Temani Taycan, Porsche Siapkan Panamera Versi Setrum?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Temani Taycan, Porsche Siapkan Panamera Versi Setrum?
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian masuk dalam barisan yang merasa bahwa mobil sport tak selayaknya menggunakan teknologi elektrifikasi apalagi jadi BEV? Kalau iya, maka kalian harus kecewa karena Porsche akan kembali menambah line up elektrifikasi mereka, khususnya BEV. Setelah sukses menjual Porsche Taycan, pabrikan asal Jerman ini nampaknya sedang mempersiapkan model bertenaga setrum baru namun dengan model yang sudah kita kenal. Yap, sesuai judul, peluang Porsche Panamera menjadi BEV kini terbuka cukup lebar.

Strategi Transisi EV Porsche

Oke, sebelum kita membahas mengenai Porsche Panamera EV, ada baiknya kita lihat dahulu pencapaian Porsche di segmen BEV. Kembali ke tahun 2019, Porsche kala itu memperkenalkan Porsche Taycan EV sebagai mobil full electric pertama mereka. Dan nyatanya, Porsche Taycan sangat jauh dari kata gagal. Malahan, penjualan Porsche Taycan bisa dianggap sukses besar karena penjualannya yang mencapai 41.296 unit di tahun lalu. Angka itu bahkan lebih banyak ketimbang Porsche 911 yang sudah melekat kuat sebagai produk ikonik Porsche. Bahkan, di paruh pertama tahun ini, Porsche sudah menjual 18.900 unit Porsche Taycan pada konsumen.

Nah, berdasarkan latar belakang tersebut, nampaknya sudah terlihat ada swicthing konsumen Porsche dari mesin bensin ke BEV. Memang, tidak semua konsumen Porsche menyukai BEV, tapi harus kita akui bahwa strategi EV Porsche sejauh ini sukses. Kehadiran Porsche Panamera EV sendiri merupakan salah satu langkah kongkrit untuk mewujudkan target Porsche yang ingin 50% dari penjualan mereka berasal dari kendaraan elektrifikasi di tahun 2025 mendatang. Lebih jauh lagi, Porsche berharap 80% atau mayoritas penjualan mereka di tahun 2030 berasal dari kendaraan elektrifikasi. FYI, kendaraan elektrifikasi meliputi BEV dan juha Hybrid serta plug in hybrid.

Baru Hadir Setelah 2026

Porsche Panamera EV kabarnya akan menggunakan platform VW Scalable System Platform (SSP) baru yang nantinya akan hadir di 2026. Jadi, kehadiran Porsche Panamera EV sebenarnya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Malahan, kehadiran Porsche Macan EV di akhir tahun 2023 sebenarnya lebih masuk akal. Thanks to posisi baru Oliver Blume, CEO Porsche, yang kini menjabat sebagai CEO dari VW. Dengan posisi baru tersebut, Blume bisa membantu Porsche untuk mempercepat transisi mereka ke kendaraan elektrifikasi. Tapi, transisi tersebut tidak akan mudah, karena sejumlah pabrikan juga melakukan strategi serupa dalam beberapa tahun ke depan.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: