India Punya XL6, Indonesia Ada Ertiga Suzuki Sport : Ini Bedanya!

by  in Mobil Baru
India Punya XL6, Indonesia Ada Ertiga Suzuki Sport : Ini Bedanya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sosok Maruti Suzuki XL6 telah diperkenalkan secara resmi di India beberapa waktu silam. Dan mobil ini menjadi varian ‘termahal’ dari Suzuki Ertiga, walaupun secara umum produk ini tidak menggunakan nama ‘Ertiga’. Nah, beberapa bulan sebelum Suzuki XL6 diperkenalkan, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga telah memperkenalkan varian terbaru sekaligus termahal dari Suzuki Ertiga, yaitu varian Suzuki Sport.

Kedua mobil ini mengusung konsep yang sangat jauh berbeda, namun menggunakan basis yang sama, yaitu All New Suzuki Ertiga. Lantas, sebagai versi termahal dari Suzuki Ertiga, apa saja perbedaan dan nilai positif dari masing – masing produk ini yang tidak dimiliki satu sama lain? Mari kita bahas sisi per sisi dari kedua produk ini.

Eksterior

Nah, bagian ini jelas berbeda antara Suzuki XL6 dan Suzuki Ertiga Suzuki Sport. Hanya saja, sebenarnya jika diperhatiakan secara menyeluruh, keduanya hanya dibedakan dari ornamen yang digunakan. Maruti XL6 dengan konsep crossover menyajikan tampilan yang kekar dengan penggunaan add on body di sekeliling bodynya, lalu skid plate silver dan juga ornamen senada di bumper belakang. Untuk Suzuki Ertiga Suzuki Sport sendiri mendapatkan body kit di seluruh bodynya, termasuk rear spoiler baru yang ukurannya cukup besar.

Untuk lampu, di sisi depan Suzuki XL6 menggunakan lampu berbentuk baru dengan teknologi LED model reflector. Sedangkan Suzuki Ertiga Suzuki Sport masih menggunakan lampu halogen dengan model proyektor. Untuk lampu kabut, walau sama – sama menggunakan model lampu bulat, hanya saja di Suzuki XL6 sudah menggunakan LED. Sedangkan untuk velg, Suzuki Ertiga Suzuki Sport lebih unggul dengan velg baru yang lebih fresh dan sudah dilabur dual tone. Sedangkan Suzuki XL6 menggunakan velg Suzuki Ertiga lawas yang dibalut warna hitam.

Untuk lampu belakang, baik Suzuki XL6 maupun Suzuki Ertiga Suzuki Sport masih menggunakan lampu yang sama dengan Suzuki Ertiga biasa. Untuk Suzuki XL6 mendapatkan tambahan berupa roof rail dan spion yang dilabur warna hitam. Sedangkan Suzuki Ertiga Suzuki Sport memiliki LED DRL yang lebih atraktif karena dibuat melengkung mengikuti bentuk bumper depannya. Sisanya, kedua mobil ini sama persis.

Interior

Setelah melihat eksterior, maka kita beranjak ke interior dari kedua mobil ini. Sebenarnya, interior dari Suzuki XL6 dan Suzuki Ertiga Suzuki Sport bisa dibilang identik. Perbedaan yang kentara pada interior kedua mobil ini ada pada penggunaan bahan dan juga kursi di bangku baris kedua. Kedua mobil ini kompak menggunakan interior bernuansa gelap, hanya saja ornamen kayu di dashboard dan doortrim-nya berbeda. Jika Suzuki Ertiga Suzuki Sport menggunakan ornamen kayu berwarna coklat, maka Suzuki XL6 menggunakan perpaduan corak kayu hitam dengan lis silver. Hmmm, harusnya kebalik ya?

Selain itu, jika kursi dan doortrim di Suzuki Ertiga Suzuki Sport masih dibalut bahan fabric, maka di Suzuki XL6 sudah berlapis kulit sintetis. Setir keduanya sama, namun untuk Suzuki Ertiga Suzuki Sport mendapatkan ornamen corak kayu yang senada di dashboard, sedangkan di Suzuki XL6 mendapatkan ornamen berwarna silver. Kontroler AC dan tuas persneling sama saja, pun begitu dengan kisi AC-nya. Untuk head unit, Suzuki Ertiga Suzuki Sport kalah dari Suzuki XL6, karena sistem infotainment di Suzuki XL6 sudah mendukung konetivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu, bentuk head unit di Suzuki XL6 juga lebih enak dipandang.

Untuk panel instrumen juga berbeda, dimana Suzuki Ertiga Suzuki Sport memiliki iluminasi warna putih, sedangkan Suzuki XL6 berwarna kebiruan. Pindah ke bangku baris kedua, Suzuki Ertiga Suzuki Sport masih menggunakan kursi model biasa yang mengakomodir 3 orang penumpang, walau tanpa headrest untuk sisi tengah. Sedangkan Suzuki XL6 menggunakan kursi model captain seat, yang kalau diperhatikan konturnya mirip dengan kursi baris depannya. Oiya, kursi captain seat-nya juga terbilang proper karena sudah disertai dengan arm rest di sisi tengahnya. Secara umum, kalau bicara urusan ‘kemewahan’, Suzuki Ertiga Suzuki Sport masih harus mengalah dari Suzuki XL6.

Mesin, Dan Transmisi

Kedua mobil ini masih sama – sama menggunakan mesin K15B dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan juga otomatis 4 percepatan. Hanya saja, untuk Suzuki XL6 mendapatkan tambahan sistem mild hybrid ala Suzuki yang kita kenal dengan nama SHVS. SHVS akan membantu kinerja dari mesin saat dibutuhkan. Jadi, secara umum Suzuki XL6 lebih unggul dalam hal spesifikasi mesin.

Fitur

Nah, bagian ini juga menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Suzuki Ertiga Suzuki Sport sebagai varian termahal dari Suzuki Ertiga di Indonesia sudah dibekali dengan beberapa fitur kekinian. Sebut saja AC digital, keyless entry dengan push start stop button, ABS, EBD, ESC, HSA, sensor parkir, rear defogger dan juga dual airbag. Bagaimana dengan Suzuki XL6? Jagoan baru Maruti Suzuki ini juga memiliki fitur tersebut. Malahan, ada beberapa tambahan fitur di Suzuki XL6 yang tidak dimiliki oleh Suzuki Ertiga Suzuki Sport.

Pertama, ada fitur cruise control di mobil ini yang bisa diakses dari tombol di sisi kanan setir. Lalu ada juga auto foldable mirror. Selain itu masih ada fitur auto lamp dengan tambahan fitur follow me home. Lampu utama dari Suzuki XL6 juga sudah LED, pun begitu dengan lampu kabutnya.

Harga

Nah, kita beralih ke sektor harga. Walaupun kita tidak bisa membandingkan secara apple to apple antara Suzuki XL6 di India dan Suzuki Ertiga Suzuki Sport di Indonesia, namun kita bisa melihat sedikit gambaran mengenai banderol dari keduanya. Suzuki Ertiga Suzuki Sport dijual dalam dua opsi, yaitu manual dengan harga 241 juta Rupiah OTR Jakarta dan 251,5 juta Rupiah OTR Jakarta. Sedangkan Suzuki XL6 memiliki 4 varian. Yang pertama adalah varian Zeta yang dijual dalam opsi transmisi manual dengan harga 979.689 Rupee (198 jutaan Rupiah) dan otomatis dengan harga 1.089.689 Rupee (215,5 jutaan Rupiah).

Nah, untuk trim kedua adalah trim Alpha dengan opsi transmisi manual seharga 1.036.189 Rupee (205 jutaan Rupiah) dan opsi transmisi otomatis dengan harga 1.146.189 Rupee (227 jutaan Rupiah). Nah, jikalau dibandingkan dengan varian Suzuki Ertiga di bawahnya, Suzuki Ertiga Suzuki Sport lebih mahal 11,5 jutaan Rupiah. Sedangkan untuk Suzuki XL6 memiliki selisih harga sebanyak 16 hingga 18 jutaan Rupiah antara varian Suzuki Ertiga ZXi SHVS dengan Suzuki XL6 Zeta.

Kesimpulan

Jadi, secara umum baik Suzuki Ertiga Suzuki Sport maupun Suzuki XL6 memiliki kelebihan satu sama lain yang memang ditujukan untuk konsep dan tema yang diusungnya. Di sisi fitur dan mesin, Suzuki Ertiga Suzuki Sport memang harus mengakui keunggulan dari Suzuki XL6. Namun secara umum, memang ada perbedaan harga lebih besar di Suzuki XL6 jikalau dibandingkan dengan harga jual Suzuki Ertiga tipe tertinggi di India. Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian lebih suka Suzuki Ertiga Suzuki Sport atau Suzuki XL6? Atau kalian berharap keduanya dijual di Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: