Tesla Siap-Siap Jualan di India Tahun 2021

Tesla Siap-Siap Jualan di India Tahun 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa Tesla mulai tertarik dengan potensi Indonesia dan merencanakan pabrik baterai barunya di sini, namun ada tempat lain yang menarik perhatian Tesla juga untuk berjualan mobil, yakni India. Tesla melirik pasar India karena India adalah pasar mobil terbesar kelima di dunia, dan Elon Musk berencana ingin memperkenalkan jajaran mobil listriknya di India pada tahun 2021 ini.

Elon Musk sudah berbicara kepada Mentri Transportasi India, Nitin Gadkari. Menurut Indian Express, Nitin Gadkari berkata bahwa Tesla akan mulai berjualan di India tahun 2021 namun masih sebatas jualan secara CBU. Langkah perakitan dan manufaktur baru akan dipertimbangkan kemudian tergantung permintaan pasar India nantinya. Jauh di tempat terpisah, Elon Musk sudah menyatakan di Twitter-nya bahwa Tesla memang mau ke India, tapi tidak di bulan Januari ini.

Karena masalah pencemaran udara yang amat pelik di India, negeri Bollywood ini sedang getol ingin mengangkat pamor mobil listrik. Gampang? Tidak, susah juga di sana. Halangannya kurang lebih akibat kurangnya investasi di bidang manufaktur dan infrastruktur, termasuk stasiun pengisian daya mobil listrik. Tahun 2019, hanya 3.400 mobil listrik yang terjual di India, sementara mobil bensin atau dieselnya laku sebanyak 1,7 juta unit. Kecil kan?

Pada bulan September lalu, pemerintah India mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menawarkan insentif sebesar 64 Trilyun Rupiah pada tahun 2030 kepada perusahaan-perusahaan di India demi membangun fasilitas manufaktur baterai mobil listrik di sana. Sebagai permulaan, Tesla pertama yang akan dijual di India adalah Tesla Model 3, mobil Tesla yang paling terjangkau di antara Model S, Model X dan Model Y.

Tahun 2020 kemarin, Tesla berhasil menjual setengah juta unit mobil listrik di seluruh dunia, dan itu merupakan angka yang baik. Sebenarnya terjualnya sebanyak 499.550 unit, tapi target mereka sendiri adalah 500.000 unit dan jika mengingat kondisi dunia di tahun 2020 yang jauh dari kata baik, pencapaian itu pantas diapresiasi. Hmm… Berapa banyak ya Tesla yang sudah terjual di Indonesia? Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: