Maruti Suzuki Sedang Kembangkan Jimny 5 Pintu

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Maruti Suzuki Sedang Kembangkan Jimny 5 Pintu
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan rumor Suzuki Jimny yang berubah menjadi 5 pintu? Nampaknya varian tersebut bukanlah isapan jempol semata. Sebuah laporan yang kami kutip via AutoCar India menunjukkan bahwa pihak Maruti Suzuki kini tengah berjuang untuk bisa mewujudkan Suzuki Jimny 5 pintu ke dalam jalur produksi. Jikalau berhasil, tentunya Suzuki akan menawarkan Suzuki Jimny dalam 3 varian yang berbeda termasuk Suzuki Jimny Sierra dan Suzuki Jimny kei car.

Jadi, sebenarnya Suzuki Jimny memang masuk dalam radar dari Maruti Suzuki untuk dipasarkan lokal di India. Apalagi, dalam Delhi Auto Expo 2020 yang berlangsung beberapa bulan lalu, pihak Maruti telah memboyong unit Suzuki Jimny. Suzuki Jimny sendiri diproyeksikan menjadi suksesor dari Suzuki Gypsy, sebuah SUV yang dirakit lokal di India dan menggunakan basis dari Suzuki Jimny versi lawas. Sumber mengkonfirmasi ke salah satu informan bahwa Suzuki Jimny memang akan diperkenalkan di India, dan diproduksi di India, namun dengan format 5 pintu.

Jelas, dengan format baru ini, maka Suzuki Jimny versi India akan menjadi LWB alias Long Wheelbase. Dengan menawarkan jarak sumbu roda yang lebih panjang dan jumlah pintu yang lebih banyak, maka Suzuki Jimny akan menjelma menjadi sebuah SUV dengan kapasitas angkut yang lebih memadai dan juga area kabin yang lebih lapang. Walaupun menjadi lebih panjang, namun kabarnya secara speisifikasi Suzuki Jimny versi India masih akan sama dengan Suzuki Jimny yang dijual global, termasuk di Indonesia. Suzuki Jimny akan memanfaatkan mesin K15B bensin dengan rangka ladder frame dan sistem gerak 4 roda.

Walaupun memproduksi Suzuki Jimny 5 pintu, tetapi Maruti Suzuki juga masih akan memproduksi versi 3 pintu. Suzuki Jimny 3 pintu sendiri akan mulai diproduksi di pabrik perakitan Maruti Suzuki di Hansalpur, Gujarat mulai bulan Juni 2020 mendatang dan seluruhnya akan dipersiapkan untuk pasar ekspor. Sedangkan Suzuki Jimny 5 pintu akan diproduksi 6 bulan pasca produksi awal Suzuki Jimny 3 pintu, yang mana artinya versi LWB akan diproduksi di penghujung 2020 ini. Belum jelas apakah Suzuki Jimny LWB akan dijual ke pasar global, namun yang jelas harganya diusahakan ada di bawah 10 lakh (218 jutaan Rupiah).

Bagaimana menurut kalian? Menarik? Yuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: