Suzuki Swift Segera Meluncur di Vietnam, Indonesia Ketinggalan lagi

Suzuki Swift Segera Meluncur di Vietnam, Indonesia Ketinggalan lagi
0  komentar

AutonetMagz.com – Sosok Suzuki Swift adalah salah satu produk yang sejatinya sudah menancapkan nama besarnya di Indonesia, dan memang menjadi sebuah dilema tersendiri bagi pihak Suzuki Indonesia karena saat ini sudah bercokol Suzuki Baleno yang notabene secara segmen berada di kelas yang sama dengan Suzuki Swift. Bahkan karenanya, hingga kini Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih belum memasukkan Suzuki Swift generasi terbaru ke tanah air, dan akhirnya kalah cepat dengan beberapa negara tetangga seperti Thailand, dan yang terbaru adalah Suzuki Vietnam.

Yap, Suzuki Vietnam baru – baru ini dikabarkan akan segera memperkenalkan produk terbaru mereka yang adalah Suzuki Swift generasi terbaru. Melansir dari laman lokal Vietnam, Zing, Untuk unit All New Suzuki Swift di Vietnam terlihat lebih mirip dengan versi Thailand, namun dengan beberapa ubahan tentunya. Contohnya, bagian bumper depan dari All New Suzuki Swift versi Vietnam memang secara bentuk sama dengan versi Thailand, namun untuk pewarnaan bumpernya berbeda. Warna hitam di bagian housing lampu kabut yang menyambung dari kanan ke kiri agak diperluas ke sisi bawah dan membuat bentuk yang lebih cakep dari versi Thailand. Sedangkan dari sisi samping, velg yang digunakan oleh All New Suzuki Swift versi Vietnam juga terlihat cakep dengan laburan warna dual tone walaupun sedikit mengingatkan kami pada velg milik Honda Brio RS.

Nah, mungkin kalian sudah bosan dengan bahasan yang itu – itu melulu mengenai All New Suzuki Swift, oleh karenanya kami tak akan membahas lebih detail mengenai eksterior maupun interior All New Suzuki Swift versi Vietnam ini, karena intinya masih sama saja dengan versi Thailand. Untuk mesin, All New Suzuki Swift akan menggunakan mesin 1.200cc bertenaga 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 108 Nm pada 4.400 rpm yang dihubungkan dengan transmisi otomatis model CVT. Mirip versi mana? Yap, mirip versi Thai Eco Car di Thailand. Nah, yang menarik adalah harganya, karena All New Suzuki Swift diprediksi akan dijual dengan harga yang nampaknya tak akan jauh berbeda dengan versi Thailand yang ada di angka 233 jutaan hingga 293 jutaan RUpiah. Tinggi ya untuk sebuah mobil 1.200cc, dan inilah nampaknya yang menjadi alasan pihak SIS harus putar otak jikalau ingin menghadirkan All New Suzuki Swift di Indonesia.

Menurut pendapat kami, nampaknya pihak SIS ingin menjaga konsistensi mereka untuk menawarkan small hatchback dengan harga yang paling bersaing dan untuk itulah hadir Suzuki Baleno di tanah air. Kalahnya Indonesia dengan Vietnam sendiri dalam hal peluncuran All New Suzuki Swift sebenarnya masih wajar karena di Vietnam tak dijual Suzuki Baleno hatchback, sedangkan di Thailand All New Suzuki Swift masuk dalam program mobil ramah lingkungan. Lalu, kalau di Indonesia? Apakah konsumen akan lebih memilih All New Suzuki Swift dibandingkan Suzuki Baleno jikalau All New Suzuki Swift dijual dengan harga lebih mahal? Mungkin iya untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi yang lebih oke, namun tidak untuk mereka yang mencari fungsionalitas dari sebuah mobil. Kasarnya, daripada membeli All New Suzuki Swift yang lebih mahal dan sedikit lebih kecil dimensinya, mending beli Suzuki Baleno walaupun desainnya ya begitu.

Baca Juga : All New Suzuki Swift Rilis di Thailand, Mesin 1.2L Pakai CVT

Nah, kami sendiri agak sangsi jika pihak SIS ingin menghadirkan sosok All New Suzuki Swift di tanah air, setidaknya untuk versi standarnya karena jelas akan bentrok dengan saudara kandungnya sendiri. Namun nampaknya akan beda ceritanya jikalau pihak SIS membawa All New Suzuki Swift Sport ataupun All New Suzuki Swift Hybrid jikalau peraturan LCEV sudah jelas nantinya. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: