Fitur Proton Iriz Siap Mengiris Segmen City Car

Fitur Proton Iriz Siap Mengiris Segmen City Car
0  komentar

City car baru Proton Iriz calon LCGC dari Proton kahAutonetMagz.com – Belum lama ini kami sempat memberitakan bahwa Proton sedang menyiapkan mobil baru untuk bertarung di kelas city car (baca disini : spy shot mobil baru Proton). Nah, akhirnya pihak Proton merilis foto-foto resmi dari produk terbarunya yang digadang-gadang akan dijadikan sebagai global car. Tidak diberi nama All New Proton Savvy, tapi diberikan nama baru yaitu Proton Iriz untuk mobil ini walaupun secara dimensi masih mirip-mirip antara Savvy dengan Iriz.

Sejak kemunculan Proton Preve dan Proton Suprima, banyak kalangan menilai kemajuan yang signifikan dari Proton dalam hal mendesain eksterior sebuah mobil, tak terkecuali untuk Iriz ini. Desainnya benar-benar jauh berbeda dengan Savvy yang kita kenal dulu, terutama pada bagian depannya yang kental akan kesan agresif, tercermin melalui lubang air dam besar yang desainnya mirip Ford Fiesta pra-facelift, dan di sisi kiri kanannya sepasang LED DRL (untuk varian tertinggi saja) yang futuristik telah memenuhi standar keamanan berkendara.

Lampu Projector mobil city car Proton Iriz

Ada yang menarik pada headlamp Iriz. Meskipun belum dilengkapi lampu HID, Proton membekali Iriz dengan projector lens, namun tak cukup sampai di situ saja, karena kita bisa melihat logo tulisan Proton di dalam headlamp berdesain tajam ini, tepatnya dibagian samping diatas projector headlight nya. Cukup mengejutkan, mengingat biasanya kita hanya menemukan detailing yang apik seperti ini hanya pada mobil-mobil premium seperti MINI, Audi, Volkswagen, Mercedes-Benz dan lain-lain.

Air bag di dalam kabin city car Proton Iriz

Melalui foto tampak atas ini, kita dapat mengetahui bahwa Iriz juga telah dilengkapi dengan 6 buah airbag termasuk curtain airbag yang biasa ditemui pada mobil kelas premium. Walaupun sepertinya ke enam kantung penyelamat tersebut hanya tersedia pada varian termahalnya saja. Terlihat juga bahwa Proton Iriz telah dibekali dengan traycover pemisah antara bagasi dengan jok belakang yang terpisah 60 : 40. Bagian tengah mobil ini juga diperkaya 3 cup holder meski belum dilengkapi console box.

Head unit canggih dengan sistem navigasi pada city car Proton Iriz

Sistem head unit Proton Infotainment System juga akan menjadi amunisi kuat Iriz dalam berkiprah. Jangan berharap karena ada embel-embel infotainment di dalam penamaan sistem hiburannya anda bisa mendapat update tayangan gosip selebriti terbaru, karena bukan itu yang dimaksud. Head unit Iriz yang telah dilengkapi layar sentuh ini memiliki menu pemutar file media, koneksi bluetooth, radio, rear parking camera dan sistem navigasi. Ada satu fitur yang sangat menggiurkan, yaitu fitur mobile tethering yang memungkinkan head unit ini menjadi router Wi-Fi untuk gadget kesayangan anda. Sangat wah untuk kelas city car.

Fitur rear parking cam kamera mundur di city car Proton Iriz

Proton Iriz telah dilengkapi dengan fitur Vehicle Dynamic Control sebagai standar dan telah mencetak rating 5 bintang dalam uji tabrak ANCAP. Jantung pacunya sendiri memiliki pilihan 1.3 dan 1.6 liter yang merupakan mesin baru, karena tidak lagi menggunakan teknologi CamPro, namun digantikan oleh Variable Valve Timing (VVT) yang sudah termasuk komponen baru seperti blok mesin, piston dan katup mesinnya.

Tombol Start Stop Engine button pada city car Proton Iriz

Mesin ini tidak perlu dinyalakan dengan cara memutar kunci kontak, karena Iriz telah dilengkapi dengan tombol Start/Stop Engine.

Belum ada keterangan resmi mengenai tipe apa saja yang ditawarkan, termasuk pilihan warna dan harga, bahkan foto tampak belakangnya, karena memang mobil baru Proton ini belum diluncurkan secara resmi di Malaysia. Jika anda masih penasaran dengan Iriz? Tunggu ulasan spesifikasi lengkapnya hanya di AutonetMagz, karena prediksi kami city car baru Proton ini akan masuk pasar Indonesia, karena status yang disandangnya sebagai global car.

Oh ya, jangan lupa sumbangkan ide anda bagi kami untuk IIMS nanti, karena akan ada hadiah merchandise menarik bagi anda yang beruntung.

Read Prev:
Read Next:
  • alvin

    keren buat mobil sekelas small hatcback. semoga bisa mengalahkan brio, picanto, mirage, etios valco, dan march. semoga bisa mengambil setiap kelebihan dari mobil sekelasnya. dan semoga ada varian matic-nya dan fitur penting tidak dibuang meski ada penurunan fitur untuk Indonesia.

    • TC

      kalau dari review yang sudah test drive, ada matic-nya kok, tapi memang tidak se-galak manual untuk tarikannya.
      lotus handling membuat dia tidak limbung saat test drive berbelok di kondisi jalan berair dan ber-batu di kecepatan 80kmpj.
      katanya, untuk penumpang belakang juga termasuk lega untuk ukuran city car – yang test drive tingginya 173cm

    • Peter schryer

      Selalu aja nyebutin merk honda diawal, udh gw prediksi komennya

  • farraz

    Samping sampingnya sekilas mirip tata nano :|;v

    • TC

      mirip brio 🙂

  • Kapan indonesia bisa bikin mobil kaya gini??

    • dui

      nanti kalo kalo politik gak ikut campur mas.. Kalo politik ikut campur ya susah. giliran naik daun nanti ada yang paling ngerasa berjasa. Terus dipake deh nama besarnya untuk meraih suatu jabatan..

  • Mulyadi

    mantaaaappppppppp>>>> mau dong yang matic……PROTON Hebat di fitur dan keamanannya………