dan badak …

            Kalo Altis mau ttp di puncak kyk kmrn rasanya Toyota hrs nambah min 1 unique selling point dr Altis, apalagi rata” org beli sedan bukan cm buat asal naik

    • D83

      Corolla memang design-nya lebih moderate, lebih kepada pengemudi yg butuh transportasi sedan dari A ke B, dengan daya tahan yg sangat baik.

      • Levi

        Betul, rasanya Corolla lbh cocok utk dipake sbg sedan sehari-hari ..

        Utk daya tahan gw setuju bgt, itu sedan badak emang

        • AE86

          Btul om, ap lg Great corolla.

  • Yoan Dipo

    leh ugha nih betterlah, sepertinya era sunat menyunat akuntan sudah mulai terasa berkurang dimulai dari civic ini.
    ditunggu review otr nya.

    • D83

      Kompensasi-nya harga makin mahal, apakah OK dgn itu??

      • Ismail Fikri

        issoke lah kalo semua sepadan, ada harga ada kualitas cuyy

  • Der Klopp Reds

    Pertanyaan mendasar: Kenapa ya Honda selalu “antipati” dengan sensor parkir? Agak gimana gitu dengan kondisi perparkiran di Jakarta yang aduhai.

    Secara fisik keren dan interiornya juga menjanjikan kenyamanan. Paling suka ketika melihat “bokongnya” yang seksi plus matanya yang tajam.

    Kapan ya gw jadi OKB?

    • D83

      Kalau dilihat produk2 yg Lain, rata2 sudah dapet kamera parkir semua. Kalau dari logika ane, sudah dapet kamera parkir komplit sama monitor layar, sdh nggk relevant lagi pakai sensor parkir. Mungkin begitu pemikirannya..

      • Ismail Fikri

        ane lebih demen pake cam aja gapake sensor… berisik sensor itu, kadang masih jauh udah PIPIPIPIPIPIPIPIP

    • Mahmud

      kalau Honda biasanya juga sudah ditambahkan sendiri dari sananya… bukan Honda aja, toyota seperti Veloz juga nggak dibilang ada kamera parkir, tapi dapet dari sananya langsung… mungkin sienta juga ia nanti ada kamera parkir langsung

    • Hillarius Satrio

      Honda antipati sama sensor parkir biar salesnya bisa jualan dan nyari cuan. period

      • Aryo Wicaksono

        iya, di belahan dunia lain udah pakai kamera parkir, kok.

  • ju

    ini kelihatan putih ini apaan ya? kayak kurang rapi ya..

  • farid

    sejatinya civic itu mobilnya bermesin naturally aspirated,tapi karena saat ini pabrikan lagi tren mesin dgn “keong racun” dan peraturan emisi yg makin ketat maka honda yg dulu identik dgn mesin VTEC N/A pun ikut2tan pake mesin turbo,tapi yg penting civic turbo ini sama dgn civic terdahulu(kecuali civic FB) yg memiliki karakter sporty.
    kalau saya pengen beli nih mobil mungkin saya tunggu puluhan tahun sambil menabung buat beli bekasnya,seperti halnya beli civic wonder,nouva/grand nouva,estilo/genio atau ferio kalau beli sekarang

  • wowkeren (new)

    And the real Civic is back! Tercengang waktu liat mobil ini, padahal ga liat langsung di IIMS (lagi belom sempet dateng). Desainnya bener-bener made by designer (bukan made by accountant), dan mesin turbonya itu… jadi pengen nyoba. Ditambah model lampu depan yang gak biasa dipake di mobil2 yang beredar di indonesia. Tadinya sempet kira kalo harganya bakal sampe 500 juta lebih, ternyata masih 475 juta (di bawah ekspektasi).

  • haikal fahmi almaidani

    Saya belum sempat lihat yg versi videonya di youtube.

    Tapi, wow. Ada fitur Remote engine start? Kereen!!! Seperti di film2 ala2 James Bond gitu.

    Ada yg mau saya tanya utk mas Satrio atau yg lain. Mana yg lebih bagus utk yg suspensi? Yg independen atau yg bukan (seperti misalnya torsion bar)? Lalu apa plus minus dari kedua macam suspensi tersebut?

    • Hillarius Satrio

      suspensi bagus yang independen.

      logikanya, keempat ban mobil nggak boleh tergantung satu sama lainnya, jadi kalo ada satu ban ilang traksi, ban lain nggak boleh ikut kena pengaruhnya.

      suspensi dependen tidak punya kelebihan seperti itu, sementara independen punya.

      jenis-jenis suspensi banyak, nanti saya buatkan artikelnya jika sempat

      • haikal fahmi almaidani

        Oke, mas. Makasih atas infonya.
        Ditunggu artikelnya soal suspensi ini. 🙂

  • juuzou

    entar gw tunjukkin ke tante gua ah.. nyesek apa kagak nih dia baru mesen FB desember lalu.. ckckck hahaha

    anyway FC ini sangat keren yo, jauh lebih sabi dri FB, cmn yg jadi satu pertanyaan gue, mengapa honda prospect motor itu selalu anti dalam memberikan parking sensor sebagai standar? anyway ya sebenarnya itu bukan masalah bagi beberapa orang tapi misal kayak emak gua yg nyetir udh dri bertahun² dia bilang lebih enakan sensor dripada kamera. dan gw setuju, sih.

    overall, asli ini kakkoi banget. tp ada warning jg sih klo stau gua klo turbo itu mesti isi pertamax/pertamax plus, saran aja sih, mending mbl kayak gini bawa paling jauh ke bandung aja, karena bawa keluar kota modar udah. tau sendiri dong kualitas BBM di indonesia? untung sih ada shell cuman kan blom banyak di daerah

    • juuzou

      *keluar wilayah jawa barat*

      • Kakaokaa

        Sesekali main2 ke luar jawa barat, biar ngerti kalo uda ada pertamax di mana mana hahaha

        • juuzou

          gw ngerti bgt kok, cmn maksud gw mbl kayak gini mendingan buat daily use aja, jgn buat mondar-mandir kluar kota.

        • juuzou

          gw ngerti bgt kok, cmn maksud gw mbl kayak gini mendingan buat daily use aja, jgn buat mondar-mandir kluar kota.

    • D83

      Mungkin waktu itu dapet diskon gede kali bro, hehehee…

      • juuzou

        ga bgitu nyimak sih ane, meskipun ane jg ikut nemenin auntie sy ke diler honda .

    • Hillarius Satrio

      Honda nggak ngasih sensor parkir biar salesnya bisa jualan sensor, nyari cuan.

      • 4×4

        abe baca dr review tetangga sebelah ini minimum octannya 87 jadi bisa minum premium. CMIIW

        • Hillarius Satrio

          hell no.. no… no.. itu ngaco, ini mobil nggak boleh minum premium, bisa rusak mesinnya. minimal pertamax atau shell super, mesin turbo nggak boleh dikasih bensin murah

          • 4×4

            cek d channel oto**motif t*v deh bang hillsat ane jg tkejut reviewernya bilang gitu d menit akhir ane juga ga setujuu

        • juuzou

          wah mbl begini jgn kasih premium bor. lain klo mbl ente dibawah 1500cc, masih gapapa, kcuali klo udh dipasang turbo kyk ispik ini

          • 4×4

            cek d channel oto**motif t*v gan ane jg tkejut reviewernya bilang gitu

      • juuzou

        hahaha bener² dah, mbl harga sgini blom dpt, ayla nenek sy udh dpt sbgai standar.

  • qoqo

    Civic ini berkesan banget buat Autonetmagz kayanya sampe tata bahasanya pun beda begini…hahaha

    • Sporky

      Kan penulisnya penggemar berat aka. fansboy Honda.. perasaan artikelnya juga banyakan Hondanya.

      • qoqo

        Pernah baca artikel/review Autonetmagz soal Brio/Mobilio/BRV? 🙂

        • Sporky

          Iya kalo di situ kayaknya kebagian kecewanya krn merk favoritnya di bawah ekspektasinya, mobil akuntan kalo kata big bossnya Honda dg desain satu dasbornya.

          • Hillarius Satrio

            kalo memang bagus, kenapa kami harus bilang jelek? dan kalo memang jelek, kenapa kami harus bilang bagus?

          • Sporky

            Maksud saya penggemar berat yg bisa terima kekurangannya juga… bukan tipe yg fanatik buta.

          • Hillarius Satrio

            ohh.. kirain…

    • rani

      si hilsat kykny fanboy honda deh… pas review brio rs aj kabin belakang pala mentok gitu d bilang masih ok…. hmmmm
      civic baru gk ad sensor parkir d bilang gpp… hmmmm

      • Hillarius Satrio

        gw nggak bilang gpp pas nggak ada sensor parkir di civic, gw bilang “dia sudah punya kamera parkir meski tidak ada sensor parkir”.coba diteliti lagi. lagian Honda gitu, nggak ada sensor parkir biar salesnya bisa jualan sensor parkir, nyari cuan.

        brio? mentok? tuh, tangan gw masih bisa gerak meragain ruang kepala. kabin brio itu sempit, nggak sebagus city car lain, tapi tinggi gw kan nyaris 180, dan rata2 orang indo tingginya di bawah itu, jadi harusnya masih oke. city car dengan kabin terluas itu etios, grand i10 sama picanto.

        • gaps

          Jangan lupa Splash,March,sm Mirage bro. Picanto termasuk mirip2 Brio,cm luasan dikit..terutama di bagasinya (tau karna punya)

          • Hillarius Satrio

            Picanto agak luas ya bagasinya? hmm.. jadi pengen ngereview

          • gaps

            Gambarannya: dibanding Brio,lebih luas dikit bagasinya. Ruang kaki-kepala rasanya 11:12. Cm kl dibandingkan March,Mirage,Splash,apalagi Etios..lebih sempit. Termasuk sm Grand i10..

            Tes aja..cm saya punya yg seri SE2,manual..bukan yg baru..

          • 4×4

            splash lebih luas bang hillsat headroom nya aja d bilang temen ane atap becak mesin di medan

          • Hillarius Satrio

            splash mah emang luas banget, atapnya tinggi soalnya, sama kayak karimun wagon r.. gw duduk aja masih bebas gerak

          • gaps

            Plus ground clearancenya tinggi..buat nglibas jalan rusak paling ‘kompatibel’ dibanding yg lain..

  • Sporky

    Kalo masih berujud sedan kayaknya nggak terjangkau harganya, belum lagi pajak tahunannya. Idealnya nanti masukin juga Civic versi hatchback yg pajaknya lebih murah 20 persen menyusul Ford Focus hatch ecoboost atau mungkin nantinya ditambah Chevy Cruze hatch 1.4 turbo 153 hp 240 Nm jd lengkaplah perang antar turbo direct injection di Indonesia dg harga lebih dekat ke 400jt atau mungkin malah ada yg lebih dekat ke 350jt.

  • Victor

    Min tampilan speedonya kalau nyala kayak gmn ya? Overall mobil ini bagus,n driving position mbl ini ane bener2 suka banget

  • Ismail Fikri

    mungkin kalo FC bisa ngomong ke FD dia bakal ngomong: Show me, Grandfather… the way of the Honda…. and i will finish… what you started….

    • Adhya Pradipta Jiwa

      LOL, berasa Gen 10th jadi Kylo Ren ya bro? Bisa-bisa, harapan kita emang semoga FC bisa meneruskan kedigdayaan FD ya hahahaha.

      • Ismail Fikri

        yoi, secara kan FD itu 2 generasi sebelom FC jd bisa dibilang cucu-nya lah xD :V

        • gaps

          FB berasa kayak generasi yg ga dianggep yah. Kesian amat. Haha #disitusayakadangmerasasedih

  • Sportipu

    Makin gede aja bodynya

  • Rockmeo

    sebenarnya harga asli civic imi sebelum pajak yang gila itu kira2 berapa y?
    Apakah bisa tembus dibawah 400juta?

    • Aryo Wicaksono

      Civic turbo di AS sekitar $24.000,00 lebih, jadi 475 juta dengan pajak masih wajar. Type R tuh yang nggak wajar, masuk indonesia harga jadi tiga kali lipat lebih.

      • Rockmeo

        Hmm gt y
        Mungkin kalo pajak nya cuman 10% kayak mobil jenis lain bisa dibawah 450juta y

        Kalo type R bagi gw wajar aja segitu krn kan dari IU bukan atpm mereka pasti nyari untung gede sama urus izin sana sini kn jg butuh biaya

        • Aryo Wicaksono

          benar juga, ya. baru ngerti kenapa hachiroku cuma 650 juta, ternyata gara-gara lewat ATPM, ya.

  • 4×4

    ane liat d video review tetangga sebelah minimum octannya 87 jadi ini bisa mnum premium? :O

    • gaps

      Video review siapa gan?

      • 4×4

        cek d channel oto**motif t*v gan ane jg tkejut reviewernya bilang gitu d menit akhir

        • gaps

          Gokill..beli mobil gini masih mikir bs pake RON88..kacau!

          • 4×4

            ane sih no gan sayang gilaa!! cuma kaget aja ada yg bilang gitu

  • reyhan apriathama

    Civic penebus dosa generasi FB yang gak karuan bahkan gue masih lebih suka Civic FD sama Ferio yang banyak dibilang the best civic karena timeless dan harganya masih tergolong tinggi, pas liat mobil ini dari luar bener2 atraktif banget dan mungkin Civic ini akan membalikkan kejayaan civic seperti Ferio dahulu, posisi duduknya enak dan awalnya gue berasumsi kalo jok belakang nya khas kupe, tapi enggak dan sebenernya masih nyaman, tapi, kalo dilihat ini adalah sedan Civic yang bener2 Driving Oriented, walaupun di belakang enak tapi mobil ini enakan ga pake supir karena mobil ini pasti punya keasyikan berkemudi seperti Civic FD… Fitur2 kenyamanan terus terang gue abaikan tapi soal jok kulit andaikan Jok nya ada yang suede+leather dengan mode semi bucket seat pasti bakalan tambah mantap

  • D83

    C’mon guys, utk mobil yg basicsudah bagus gini, mungkin nggk perlu ngeributin sensor parkir ya 🙁 seperti kata Bung Hilsat, sensor parkir bisa jadi bonus atau tambahan dari dealer/sales terdekat.

    Untuk minimum RON, dari prescon petinggi HPM yg perlu dicermati “Bensin minimum RON90, tetapi apabila terpaksa bisa minum RON87”, yg ane pahami kalo BBM minimum RON90, bukan berarti BBM pake RON87 cuma kalo kepepet saja.

  • jujur sih bokongnya belum se-sexy civic FD walaupun secara umum eksterior lebih menyenangkan dibanding FB.

    yang bikin penasaran, ada lampu di deket roda depan itu apa ya? sein kah? untuk memberi tanda arah samping seperti di mobil lawas atau itu untuk memberi tanda ke depan? sein depan di atas headlamp LED nya itu kah? kemaren di IIMS nggak puas eksplorasi detail si turbo ini karena rame.

  • Aris Furqon

    Tumben autonetmagz nga complain soal bagian tutup bagasi yang bs dikopek2 wkwkwkkw.. ato nga keliatan mungkin? Goodjob honda berhasil menutup2i sampe nga keliatan autonetmagz 😛

  • Iswara Mahaputra

    Apa bakal rilis ke indo ya versi manual atw triptonic untuk honda civic ini?

  • Marino Alsangkily

    harganya hampir 1/2 M, mending beli CRV Prestige..

  • abraham

    dimensi civic turbo di web honda adalah….4.630mm x 2.075mm x 1.416mm….apa ngga salah tuh lebarnya, lebih lebar dari accord dan selebar truk gede