Tips Mencuci Mobil Dari Suzuki, Perhatikan Urutannya!

by  in  Berita & Isuzu & Merek Mobil
Tips Mencuci Mobil Dari Suzuki, Perhatikan Urutannya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagaimana yang kita ketahui, mencuci mobil memiliki banyak manfaat. Selain membuat tampilan eksterior mobil terlihat bersih, mencuci mobil juga bisa menjaga keawetan cat dan lapisan clear coat pada mobil. Biasanya, kita memanfaatkan jasa cuci mobil berbayar. Namun banyak juga pemilik kendaraan yang juga melakukan cuci mobil sendiri untuk menghemat budget. Nah, ini ada beberapa saran dari PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) agar bisa dilakukan dengan aman dan tepat.

1. Cuci Bagian Ban dan Velg Terlebih Dahulu

Bagian ini ada pada bagian bawah mobil yang memiliki kontak langsung dengan jalanan. Sehingga menjadi bagian terkotor ketika mobil digunakan. Pada bagian ini bisa menggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang diperuntukan membersihkan ban dan velg. Apabila menggunakan shampoo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan velg sebaiknya diganti atau tidak dipakai kembali untuk area kaca dan body mobil. Pada bagian ini, bisa menggunakan sikat khusus untuk memudahkan pembersihan.

2. Basahi Seluruh Mobil dengan Air Bersih Yang Mengalir

Setelah bagian ban dan velg sudah bersih, langkah selanjutnya adalah menyemprot air bersih ke body mobil. Hal ini untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel sebelum diberi shampoo. Cara menyemprotkan air sebaiknya dilakukan dengan posisi menyamping. Hindari menyemprot langsung ke area lubang terbuka seperti grill atau lubang di bumper, terutama jika menggunakan air bertekanan tinggi.

3. Mulailah Mencuci dari Bagian Atap

Mulailah dari bagian yang paling atas, karena pencucian dari bagian atap bertujuan agar air sabun turun ke bagian bawah yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang. Cucilah dengan melakukan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar. Pastikan menggunakan air, shampoo, dan spons atau kain microfiber yang berbeda dengan yang digunakan untuk mencuci ban dan velg.

4. Bagian Spion, Kaca, dan Bodi Mobil

Setelah membersihkan atap mobil, cucilah bagian kaca seperti spion dan jendela. Pemilik kendaraan dapat membersihkan dengan menambahkan air dan shampoo dengan menggunakan kain microfiber. Setelah menyelesaikan bagian kaca jendela, bersihkan bagian body mobil dari depan hingga belakang secara perlahan dengan gerakan atas ke bawah. Hindari menggunakan peralatan mencuci yang berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada body mobil. Pemilik dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan seperti sela-sela pintu.

5. Bilas Mobil dan Keringkan dengan Kain Microfiber yang Lembut

Terakhir, bersihkan dari shampoo yang masih menempel di mobil secara keseluruhan dengan air bersih hingga tidak tersisa. Setelah itu, keringkan body mobil dengan kain microfiber yang lembut. Kain microfiber yang lembut memiliki daya serap yang baik dan tidak meninggalkan goresan. Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian yang rentan muncul water spot seperti kaca depan, kaca jendela dan lampu.

Hariadi, sselaku Asst. to Service Dept. dari Head PT SIS juga menyampaikan, “Pilih shampoo khusus mencuci mobil yang sebaiknya memiliki kadar pH mendekati 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen.”

Read Prev:
Read Next: