Supercar Hybrid Ramah Lingkungan Porsche 918 Spyder Sudah Mencapai Unit Produksi Terakhir

Supercar Hybrid Ramah Lingkungan Porsche 918 Spyder Sudah Mencapai Unit Produksi Terakhir
0  komentar
porsche-918-spyder-weissach-package

AutonetMagz.com – Sebelumnya, ada artikel mengenai pelarangan bagi semua merek mobil yang mau menguji waktu tempuh satu putarannya di Nurburgring. Jika peraturan tersebut benar-benar berlaku, maka Porsche 918 Spyder akan menjadi mobil road legal tercepat di sana dengan waktu tempuh 6 menit 57 detik. Nah, bicara soal Porsche 918 Spyder, mobil ini sudah mencapai unit ke-918 alias unit terakhir dan sudah tidak bisa dibeli lagi.

Dibuat untuk menghunus serangan ke McLaren P1 dan Ferrari LaFerrari yang sama-sama berwujud supercar hybrid, Porsche 918 merupakan salah satu yang paling ramah lingkungan dibanding kompetitornya. Emisi gas buangnya jauh lebih rendah daripada Toyota Prius, hanya 72 g/km, lalu ia bisa berjalan hingga 32 km hanya dengan baterainya.

porsche-918-spyder-rear

Bahkan jika diperlukan, Porsche 918 Spyder bisa ngebut hingga 150 km/jam hanya dengan motor listriknya. Konsumsi BBM-nya yang mencapai 30,3 km/liter membuat LCGC harus ngaca kalau masih berani mengklaim irit dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mobil ini. Oh ya, 918 juga hanya satu-satunya supercar hybrid yang atapnya bisa dibuka.

Motor listrik dan baterainya bekerja sama dengan mesin 4.600 cc V8, dan kolaborasi antar keduanya menghasilkan tenaga 887 hp dan torsi torsi 1.275 Nm. Memang tenaganya masih agak kecil dibanding LaFerrari atau McLaren P1 yang 950 hp dan 903 hp, tapi torsinya jauh lebih besar karena torsi kedua pesaingnya masih di angka 900-an Nm. Akselerasi 0-100 km/jam 918 Spyder juga yang tercepat, hanya 2,5 detik.

interior-porsche-918-spyder

Dengan menggunakan penggerak AWD, Porsche 918 Spyder punya mekanismu 4WS (4 Wheel Steering) yang memungkinkan keempat rodanya berbelok, bukan hanya bagian depan saja seperti mobil biasa. Akan tetapi, kehadiran semua komponen itu membuat 918 Spyder jadi yang terberat antara ketiganya, hampir 1,7 ton. Tentu saja LaFerrari dan McLaren P1 yang RWD jauh lebih enteng, berat keduanya masing-masing tak sampai 1,4 ton.

Jika top speed LaFerrari dan McLaren P1 bisa 350 km/jam, Porsche 918 hanya 345 km/jam. Tapi masa bodoh, Porsche 918 sudah membuktikan kemampuannya di Nurburgring dengan catatan waktu 6 menit 57 detik, sementara McLaren tak mau membeberkan catatan waktu P1 dan Ferrari hanya ongkang-ongkang kaki dan menganggap LaFerrari tidak perlu dites di Nurburgring. Berikut ini adalah komparasi teknis antar ketiganya.

porsche-918-vs-mclaren-p1-vs-ferrari-laferrari

Oke, karena Porsche 918 Spyder yang dijual seharga 646.000 Poundsterling (13,6 M Rupiah) sudah selesai dibuat, jadi kalau anda mau membelinya sekarang, sudah terlambat. Lebih baik tabung kembali uang anda, siapa tahu nanti Porsche segera membuat supercar baru yang tak kalah fantastis. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Yuda48

    kalo 4banya ngikut gaya setir, piye kalo mo puter balik?… radiusnya kecik dong…
    btw, bukannya kalo di high speed kalo mo belok harusnya ban belakang ngelawan arah ban depannya biar gak slip <— ada d mobil apa gitu lupa

    • Hillarius Satrio

      honda accord maestro jadul.

    • pescarolo

      Mungkin niru Integral Actove Steering punya BMW 7 series. D kecepatan rendah, ban belakang ngelawan arah ban depan supaya radius putarnya pendek. D kecepatan tinggi, ban belakang ngikutin arah ban depan, supaya ngga melintir.
      Mungkin…

      • Hillarius Satrio

        yah, kurleb begitu sistemnya

      • katsuragi

        4ws ini juga udh diterapin di 911gt3 Rs terbaru

  • andaruu

    masih tercepat Laferrari kan

  • Rafli Santosa

    Memang nih porsche di jual berapa unit di dunia apa 918 unit

    • Hillarius Satrio

      918, sesuai namanya

  • Novrian Eka Poetera

    My dream car…

  • ap88

    nunggu cayman gt4 aja deh,mid engine+transmisi manual,kombinasi yang sempurna performance car