Suzuki Masih Galau Untuk Menghadirkan Suzuki Vitara Brezza

Suzuki Masih Galau Untuk Menghadirkan Suzuki Vitara Brezza
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu kita sempat mendengarkan bahwa pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin menjadikan Indonesia menjadi pasar Suzuki yang besar, di bawah India. Dan salah satu langkah mereka untuk menjadikan pasar Indonesia menjadi pasar Suzuki yang besar, maka perlu lini produk yang juga mendukung. Solusinya jelas, bawa masuk produk – produk andalan Suzuki ke Indonesia.

Dan salah satu dari produk tersebut adalah Suzuki Vitara Brezza, sebuah sub compact SUV yang akan tepat jika masuk ke Indonesia dan berhadapan dengan Honda HR-V 1.5, Nissan Juke, dan Chevrolet Trax. Suzuki Vitara Brezza sendiri merupakan produk yang cukup diminati di India, dan melihat tren pasar yang kini menyukai mobil yang gagah dan tangguh seperti SUV, maka peluang untuk memasarkan Suzuki Vitara Brezza di Indonesia sebenarnya cukup terbuka. Namun pihak SIS nampaknya masih menimbang – nimbang keputusan memasukkan Suzuki Vitara Brezza ke Indonesia.

Yap, pihak SIS nampaknya masih galau dengan respon pasar Indonesia jika nantinya Suzuki Vitara Brezza dimasukkan. Hal ini ditengarai dari perolehan penjualan SUV mereka, yaitu Suzuki Grand Vitara yang kian hari kian menurun. Sempat membukukan 303 unit per tahun di 2014, jumlah tersebut langsung drop di tahun 2015 yang hanya membukukan 126 unit, lalu di tahun 2016 hanya 76 unit, dan sepanjang tahun ini baru 66 unit saja. Belum lagi peluang Suzuki Vitara Brezza untuk kanibal pada pasar sang saudara, yaitu Suzuki SX-4 S-Cross. Yap, kedua mobil ini masuk di segmen yang sama di Indonesia.

Namun memang bukan berarti Suzuki Vitara Brezza tak punya kans untuk bersaing. Suzuki Vitara Brezza punya salah satu keunggulan yaitu mesinnya. Yap, mesin yang digunakan oleh Suzuki Vitara Brezza adalah mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Suzuki Ertiga Diesel, jadi mobil ini adalah mobil diesel. Selain itu, permainan warna yang catchy macam Suzuki Ignis dengan tampilan yang ‘lebih SUV’ dibandingkan dengan Suzuki SX4 S-Cross tentunya lebih membuat mobil ini terlihat gagah dan berkarakter jika dibandingkan dengan Suzuki SX-4 S-Cross.

Mengutip dari lama otomotif Kompas,  R. Uchiki, GM Strategic Planning Department SIS mengatakan bahwa pihaknya belum memutuskan perkara kehadiran mobil ini, namun studi terus berlanjut mengenai kemungkinannya. Tentunya kita berharap supaya Suzuki tak lagi kehilangan momen dengan terlambat menghadirkan SUV kompak seperti Suzuki Vitara Brezza, apalagi jika mengingat umur dari Suzuki Grand Vitara, SUV 2.400cc itu sudah selayaknya dipensiunkan. Bagaimana kelau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: