Tesla Model S Mobil Yang Paling Jarang Dicuri Di AS

by  in Berita&Merek Mobil&Tesla
Tesla Model S Mobil Yang Paling Jarang Dicuri Di AS
0  komentar

Tesla Model S mobil paling aman jarang dicuriAutonetMagz.com – Setelah di artikel sebelumnya, kita membahas Honda Accord sebagai mobil yang paling sering dicuri di AS, hasil riset yang sama juga menobatkan Tesla Model S, sebagai mobil yang paling jarang dicuri di Negara Paman Sam.

Memang terlihat tidak adil jika membandingkan jumlah Honda Accord yang diproduksi untuk pasar AS dengan jumlah Tesla Model S, namun jika kita membuat rasio dari jumlah mobil yang diproduksi dengan jumlah mobil yang dicuri, maka kita mendapatkan rasio untuk Tesla Model S sebesar 0.15 unit dicuri dari 1000 unit yang diproduksi, angka yang jauh di atas rata-rata nasional Amerika Serikat sebesar 3.51 unit dicuri dari 1000 unit yang diproduksi.

Mengapa Tesla Model S tidak menarik bagi para pencuri? mungkin dikarenakan fitur keamanan yang canggih dari mobil tersebut, seperti chip 3G yang terpasang di mobil dengan kemampuan melacak bahkan mematikan mobil secara otomatis dari jarak jauh jika mobil tersebut dicuri. Alasan lain yang mendasari temuan ini juga karena Tesla Model S relatif baru diluncurkan untuk pasar AS, sehingga sebagian besar komponen mobil ini masih dilindungi garansi pabrikan dan pasar (black market) untuk part-part hasil curian belum terbentuk.

Seperti kita tahu, jarang sekali pencuri menjual mobil curiannya secara utuh, mereka cenderung akan membongkar dan menjual mobil curian tersebut per bagian untuk menghilangkan jejak dan mendapat keuntungan lebih banyak (berdasarkan pengalaman pribadi kerabat penulis yang pernah kehilangan Innova-nya, ketika mobil ditemukan, sudah tinggal rangkanya saja).

Dodge-Journey_2011

Jadi, selain Tesla Model S, mobil apa saja yang juga jarang di incar oleh pencuri di Amerika? Dengan rasio 0.4 unit mobil dicuri dari 1000 unit yang diproduksi, urutannya ada Dodge Journey, VW Tiguan, Audi A4, Acura RDX, Toyota Matrix, Lexus HS 250h, Honda CR-V, dan Hyundai Tucson. Mobil-mobil tersebut merupakan mobil yang termasuk jarang diminati oleh pencuri di AS sepanjang tahun 2013.

Kira-kira rasio pencurian untuk Toyota Avanza di Indonesia berapa ya? Mungkin ada yang bisa bantu riset atau punya datanya?

Read Prev:
Read Next: