Laku Hampir 1 Juta Unit di 2021, Tesla Panen Profit!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Laku Hampir 1 Juta Unit di 2021, Tesla Panen Profit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa tahun 2020 hingga 2021 kemarin adalah momen yang berat untuk industri otomotif. Industri ini terdampak pandemi COVID-19 yang tak hanya berpengaruh pada penjualan saja, namun juga pada produksi kendaraan. Belum lagi masalah chip shortage yang melanda pasar global. Oleh karenanya, mendengar kabar bahwa Tesla berhasil memasarkan hampir 1 juta unit mobil di tahun lalu adalah sebuah kabar yang sangat menggembirakan. Lantas, model apa saja yang laris manis dari brand EV milik Elon Musk ini? Mari kita bedah lebih dalam.

Hampir 1 Juta Unit Terjual di 2021

Jadi, sepanjang tahun 2021 kemarin, Tesla berhasil menjualn 936.172 unit mobil listrik mereka. Sebagai catatan, angka ini naik signifikan dibanding tahun 2020 silam. Di tahun 2020, Tesla hanya berhasil menjual 499.647 unit kendaraan saja. Artinya, capaian mereka di tahun 2021 ini naik hampir 90% dibandingkan tahun sebelumnya. Lantas, produk apa yang berjasa meningkatkan penjualan Tesla tahun lalu? Tentunya duet mobil listrik reasonable mereka yaitu Tesla Model 3 dan Tesla Model Y. Gabungan kedua mobil ini berhasil mencatatkan angka 911.208 unit yang terkirim ke konsumen, dimana pada tahun lalu Tesla memproduksi 906.032 unit Tesla Model 3 dan Tesla Model Y. Lho? Kok yang terkirim lebih besar daripada yang diproduksi? Tenang, pastinya masih ada stok sisa 2020 yang mengisi selisih angka tersebut. Sedangkan dua model lain yaitu Tesla Model S dan Tesla Model X menyumbang angka yang tak terlalu besar.

Gabungan Tesla Model S dan Tesla Model X hanya mencatatkan penjualan sebesar 24.964 unit saja, dimana 24.390 unit diantaranya merupakan produksi tahun lalu. Tesla sendiri harus bersyukur karena penjualan mereka ternyata meroket di kuartal terakhir tahun 2021 kemarin. Pada kuartal keempat tahun 2021, Tesla berhasil memproduksi 305.840 unit kendaraan, dimana 308.600 unit diantaranya telah terkirim ke konsumen mereka. Bandingkan dengan angka 241.300 unit yang dicapai di kuartal ketiga tahun 2021, jelas ada peningkatan yang signifikan sebesar 28%. Kalau mau dibedah, di kuartal terakhir tahun 2021 kemarin, Tesla Model 3 dan Tesla Model Y berhasil memberikan kontribusi sebesar 296.850 unit, sedangkan Tesla Model S dan Tesla Model Y memberikan sumbangsih 11.750 unit. Walaupun belum mengumumkan secara resmi berapa profit mereka di tahun 2021, namun dari angka yang telah muncul, nampaknya Musk bisa tersenyum bahagia kali ini. Kita tunggu saja bagaimana laporan resmi dari pihak Tesla.

Tesla Terus Ngegas di 2022

Mungkin beberapa diantara kalian bertanya – tanya, bagaimana bisa Tesla meningkatkan jumlah produksi dan penjualan secara signifikan di masa pandemi dan juga chip shortage? Seperti pabrikan lainnya, Tesla juga tidak luput dari dua masalah besar tersebut. Namun, mereka bisa menjaga ritme produksi mereka berkat pabrik perakitan Tesla di Shanghai, China. Selain itu, Tesla juga melakukan adaptasi terhadap kondisi yang ada dengan melepas sensor radar yang ditanamkan di Tesla Model 3 dan Tesla Model Y rakitan pabrik California. Dengan kondisi yang ada sekarang, nampaknya kapasitas produksi Tesla akan terus meningkat. Apalagi pabrik perakitan mereka di Texas dan Jerman akan segera dimaksimalkan untuk memproduksi Tesla Model Y. Belum lagi rencana produksi Tesla Cybertruck di pabrik Texas pada tahun 2023 mendatang. Oiya, selain itu, Tesla juga sedang mengerjakan model baru yang posisinya akan ada di bawah Tesla Model 3. Yap, another reasonable EV is coming. Dan kami cukup optimis pada produk ini, apalagi setelah berkaca pada Model 3 dan Model Y yang laris bak kacang goreng.

Bagaimana menurut kalian?

Sumber : Carscoops

Read Prev:
Read Next: