Suzuki Swift 2017 India Mesinnya Tetap, Launching Tengah Tahun

by  in Mobil Baru&Suzuki
Suzuki Swift 2017 India Mesinnya Tetap, Launching Tengah Tahun
0  komentar

Autonetmagz.com – Setelah akhir tahun lalu menjalani debutnya di Jepang, generasi terbaru dari small hatchback Suzuki, yaitu Swift terendus kabarnya dari negeri bollywood. Tak akan menunggu lama, sebagai merk dengan penjualan yang sangat baik di India, Maruti Suzuki India akan memasukkan sang small hatchback pada pertengahan tahun ini. Dan dari kabar yang beredar, Suzuki Swift 2017 akan tetap menggunakan mesin yang sama seperti generasi yang beredar saat ini.

Suzuki Swift versi India yang sekarang dijual menggunakan mesin yang berbeda dengan Swift versi Tanah Air tercinta. Jika di Indonesia Swift menggunakan mesin berkode K14B dengan kubikasi 1372 cc 4 silinder VVT dengan tenaga 95PS dan torsi 130Nm, maka di India Swift bermain dengan mesin yang lebih kecil, yaitu 1200 cc 84.3 PS dan torsi 115 Nm. Namun di India, Swift juga dibekali mesin diesel yang kubikasinya serupa dengan Ertiga diesel, yaitu 1300 cc DDiS yang bertenaga 75PS dengan torsi badak sebesar 190 Nm.

Nah, jika di jepang, versi terbaru swift sudah menggunakan mesin anyar Suzuki yaitu mesin K10C 1.000 cc BOOSTERJET VVT tiga silinder dan juga mesin K12C 1.200 cc DUALJET VVT empat silinder. Versi yang kami sebutkan terakhir juga sudah disematkan teknologi mild hybrid Suzuki alias SHVS seperti Ertiga Diesel. Namun seperti yang kami sebutkan di awal, Pasar India akan mempertahankan mesin lawasnya, sehingga mesin K10C dan K12C dipastikan tak akan masuk ke pasar India untuk Swift 2017.

Generasi terbaru yang merupakan generasi keempat Swift ini dibangun dengan platform baru yaitu HEARTECT. Untuk versi Jepang yang sudah beredar, Swift memiliki panjang 3.840 mm, lebar 1,695 mm, dan tinggi 1,525 mm serta panjang wheelbase 2,450 mm. Itu artinya sang hatchback baru Suzuki ini lebih pendek 10mm, namun wheelbase-nya memanjang 20mm, serta meninggi 25mm. Kaki kakinya tetap menggunakan velg berdiameter 16 inci dengan desain yang sudah two tone. Dan di Swift terbaru ini, penerangan sudah meningkat berkat aplikasi lampu LED. Dan sekarang handle pintunya ikut – ikutan tersembunyi di dekat pilar C.

Di bagian dalam, kini Swift telah mengaplikasikan setir dengan model bawah yang datar, Sistem entertainment baru yang terlihat  cukup cantik karena terintegrasi dan sudah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang bisa terintegrasi dengan smartphone. Tak lupa juga ada sistem navigasi, cruise control, dan lane departure warning serta collision-mitigating system. Hmmm, lengkap ya, kalau masuk Indonesia dengan fitur komplit, juara nih.

Generasi keempat Swift ini akan diproduksi secara CKD oleh maruti Suzuki India di plant baru mereka di Gujarat, bersandingan dengan Baleno dan generasi terbaru Dzire nanti. dan kejutannya adalah, bukan Swift Hatchback yang akan di launching duluan, namun Swift Dzire yang adalah versi sedannya. Dzire sendiri akan di launching sekitar bulan mei tahun ini, semoga lebih proper dari Dzire yang sekarang. Versi Dzire yang sekarang agaknya terlalu aneh bagi kami. Nah, dengan rencana munculnya Swift generasi keempat di India, apakah nantinya sang hatchback juga akan segera mendarat di Tanah air? Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: