Suzuki S-Cross Meluncur di Indonesia Sebelum Lebaran, Yang Bener?

by  in Suzuki
Suzuki S-Cross Meluncur di Indonesia Sebelum Lebaran, Yang Bener?
0  komentar
Wallpaper-Suzuki-SX4-S-Cross

Jakarta, AutonetMagz – Ada kabar menarik mengenai Suzuki setelah lama tidak terdengar di pasar otomotif nasional. Jadi gini, beberapa media online nasional sedang marak membicarakan Suzuki S-Cross yang katanya akan diluncurkan di Indonesia, oleh karena itu kami juga cari tahu lebih lanjut tentang jadwal peluncuran mobil ini.

Begini, Suzuki S-Cross atau yang dikenal sebagai Suzuki SX-4 di beberapa negara ini sebenarnya sudah lama diperlihatkan ke publik Indonesia di IIMS 2014 silam, dan responnya lumayan bagus meskipun tampangnya kurang. Tetapi sayangnya mobil ini hingga saat ini masih sebatas rumor akan masuk, Suzuki memilih sibuk menjual Celerio yang menurut Suzuki lebih potensial dibandingkan dengan S-Cross.

Rumor akan masuknya Suzuki S-Cross di Indonesia ini dimulai dari pernyataan Bapak Davy J Tuilan selaku Wakil Direktu PT SIS kepada beberapa media online seperti Kompas Otomotif dan Otonity. Menurutnya, S-Cross akan diluncurkan dalam waktu dekat, dan menurut sumber dalam Otonity, Suzuki sudah melakukan training kepada para teknisi dan dealer mengenai S-Cross. Hmm… menarik.

Interior-Suzuki-SX4-S-Cross

Tapi bukan disitu yang menurut kami menarik, jujur saja kami tidak begitu berminat dengan Suzuki S-Cross, kami hanya penasaran dengan spesifikasi Suzuki S-Cross yang akan hadir di Indonesia, pasalnya mobil ini cukup rumit untuk masuk Indonesia. Suzuki S-Cross ini tidak dirakit di Thailand, sehingga ada 3 opsi bagi Suzuki dalam mendatangkan S-Cross ke Indonesia. Impor langsung dari Jepang, Impor dari India atau CKD di Indonesia.

Opsi pertama ialah impor langsung dari Jepang. Hmm… Opsi ini menurut kami cukup beresiko, karena di Jepang mobil ini hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin 1.600 cc yang digunakan oleh Suzuki Swift, sehingga jika masuk ke Indonesia harganya tentu akan mahal sekali karena masalah pajak dan impor. Di Australia, Suzuki Australia melakukan hal tersebut dan hanya tersedia dalam opsi mesin 1.600 cc saja.

suzuki-s-cross-asean-ncap

Opsi kedua adalah mendatangkan langsung dari India. Opsi ini merupakan opsi paling memungkinkan mengingat mobil ini juga dirakit oleh Maruti Suzuki di India. Tapi sayang seribu sayang, di India mobil ini hanya tersedia dalam mesin diesel saja. Mulai dari mesin diesel 1.300 cc bertenaga 90 Ps dan torsi 200 Nm, kemudian mesin 1.600 cc bertenaga 120 Ps dan torsi 320 Nm. Wow banget sih mesinnya, tapi apa iya Suzuki mau jualan mobil diesel di Indonesia? Udah gitu cuma tersedia transmisi manual lagi! Suzuki Ertiga diesel saja tidak muncul-muncul batang hidungnya di Indonesia.

Opsi ketiga adalah merakit Suzuki S-Cross di Indonesia. Ini adalah opsi yang cukup nekat sebenarnya sih meskipun bisa memasukan mobil ini dengan mesin Ertiga dan Swift, tapi ada pertanyaan simpel jika Suzuki berencana untuk merakit S-Cross di Indonesia, “Memangnya mau jual berapa banyak sih?”. Yup, untuk melakukan perakitan unit lokal memang tidak murah dan mudah, diperlukan volume penjualan yang banyak agar investasi pembuatan mobil ini bisa kembali. Apa iya target penjualan S-Cross besar sekali sehingga mobil ini harus dilokalisasikan?

Suzuki S Cross SX4 Facelift 2016

Baca juga : Belum Masuk Indonesia, Suzuki S-Cross 2016 Facelift Dapat Mesin Turbo!

Nah, dari ketiga opsi diatas, sebenarnya paling memungkinkan ya mendatangkan unit impor langsung dari India dengan mesin diesel 1.300 cc manual. Dan sebenarnya Maruti Suzuki India juga nggak sulit untuk membuat beberapa unit S-Cross bensin dengan mesin Ertiga, soalnya mesin 1.400 cc bensin milik Ertiga juga tersedia untuk pasar India. Gimana? Kalau kami sih tetap ya seperti paragraf sebelumnya, masih nggak tertarik, secara sudah dari tahun 2014 gitu loh. bahkan bocoran faceliftnya saja sudah beredar dari kapan tahu, mesinnya bakalan pake turbo lagi!

So, kalau kamu punya pendapat atau informasi lebih lengkap tentang S-Cross ini, jangan sungkan untuk memberi komentar di bawah. Yuk diskusi yang sehat!

Read Prev:
Read Next:
  • rizki

    setuju impor Indiahe pake mesin Ertilu, nanti kalo dah sukses baru dah dirakit lokal

    • Indra

      Kalau mau cepet memang CBU India, secara di India sendiri si S-Cross ga begitu laku, nah biar tetep balik modal bisa tuh ekspor kesini, tinggal mesin diganti sm transmisi AT.

  • Levi

    Itu yg mesin 1.600 diesel power 120hp torsi 320 NM apa nggak salah ya ? Kok mendekati torsinya Innopah ? ?

  • gaps

    Bang Ridwan,mesin 1600cc S-Cross beneran torsinya sebesar itu? Gede amattt
    Btw..mending masukin Vitara non-Brezza aja..nanggung kalo S-Cross. Cm akibatnya ya generasi SX-4 udah ga ada penerusnya. Kalo gue pribadi mending yg versi ini sih modelnya dr S-Cross facelift,kecuali mesinnya. Hehe

  • Ugyz

    Jimny nya mannaaaa….?

    • farhan

      yang ini gan

  • Adamgus

    Ga menarik ah s-cross. Udah telat kalo mau masuk.

    Mending Ignis sama Vitara kemana-mana modelnya lebih menarik.

    • Indra

      Rumornya ignis mau masuk sini, tapi dari India sendiri katanya baru akhir tahuan

  • Indra

    Kalo ga salah sx4 S Cross versi Jepang itu impor di Hungaria ya, yg lg dites di ASEAN NCAP itu impor Hungaria.

    • Di website australia katanya dari jepang, yang vitara baru dari hungaria…

  • Indra

    Jadi rumor mobil Suzuki yg bakal datang ke Indonesia tahun ini : Ertiga Diesel, Ignis, S-Cross/SX4, Jimny, dan Karimun Wagon R Crossover.

    • farhan

      sama jangan lupa vitara brezza gan

  • Indra

    SX4 S-Cross harganya Rp 250 jutaan, bakal dilaunching Agustus (GIIAS 2016?)

  • jangkrik

    udah keburu basi blum sebentar lagi mobil ini mau di facelift

  • ryo

    kalo suzuki mau ikutan main di pasar crossover/mini suv mending masukin vitara aja atau sejelek2nya vitara brezza deh daripada ini mobil. Basi dan kurang menarik gitu

  • Davenjo

    mending suzuki indonesia fokus untuk datangkan atau ckd-kan vitara (bukan grand vitara) untuk saingi HRV dan juke. menurut reviewer luar, harga scross dan vitara sama. jadi kalau harga sama saya pribadi lebih pilih vitara karena lebih cocok untuk medan jalanan indo yang notabene masih banyak rusak dan berlubang, lagian dari tampilan, menurut saya masih lebih gagah vitara daripada scross.

    • Indra

      Jujur S Cross itu bentuknya hatchback yg ditinggikan, kurang terasa sprti SUV, mirip2 lah dgn Livina X Gear. Kalau Vitara walau udah downgrade ke kelasnya HR-V, tapi kesan gagahnya lumayan, lagipula fitur Vitara dan S Cross itu sebelas duabelas kok..

    • unzur

      aha! sejuta.. new vitara (nooo brezza) tampang lebih kaku dan macho, bikin segmen ini makina variatif dan pilihan yang menarik! ayo datangkan saja si vitara ini hai suzuki!

  • adhie

    FYI: Suzuki malaysia malam memgimpor secara utuh S-Cross dari hungary langsung.. so fitur dan kelengkapan ga diragukan lg.. termasuk mesin turbo nya jg masuk.. indonesia mungkin gak ya berani impor dr negara kelahirannya lsg hehehe..

    • Indra

      Sekarang Suzuki Malaysia sudah tutup diganti oleh Proton, penggantinya adalah Ertiga yg direbadge pake logo Proton.

    • Malaysia udah nggak ada suzuki….

      • Indra

        Suzuki disana itu sprti Chevrolet, jualannya sedikit makanya setelah perjanjian dgn Proton makanya seluruh dealer dan bengkel Suzuki ganti baju jd Proton dan Suzuki Malaysia resmi tutup.

      • whoah suzuki malaysia tidak ada taringnya ya disana~

  • putra.sempu

    semoga yang masuk indo vitara, kalo s-cross mah kurang gimana gitu designnya,

  • RF48

    Sx4 scross gadiproduksi dijepang, tp di hungary

  • panameraboy

    mobil ini bagus, ga jelek. tapi rival2nya lebih menarik, jadi kalo mau dikasih nilai, S-cross ini cukup dapet nilai KKM aja lah ya

  • bukansales

    Ni mobil kasusnya sama kek chevy trax… masuknya telat wkwk

  • M.U.Fathurrohman

    Dari jepang aja pake m16a

  • haikal fahmi almaidani

    S-Cross sebenarnya desainnya lumayan, walaupun tidak sampai membuat org berkata “wah” pada mobil ini.

  • Always35

    sayang udah rada agak basi modelnya, kalopun pengen masuk sini juga benerin aja grile depannya biar kesan gaharnya keluar, kalo yg ini cenderung kalem kwkwkw

  • farid

    S-cross masuk sini mending gak usah dulu,dah basi,mending tunggu faceliftnya dulu biar ada peningkatan,daripada S-cross mending suzuki masukin vitara(bukan vitara brezza),ignis dan vitara brezza secara model tersebut masih segar

  • farid

    Opsi keempat adalah mengimpor utuh S-cross dari hungaria,karena build quality mobil rakitan eropa sangat bagus jadi boleh saja suzuki indonesia impor CBU dari sana,juga lebih bagus kalau fiturnya gak banyak sunatan.masalahnya kalau impor CBU dari hungaria pajak dan biaya lain yg dikenakan makin besar ditambah proses distribusi yg makin lama,apalagi secara geografis hungaria adalah negara terjepit di eropa dan tidak punya wilayah laut,jadi proses pengiriman mobil lewat truk atau kereta api ke pelabuhan ditujukan kenegara lain untuk ekspor lewat laut,bayangin kalau demand pasar di indonesia makin besar pasti indennya tunggu berbulan sampai stoknya cukup

  • Iman Argiono

    Min, grillnya s-cros ga bisa di ganti ya? Memble pisan euy kurang gahar?

  • DJA

    Telat suzuki! Kemana aja… Niat jualan ga sih???