Suzuki Siapkan GSX-R 250 Penantang CBR250RR

Suzuki Siapkan GSX-R 250 Penantang CBR250RR
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu foto spyshot di China sudah pernah mengungkapkan sosok sebuah motor sport berfairing yang diklaim sebagai Suzuki GSX-R 250 yang disinyalir akan jadi jagoan Suzuki di kelas motor sport fairing 250 cc (atau mungkin 300 cc di negara tertentu). Namun belakangan ini gambar-gambar paten desain motor seperempat liter tersebut muncul lagi di dunia maya. Hal ini sebagai penanda bahwa Suzuki tidak akan tinggal diam melihat rivalnya yang sudah lebih dahulu mengeluarkan motor sport fairing 250 cc.

Adalah Australian Motorcycle News yang mengetahui keberadaan gambar paten ini dan menyebarkannya. Bentuknya masih mirip dengan versi yang tertangkap kamera mata-mata di sebuah pabrik Haojue di Changzhou, China. Kompetisi motor sport kini luar biasa ketat, apalagi sampai detik ini kehebohan tentang Honda CBR250RR yang masih hangat dari oven PT Astra Honda Motor belum jadi topik yang basi di beberapa perbincangan.

motor 250 cc suzuki gsx-r 250

Mengetahui hal itu, Suzuki tidak mungkin mengandalkan mesin 250 cc silinder tunggal. Untuk itu, Suzuki GSX-R 250 2017 akan memakai mesin yang sudah lumayan dikenal juga, yakni mesin milik Suzuki Inazuma. Lebih tepatnya mesin 248 cc inline twin dengan pendingin cairan dan dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan manual. Di Inazuma, mesin ini menghasilkan tenaga 24 hp dan torsi 22 Nm.

Namun untuk GSX-R 250 ini, Suzuki sepertinya harus lebih menaikkan tenaga dan torsinya lagi dari standar mesin Inazuma. Mesin Inazuma adalah mesin yang disetel untuk keperluan touring, dan memang Inazuma sendiri tergolong nikmat untuk perjalanan jarak jauh. Jika Suzuki GSX-R 250 tetap dengan tenaga 24 hp dan 22 Nm, bisa jadi bulan-bulanan bagi Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250R FI dan Yamaha R25.

paten suzuki gsx-r 250 belakang

Lalu bagaimana dengan Suzuki Motor Indonesia yang sudah lama kurang begitu terdengar gaungnya? Untuk yang satu ini, kebetulan AutonetMagz pernah berbincang dengan internal Suzuki Motor Indonesia, bahwa saat ini mereka sedang sibuk mempersiapkan motor baru berjenis sport, namun ketika di telisik lebih dalam mereka belum mau membocorkan apakah akan lebih dahulu mengeluarkan motor 150 cc atau 250 cc.

Karena kebetulan di kedua kelas tersebut, saat ini peminat dan persaingannya sedang ramai. Namun di akhir pembicaraan, motor yang masih menjadi rahasia ini, jika tidak meleset dari jadwal akan segera diluncurkan di awal tahun 2017. Hmm,…apakah Gixxer 150 cc atau langsung GSX-R 250?

Read Prev:
Read Next: