Suzuki Jimny 5 Pintu Diprediksi Hadir Akhir 2021 atau Awal 2022

Suzuki Jimny 5 Pintu Diprediksi Hadir Akhir 2021 atau Awal 2022
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak generasi terbaru dari Suzuki Jimny diperkenalkan beberapa tahun lalu, ide mengenai Suzuki Jimny versi LWB selalu saja menjadi topik yang menarik. Bagaimana tidak, sosok Suzuki Jimny versi terbaru memang cukup eye catching dan sekilas mirip versi mini dari G-Class. Tentunya varian LWB akan menjadikan Suzuki Jimny menjadi lebih menarik. Siapa diantara kalian yang menantikan sosok Suzuki Jimny dengan 5 pintu alias versi LWB? Nah, ada sebuah kabar baik yang akan kami bahas kali ini. Kabarnya, Suzuki Jimny versi LWB akan hadir di penghujung 2021 atau di awal 2022 mendatang. Namun, mobil ini tidak akan menggunakan nama Suzuki Jimny. Yuk kita bahas.

Hadir Akhir 2021 atau Awal 2022

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, Suzuki Jimny versi 5 pintu kabarnya akan menyapa publik India di akhir tahun ini ataupun awal tahun depan. Versi panjang dari Suzuki Jimny ini akan menggunakan nama Maruti Gypsy, sebuah nama legendaris di India yang memang sedari awal merujuk pada unit Suzuki Jimny di masa lalu. Walaupun kabarnya Maruti Gypsy akan diperkenalkan di akhir tahun ini atau awal tahun depan, namun pihak Suzuki nampaknya baru akan memasarkan secara resmi Maruti Gypsy pada pertengahan tahun 2022 mendatang. Sedikit flashback, sosok Suzuki Jimny 5 pintu sudah menampakkan diri dengan balutan kamuflase beberapa waktu lalu. Sosok SUV ini sangat mudah dikenali berkat wajahnya yang ikonik, namun jarak antar roda atau wheelbase yang lebih melar dibandingkan Suzuki Jimny yang kita kenal di Indonesia.

Munculnya unit test dari Suzuki Jimny 5 pintu ini pun langsung menggegerkan publik. Banyak yang berharap pihak Suzuki akan memboyong Suzuki Jimny versi LWB ini ke Tanah Air. Mengacu pada data yang sempat bocor beberapa waktu lalu, Suzuki Jimny 5 pintu akan memiliki panjang 3,850mm. Sebagai catatan, panjang Toyota Raize saja masih di angka 4 meter lebih sedikit. Jadi, walaupun sudah memiliki konfigurasi 5 pintu, namun Suzuki Jimny LWB atau Maruti Gypsy tetap akan terlihat kompak. Untuk lebar dan tinggi dari Suzuki Jimny LWB masih hampir sama dengan versi 3 pintu. Pun begitu dengan ground clearance mobil ini, sama persis dengan Suzuki Jimny yang kita kenal. Untuk wheelbase, Suzuki Jimny 5 pintu memiliki panjang 2.550mm, naik 300mm dibandingkan dengan Suzuki Jimny standar yang ada di angka 2.250mm. Suzuki Jimny LWB sendiri memiliki kode YWD, dan kabarnya sedang berada di tahap final sebelum siap meluncur.

Beda Panjang, Sisanya Sama Saja

Diluar pertambahan dimensi panjang dan jarak sumbu rodanya, nampaknya Suzuki masih akan menyeragamkan spesifikasi di Suzuki Jimny LWB alias Maruti Gypsy dengan Suzuki Jimny SWB yang kita kenal. Sebut saja penggunaan mesin K15B 1.500cc 4 silinder dengan tenaga 105 PS dan torsi 130 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Sistem gerak 4 roda AllGrip Pro khas Suzuki juga tentunya akan ada di mobil ini. Sedangkan fitur keselamatannya antara lain adalah Hill Hold Control, Hill Descent Control, ABS, EBD, dan juga beberapa fitur lainnya. Kami sendiri tak sabar melihat bagaimana adopsi 5 pintu di Suzuki Jimny terbaru ini, termasuk bagaimana Suzuki akan memaksimalkan ruang di bagian dalam mobil ini. Tentunya Suzuki Jimny LWB akan menjadi 5 seater, karena terlalu mustahil untuk menjadikannya 7 seater dengan dimensi panjangnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: