Sukses di Indonesia, Suzuki Siap Ekspor Suzuki Ertiga ke Thailand

Sukses di Indonesia, Suzuki Siap Ekspor Suzuki Ertiga ke Thailand
0  komentar
Suzuki Ertiga Double Blower

Setelah sukses menjual Ertiga di Indonesia, PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) akan mengekspor MPV  7 seater nya ini ke Negeri Gajah Putih. “Kami berencana melakukan ekspor Ertiga ke Thailand”  jelas sumber internal PT. SIS yang enggan disebut namanya itu.

Suzuki mulai memasuki masa keemasan di Februai 2013 dengan mencatatkan angka penjualan sebanyak  14.909 unit (whole sales) dan 13.635 unit (retail sales).

Salah satu pendukung keberhasilan penjualan ini adalah datang dari Ertiga yang laris manis sejak diluncurkan April 2012 lalu. Mobil keluarga ini tercatat berada di peringkat teratas dalam kontribusi terbesar penjualan kendaraan Suzuki yaitu sebesar 6.784 unit atau 45.5 % dari total penjualan.

Terkait dengan rencana ekspor tersebut, beberapa media di Thailand telah melakukan test drive Ertiga. Unit yang digunakan untuk uji coba tersebut adalah Ertiga type GL versi double blower bertransmisi otomatis. Versi ini memang belum dirilis oleh PT. SIS untuk pasar Indonesia. Tapi tidak lama lagi Ertiga versi transmisi otomatis akan diluncurkan, karena pada tanggal 7 Maret lalu, PT. SIS telah mendaftarkan kendaraan dengan kode AV1414F TYPE SDX AT ke Kementerian Perindustrian dan hingga hari ini masih berstatus ‘Proses‘.

Suzuki Ertiga Matic

Suzuki Ertiga yang telah dijual di Indonesia dan yang akan di ekspor ke Thailand tidak berbeda sama sekali alias mempunyai spesifikasi yang sama. Menggunakan mesin bensin berkode K14B, 1,4-liter dengan tenaga 95 hp dan torsi 130 Nm, dengan transmisi otomatis model 4-speed. Yang menarik disini adalah Suzuki Thailand merekomendasikan Ertiga bisa menggunakan bahan bakar E20 (ethanol) yang sudah tersedia di Thailand.

Berhubung belum dirilis secara resmi, harga Ertiga untuk pasar Thailand belum diumumkan, namun Suzuki Thailand berencana meperkenalkan Ertiga di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2013, akhir Maret ini. Waaah,..makin laris manis aja ya dagangan Suzuki yang satu ini. (idbdg)

Read Prev:
Read Next: