Digempur Rival Baru, Suzuki Siapkan Ertiga Baru di 2018

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Digempur Rival Baru, Suzuki Siapkan Ertiga Baru di 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun ini sepertinya menjadi tahunnya kelas LMPV di Indonesia, bukan sekedar hadirnya varian – varian baru dan facelift di kelas ini, namun munculnya rival baru pun juga mewarnai perjalanan kelas LMPV di 2017. Mari kita urutkan saja, di awal tahun Honda dan Suzuki sudah menggebrak dengan varian Honda Mobilio Facelift dan Suzuki Ertiga Diesel, lalu di pertengahan tahun muncul Wuling Confero dan Confero S, yang disusul dengan Mitsubishi Xpander.

Memang masih ada saja pabrikan yang cukup stagnan seperti Toyota, Daihatsu, dan Nissan yang masih mengandalkan muka lama, padahal dari data wholesales Gaikindo untuk semester pertama 2017, tercatat hanya Suzuki Ertiga yang penjualannya bertumbuh sebanyak 0,6% dibandingkan dengan tahun lalu. Sisanya cenderung turun dan yang penurunannya paling besar dalah Daihatsu Xenia dengan minus 21,26% dan Toyota Avanza dengan minus 6,85%. Dengan menjadi satu – satunya yang pertumbuhannya positif, ternyata tak membuat Suzuki Ertiga merasa aman, terlebih dengan ancaman dari Mitsubishi Xpander dan Wuling Confer0 S.

Dikutip dari laman otomotif Otomania, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W, Donny Saputra mengatakan bahwa pihak SIS tak terlalu khawatir dengan gempuran yang datang dari para pesaing, baik lama maupun baru karena Suzuki Ertiga diklaim berada di rentang harga yang paling tepat untuk dapat bersaing. Namun hal tersebut setidaknya memberikan rasa tenang untuk sesaat, karena nyatanya pihak SIS sendiri tak tinggal diam, dan sedang mempersiapkan All New Suzuki Ertiga. All New Suzuki Ertiga sendiri dijadwalkan untuk diperkenalkan pada semester pertama tahun 2018 mendatang.

Ya, dengan kondisi Suzuki Swift yang sudah berganti model secara global, maka mobil – mobil yang menggunakan basis yang sama dengan hatchback milik Suzuki tersebut juga memungkinkan untuk ikut berganti model. Dan Suzuki Ertiga generasi terbaru sendiri sedang dalam proses pengembangan saat ini, baik di Indonesia maupun di negeri asal merknya, Jepang. Tentunya kehadiran All New Suzuki Ertiga nanti akan menambah semarak persaingan di kelas LMPV yang memang dikenal cukup buas. Para pemain yang sudah berusia senja seperti duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun harus mawas diri dan mulai berbenah, pun begitu dengan Nissan Grand Livina yang sudah 10 tahun usianya.

Kehadiran produk – produk baru seperti ini memang cukup membantu pertumbuhan kelas LMPV di Indonesia yang pada semester pertama 2017 kemarin mengalami penurunan sebanyak 8,29 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2016. Bagaimana menurut kalian dengan respon dari Suzuki Ertiga ini? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar ya, jangan berkelahi lagi, dosa.

Read Prev:
Read Next: