Tesla Siapkan Pabrik Perakitan dan Pusat R&D di India

Tesla Siapkan Pabrik Perakitan dan Pusat R&D di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, pergerakan Tesla di pasar global nampak makin masif. Setelah membangun Gigafactory di China, dan akan segera disusul di Jerman, kini Tesla membidik pasar Negeri Bollywood. Yap, Tesla dikabarkan sedang mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk pasar India, antara lain adalah pabrik perakitan lokal dan juga pusat riset dan pengembangan (R&D). Mari kita bahas lebih lanjut.

R&D Jalan Dulu

Sebelumnya, kami sudah mengabarkan bahwa Tesla akan segera memulai operasionalnya di India, termasuk menjual mobil di sana. India adalah pasar yang empuk untuk mobil listrik, karena kami sendiri telah merasakan buruknya kualitas udara di kota besar India karena polusi. Nah, beberapa waktu lalu, ada sebuah dokumen Pemerintahan yang berasal dari Karnataka, salah satu wilayah di selatan India yang menyatakan bahwa Tesla akan mendirikan pabrik perakitan di wilayah tersebut. Kabar ini muncul tak lama setelah beredar kabar bahwa Tesla mendaftarkan nama Tesla Motor India & Energy Private Limited di kota Karnataka, Bengaluru, India.

Yang menarik, Kepala Pemerintahan setempat, B.S. Yediyurappa sempat mengunggah cuitan yang isinya adalah fasilitas milik Tesla akan memulai operasional lokal mereka dengan membentuk R&D di Bengaluru. Sayangnya, cuitan itu sudah dihapus. Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari sendiri telah menyatakan di bulan Desember 2020 silam bahwa Tesla dipastikan akan menjual kendaraan mereka per tahun 2021 ini. Dan setelah itu, mereka akan mempertimbangkan kemungkinan menganai perakitan lokal dan produksi mobil. Nah, jikalau menggunakan ilmu cocoklogi dari bocoran ini, maka bisa dipastikan mobil yang dijual di India adalah produksi lokal.

Tesla Model 3 jadi Produk Pertama

Kabarnya, mobil pertama Tesla untuk pasar India adalah Tesla Model 3. Tesla Model 3 sendiri adalah mobil yang sempat menyandang predikat mobil termurah Tesla. Namun, nampaknya harga mobil ini tetap tidak akan murah di India. Bisa jadi harga jual Tesla Model 3 di India ada di angka 5,5 juta Rupee atau setara 1 Milyar lebih sedikit. Yap, harga yang cukup tinggi. Namun, keberanian Tesla untuk membangun pabrik di India perlu kita acungi jempol. Padahal, posisi India tidak terlalu jauh dari China, dimana Tesla juga memiliki pabrik perakitan. Hanya saja, sempat naiknya tensi di India terhadap produk China menjadi sebuah catatan penting yang nampaknya dipertimbangkan Tesla.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber : CarScoops

Read Prev:
Read Next: