Rimac C_Two Pamer 0-100 1,85 Detik : Tesla Roadster? Siapa Tuh?

Rimac C_Two Pamer 0-100 1,85 Detik : Tesla Roadster? Siapa Tuh?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Tesla Roadster generasi baru memamerkan kekuatan mesin listriknya yang bisa lari dari 0-100 dalam 1,9 detik saja, dunia langsung memperhatikan. Saat itu juga, ada yang serius berusaha untuk membungkam Tesla dan meraih tahta akselerasi tercepat di dunia. Salah satu yang berhasil mencari gara-gara dengan Tesla adalah Rimac, hypercar listrik Kroasia yang pernah meminjamkan unit ke Richard Hammond lalu hancur dan terbakar.

Selesai dengan Rimac Concept_One, sekarang Rimac resmi merilis C_Two sebagai sekuel di Geneva Motor Show. Menggunakan 4 motor listrik buat masing-masing rodanya, Rimac C_Two punya tenaga 1.888 hp dan torsi megabesar, yakni 2.300 Nm. Rimac C_Two mengklaim kalau akselerasi 0-100 mobil ini bisa tuntas dalam 1,85 detik saja. Selisih 0,05 detik, tapi namanya pabrikan mobil, selisih sekecil apapun pasti dikejar dan diklaim.

Selain 0-100 dalam 1,85 detik, lari dari 0-160 juga cukup 4,3 detik saja dan ia bakal terus berlari hingga sampai kecepatan puncaknya di 412 km/jam. Jika nanti bisa terbukti betapa kencang akslerasi mobil ini, Tesla dan Elon Musk mungkin akan sedikit kebakaran jenggot. Sama halnya dengan Concept_One, motor listrik di belakang punya girboks 2 percepatan sementara di depan hanya pakai girboks 1 percepatan.

Keempat motornya bisa diatur sedemikian rupa dengan fleksibiltas yang luas. Mobil ini bisa jadi FWD, RWD dan AWD tergantung kemauan pengendaranya, tinggal mengatur seberapa besar tenaga dan torsi masing-masing motor di tiap roda. Mau 100:0, 50:50 atau 0:100 depan:belakang, semuanya bisa. Dengan baterai Li-ion 120 kWh, Rimac mengklaim mobil ini punya jarak tempuh 650 kilometer menurut siklus NEDC.

Sosok Rimac C_Two ini juga lebih gahar dan ganas dibanding Concept_One yang menjadi pendahulunya. Menurut Rimac, mobil ini nyaris tidak memakai common parts yang diambil dari Concept_One. Dengan bukaan pintu butterfly door seperti BMW i8 dan McLaren 720S, interior Rimac C_Two ini kelihatan mahal sekaligus canggih. Sayang mobil listrik tak ada suaranya ya, andai bisa dibuat bersuara seperti supercar atau hypercar seharusnya.

Hypercar listrik baru ini juga dilengkapi delapan kamera on-board, sepasang LIDAR, enam pemancar radar, seperangkat sensor ultrasonik dan GPS yang diklaim sangat akurat. Rimac mengatakan bahwa C_Two sudah siap untuk teknologi self-driving level 4. Kecerdasan buatan juga dihadirkan dengan adanya kamera pengenal wajah untuk membuka dan menyalakan mobil tanpa kunci. Sudah kayak Facial Recognition di smartphone ya?

Rimac C_Two akan mulai dibuat akhir tahun ini dengan batasan hanya 150 unit. Oh ya, jangan tanya ya apa fungsi alat pemadam kebakaran yang ada di bagian konsol tengah itu, tapi kalau mau tanya, boleh tanya ke Richard Hammond saja deh. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: