Mazda CX-30 Resmi Diperkenalkan, 2 Varian Mulai 478 Jutaan!

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa bulan terakhir, gosip mengenai hadirnya Mazda CX-30 di pasar Indonesia sudah merebak. Dan benar saja, pada hari ini, Selasa, 28 Januari 2019, pihak Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM dari Mazda di Indonesia telah resmi memperkenalkan sosok Mazda CX-30. Lantas, seperti apa detail spesifikasi dan juga harga jual serta selling value dari coupe SUV yang akan menantang Toyota C-HR ini? Mari kita kupas lebih dalam

Desain Eksterior & Interior

Oke, sebenarnya kami tidak akan mengulang lagi pembahasan mengenai desain eksterior dan interior mobil ini secara komplit, karena kami sempat membahasnya disaat mobil ini meluncur pertama kali di Geneva Motor Show 2019 silam. Di sisi eksterior, Mazda CX-30 tampil dengan bahasa desain terbaru dari Mazda, yaitu Kodo 3.0 dengan lampu depan yang cukup sipit dan ornamen krom berukuran cukup besar yang menyambung ke sisi bawah mobil Di sisi samping, Mazda CX-30 menggunakan velg gunmetal yang dipadukan dengan body cladding berukuran cukup besar yang menambah kesan bold.

Sedangkan di sisi belakang, Mazda CX-30 menggunakan lampu dengan ciri khas CX-Series yaitu lampu LED berbentuk lingkaran yang ditarik ke sisi dalam dengan garis lampu yang tajam. Sedangkan di sisi interior, Mazda CX-30 tampil dengan interior yang mirip dengan saudaranya, Mazda3. Untuk skema warna interior di Mazda CX-30 sendiri ada 2 macam, yaitu perpaduan warna gelap dan biru di varian Touring, serta warna gelap dengan warna coklat untuk varian Grand Touring. Secara desain, tidak ada perbedaan berarti antara Mazda CX-30 versi Jepang dan versi Indonesia.

Fitur,Varian & Harga

Untuk urusan fitur, bisa dibilang Mazda CX-30 tampil sebagai paket komplit. Mazda CX-30 sudah diperlengkapi dengan fitur eksterior seperti lampu LED untuk lampu utama, lampu belakang, dan lampu kabut depan. Spion elektrik dengan lampu sein, auto fold, auto-dimming, dan memory, serta wiper depan dengan rain sensor. Sedangkan di sisi interior, ada beberapa fitur penunjang kenyamanan seperti material kulit, MZD Connect 8,8 inci dengan command control dan 8 buah speaker. Lalu ada juga MID TFT 7 inci, setir kulit dengan pengatur audio dan radar cruise control, Active driving display, Electric parking break (EPB) with auto hold, AC Dual Zone, dan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan.

Untuk Fitur keamanan, Mazda CX-30 sudah dibekali dengan 7 buah airbags dan juga i-ACTIVSENSE ala Mazda. Paket fitur keselamatan aktif tersebut antara lain adalah Adaptive front-lighting system, High-beam control (HBC), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward)(SCBS-F), Smart brake support (SBS) & Forward obstruction warning (FOW), Mazda radar cruise control (MRCC), Driver Attention Alert (DAA). Selain itu, masih ada fitur keselamatan lain seperti ABS, EBD, BA, DSC, TCS, HLA, dan ESS.

Mazda CX-30 sendiri dipasarkan di Indonesia dalam 2 varian, yaitu varian Touring dan Grand Touring, sama seperti saudaranya yang lain. Mazda CX-30 Touring dipatok dengan banderol 478,8 jutaan Rupiah OTR Jakarta. Harga tersebut berlaku untuk seluruh warna, kecuali warna spesial seperti Soul Red Crystal dan Machine Grey. Jika kalian ingin mendapatkan 2 warna spesial itu, perlu menambah 4 juta lagi. Sedangkan, untuk Mazda CX-30 Grand Touring dilepas dengan banderol 518,8 jutaan Rupiah, dan warna spesial di angka 522,8 jutaan Rupiah. Mazda CX-30 mengisi slot antara Mazda CX-3 dan Mazda CX-5 di Indonesia.

Spesifikasi Mesin

Nah, Mazda CX-30 sendiri sebenarnya memiliki beberapa tipe mesin di pasar global, mulai dari mesin 2.000cc SkyActiv-X yang fenomenal itu, lalu 1.800cc SkyActiv-D, 2.500cc SkyActiv-G, dan juga 2.000cc SkyActiv-G. Untuk pasar Indonesia, Mazda CX-30 diperlengkapi dengan mesin 2.000cc SkyActiv-G sama seperti sang adik, Mazda CX-3. Secara tenaga, mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal di angka 155 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimalnya ada di angka 200 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan SkyActiv-Drive dan menyalurkan tenaga ke dua roda depan.

Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Mazda CX-30 dengan segala yang ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan ekspektasi kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Untuk hasil review first drive nya bisa ditonton di video yang ada di bagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: