Suzuki Ertiga Dipastikan Dapat Mesin Diesel Baru, Di India

Suzuki Ertiga Dipastikan Dapat Mesin Diesel Baru, Di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak tahun lalu, bahkan tahun sebelumnya sudah santer terdengar bahwa pihak Maruti Suzuki selaku APM Suzuki di India ingin melepaskan diri dari ketergantungan akan mesin diesel multijet lansiran Fiat berkubikasi 1.300cc. Yap, mesin tersebut memang menjadi mesin diesel bagi beberapa produk Maruti Suzuki, termasuk Suzuki Ertiga Diesel yang dijual di Indonesia dulu. Nah, kabar terbaru menunjukkan bahwa kini sudah terlihat seperti apa mesin pengganti mesin diesel Fiat tersebut. Dan mesin itu adalah buah karya pihak Suzuki sendiri.

Mengutip dari laman Indian Autos Blog, sebuah dokumen yang berisikan spesifikasi mesin diesel baru untuk Suzuki Ertiga pun bocor. Dalam dokumen tersebut, terlihat bahwa mesin diesel baru tersebut berkode E15A berkubikasi 1.500cc dengan tenaga maksimal 70 kW pada 4.000 rpm. Jika dikomversi ke satuan PS, tenaga dari mesin diesel baru ini mencapai 95 PS. Capaian tenaga itu jelas mengingkat jikalau dibandingkan dengan versi lawas yang menggunakan mesin Diesel Fiat dan hanya bertenaga 89 PS. Untuk torsi, mesin baru ini juga memiliki torsi yang lebih besar, mencapai 225 Nm pada 1.500 hingga 2.500 rpm.

Mesin Diesel lama Ertiga

Nah, mesin E15A Diesel ini sendiri sudah memenuhi standar BS IV alias Bharat Stage IV yang setara dengan Euro4. Dengan standar tersebut, jelas mesin ini secara resmi bisa dijual di Indonesia yang juga menerapkan standar Euro4 untuk mesin diesel impor sejak beberapa waktu lalu. Malahan, jikalau pihak SIS berminat untuk memproduksi sendiri mesin diesel ini, standar yang berlaku di Indonesia masih sebatas Euro2 saja untuk mesin produksi domestik. Namun, ada sedikit perbedaan yang hadir di mesin E15A jikalau dibandingkan dengan mesin D13A Fiat.

Perbedaan ini ada pada tambahan teknologi mild hybrid Suzuki yang kita kenal dengan nama SHVS. Nah, untuk tahun ini, pihak Maruti Suzuki disinyalir akan tetap menjual varian bermesin D13A berbarengan dengan varian mesin E15A BS IV. Kondisi ini akan berlaku hingga akhir tahun 2019, dimana nantinya mesin D13A akan benar – benar dihentikan penjualannya, dan mesin E15A akan langsung menerapkan standar baru BS VI. Sedangkan untuk urusan trim, varian mesin diesel baru ini akan ditawarkan di varian tengah hingga tertinggi saja. Belum ada bocoran mengenai jenis transmisinya.

Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah perlu Suzuki Indonesia nantinya mengimpor ataupun memproduksi lokal mesin E15A untuk Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia?

Read Prev:
Read Next: