Tesla Berencana Bangun Pabrik Di Indonesia?

Tesla Berencana Bangun Pabrik Di Indonesia?
0  komentar

Autonetmagz.com – Minat masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik atau EV telah melihat kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Pasar otomotif Tanah Air mulai kemasukan mobil-mobil listrik seperti Nissan Kicks ePower dan bakal disusul oleh Hyundai Ioniq dan Kona EV serta calonnya Nissan Leaf. Melihat potensi pasar EV Indonesia, Tesla selaku produsen EV terbesar di dunia berencana untuk membangun pabrik di Tanah Air.

Berita mengenai Tesla berencana untuk berinvestasi di Indonesia muncul dari Ayodhia GL Kalake selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Beliau menyatakan kepada CNN Indonesia bahwa Tesla berencana untuk investasi di Indonesia dan sudah menghubungi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Ayodhia menambahkan bahwa Tesla belum menjelaskan secara detil apa rencana mereka dan masih pada tahap awal.

Nah, kabarnya Tesla tidak akan membangun pabrik produksi mobil di Indonesia. Rudy Salim selaku Presiden Direktur Prestige Image Motocars menyatakan kalau pabrik produksi mobil Tesla diluar California hanya ada di China, karena minat EV disana sangat tinggi. Karena boom mobil listrik di Indonesia masih di tahap awalnya, Tesla tak akan menggeber gas dan langsung membangun pabrik produksi mobil disini. Lantas rencana raksasa EV Amerika tersebut adalah membangun pabrik pembuatan baterai dan power plant pembangkit listrik.

Strategi ini masuk akal karena melihat dari statistik tahun ini, Tesla telah memecahkan angka penjualan mereka dengan 139.300 unit terjual pada kuartal ketiga 2020. Tesla mencatat laba bersih pada kuartal ketiga 2020 sebesar 331 juta US Dollar atau setara 4,87 trilliun Rupiah. Dengan pendapatan sebanyak ini, bukan sebuah kejutan kalau Tesla berencana untuk berinvestasi di negara seperti Indonesia yang memiliki potensi pertumbuhan pasar pesat.

Bagaimana menurut kalian soal Tesla bangun pabrik di Indonesia? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: