Resmi, Proton Ertiga Lengkapi Jajaran Proton di Malaysia

Resmi, Proton Ertiga Lengkapi Jajaran Proton di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Kerja sama antara Proton dan Suzuki ditandai dengan hadirnya Proton Ertiga di Malaysia. Ya, benar, Proton Ertiga, mereka tidak mengganti nama dari Suzuki Ertiga, lain dengan Mazda yang menamainya Mazda VX-1. Di sana, Proton mengumbar bahwa Ertiga adalah MPV pertama dengan status Energy Efficient Vehicle (EEV), alias sejenis status kendaraan yang irit energi. Yah, sejenis LCGC lah statusnya kalau di sini, meski tak bisa dipukul rata, karena basis Ertiga sendiri bukan LCGC.


proton-ertiga-interior

Apa yang diubah oleh Proton saat meminta supaya Suzuki mengirim parts Ertiga supaya bisa dirakit lokal di Malaysia? Jawabannya hanya 2, yakni logo dan jok ISOFIX. Yap, Proton Ertiga sudah memakai jok ISOFIX untuk penumpang baris kedua, jadi lebih siap untuk dipasang jok balita. Lalu ya sudah pasti logo, karena logo di depan, belakang, setir dan keempat pelek bukan logo Suzuki lagi, tapi Proton. Sisanya sama saja seperti Suzuki Ertiga di sini.

proton-ertiga-rear

Untuk varian, hanya ada 2 varian bagi Proton Ertiga, yakni Executive dan Executive Plus. Bedanya, di foglamp hanya varian Executive Plus yang pakai lis chrome, sementara yang biasa tidak. Sama seperti Ertiga di sini, gril depannya agak dominan dengan chrome dan pintu belakang dihiasi garnish chrome plus reflector tempelan yang tidak penting-penting amat. Interior pun setali tiga uang, demikian pula dengan kualitas dan bahannya.

proton-ertiga-cabin

Akses pun sama saja, dengan mekanisme one touch sliding untuk mempermudah penumpang yang ingin masuk ke baris ketiga. Catat, one touch sliding, bukan one touch tumble. Selain itu, jok baris ketiga juga terpisah 50:50, sementara baris kedua terpisah 60:40, berarti kepraktisan saat melipat jok tetap sama fleksibelnya dengan Ertiga Indonesia. AC double blower, port charger untuk baris kedua, dual airbags dan lain-lainnya tetap ada.

proton-ertiga-side

Mesin? Sama, yakni unit K14B VVT 1.400 cc 4 silinder bertenaga 92 PS dan 130 Nm, dengan pilihan transmisi manual atau otomatis 4 speed torque converter (bukan CVT seperti yang diinfokan Proton pada upacara peluncuran). Safety? Selain dual airbags yang sudah disebutkan tadi, ABS dan EBD hadir sebagai standar. Dengan penggantian logo dan bonus jok ISOFIX, apa opinimu mengenai Proton Ertiga? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: