Ngeri, Siapa Saja Bisa Bagasi Tesla Hanya dengan Obeng Minus Dalam Keadaan Terkunci!

by  in International&Tesla
0  komentar

AutonetMagz.com – Lebih tepatnya bagasi depan mobil Tesla baik Model S maupun X yang sudah banyak beredar di dunia. Hanya dengan berbekal 1 alat yaitu obeng minus saja, anda bisa mendapatkan akses penuh ke dalam bagasi depan mobil bertenaga listrik ini. Semudah itukah sistem keamanan mobil Tesla dapat dibobol?

Sebenarnya, kelemahan dalam sistem keamanan mobil ini memang sudah ada sejak tahun 2014 yang lalu. Tesla bahkan benar-benar ‘sadar’ dan ‘sengaja’ menaruh kelemahan di dalam produknya sendiri hingga saat ini. Namun banyak masyarakat yang belum menyadari hal tersebut.

Namun pada tanggal 8 Februari kemarin, seorang YouTuber bernama Salomondrin akhirnya mengunggah video berdurasi 17 menit 35 detik berisikan masalah tersebut yang berjudul, ‘Tesla’s Insane Security Flaw!’. Video itu menunjukkan bagaimana caranya membuka bagasi depan sebuah Tesla Model X tanpa kunci mobilnya. Video ini telah ditonton oleh 450.000+ viewer dan telah menjadi viral di YouTube.

Sekarang, apakah anda ingin mengetahui bagaimana caranya bagasi depan mobil tersebut dapat dibuka lewat cara manual tanpa kunci mobilnya yang keyless? Mari kita lihat gambar di bawah ini. Tesla Model S pun memiliki fungsi tuas yang sama, namun berbeda posisinya.

Tinggal buka penutupnya dengan obeng minus, lalu tarik tuasnya. Walaupun nanti alarm mobil akan menyala, tetapi bagasi depan akan tetap terbuka dan menampakkan seluruh isinya. Mudah sekali bukan? Gambar di atas bahkan bisa kita dapatkan dari laman website Tesla itu sendiri. Pertanyaannya adalah, apa yang ada di pikiran Elon Musk dan timnya saat membuat tuas tersebut?

Usut punya usut, ternyata ‘kecacatan’ dalam hal penyimpanan ini merupakan solusi dari pihak Tesla untuk para konsumen mereka saat menghadapi keadaan darurat. Misalnya mobil ini mengalami gangguan sistem kelistrikan ataupun harus menyelamatkan barang-barang dari bagasi depan. Semuanya tentu dalam kondisi dimana pembuka bagasi depan tidak bekerja secara normal ataupun rusak.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa ‘kelemahan’ ini bukanlah sepenuhnya blunder dari Tesla, melainkan hanya tambahan sistem keamanan yang mungkin bisa merugikan pengendaranya.

Tuas pembuka tersebut awalnya berada di bawah kompartemen Glove Box dalam interior mobil keluaran Tesla sebelum tahun 2014. Namun entah mengapa, mobil Tesla produksi tahun 2014 hingga 2017 tuasnya dipindah ke bagian bemper depan. Jadi singkat cerita, mobil listrik buatan Amerika Serikat ini bukanlah pilihan kendaraan yang aman untuk menyimpan barang berharga anda di dalam bagasi depannya. Untung bagasi bagian belakang tidak memiliki tuas dengan fungsi yang sama.

Namun, jangan gunakan pengetahuan ini untuk hal yang tidak terpuji. Ingat, ‘With great knowledge comes great responsibility.’ Ya mirip-mirip lah. Pokoknya selalu bertanggung jawab dengan pengetahuan yang anda miliki.­

Read Prev:
Read Next: