GSX-R150 Dongkrak Penjualan Suzuki Indonesia

by  in Berita&Merek Motor&Nasional
GSX-R150 Dongkrak Penjualan Suzuki Indonesia
0  komentar

Autonetmagz.com – Jadi tahun lalu ada sebuah merk asal Jepang yang terpuruk di Indonesia. Nama besar yang pernah disandang seolah tenggelam, dan hanya menyisakan 3 model yang dijual dengan angka penjualan yang tidak besar – besar amat. Jika anda mengikuti info tentang motor, pasti anda tahu merk apa ini. Yes, Suzuki gan. Suzuki di Indonesia tahun lalu seperti hidup segan mati tak mau, hanya memiliki line up yaitu Satria F 150 FI, Address, dan DR200 Trail saja dalam daftar jualnya menempatkan Suzuki menjadi pabrikan Jepang di urutan ke 4 yang berjualan di Indonesia. Bahkan kalah dari Kawasaki yang hanya menjual segmen sport di Tanah air.

Sempat ada beberapa berita jika dealer – dealer Suzuki banyak yang tutup dan beralih menjual merk lain guna menyambung daur hidup usaha mereka. Namun cukup sudah dengan berita sedihnya, toh itu tahun lalu. Tahun ini adalah tahun comeback-nya si pabrikan berlogo S ini. Dimulai dengan perkenalan duet jagoan anyar mereka, GSX-R150 dan GSX-S150 yang dibawa ke IMOS 2016. Publik dikejutkan dengan keberanian Suzuki menjajal kelas 150 cc yang gemuk dan dikenal cukup kejam ini. Bagaimana tidak kejam? Old CB 150 SF saja pernah dibuat keteteran dalam urusan penjualan, padahal brand Honda adalah pemegang marketshare terbesar di Indonesia.

Dan sekali lagi, publik terkejut karena Suzuki berani menjadi pionir bersama dengan Yamaha untuk memperkenalkan fitur keyless ignition pada GSX-R150. Selain itu, penggunaan mesin Satria F 150 FI yang disempurnakan sempat menjadi mesin paling bertenaga di kelasnya, sayang sekarang sedikit kalah dengan Yamaha YZF-R15 155 cc VVA yang baru diperkenalkan Januari lalu. Tapi masalah PWR, mungkin GSX-R150 akan unggul, keren nih kalau nanti keduanya diadu. Seri GSX-S150 pun sudah diperkenalkan bulan lalu, dan sudah memasuki fase produksi dan distribusi. Suzuki pun memberi harga perkenalan yang cukup menggiurkan di angka 23,9 juta untuk versi naked, dan 27,9 juta untuk versi fairing.

Nah, kalau anda update berita otomotif, mungkin anda akan protes, beritanya basi ah, toh sudah terjadi berbulan – bulan lalu. Kali ini kami membawa berita terbaru terkait penjualan GSX-R150. Jadi launching sudah, harga sudah, tinggal hasil penjualannya. Seberapa si Gixxer bisa membantu penjualan PT SIS di Indonesia? Jawabannya bisa dilihat dari marketshare-nya. Marketshare Suzuki di Indonesia hanya berkisar di antara 0,7 – 0,8% saja sebelum GSX-R150 masuk line up. Namun per februari ini, Suzuki berhasil meningkatkan market share menjadi 1,3% yang ditandai dengan 5.094 unit yang sudah terjual. Jumlah tersebut tentu naik dari bulan Januari yang ada di kisaran 3.511 unit saja.

Memang tidak se-wow penjualan kedua raksasa roda dua, Yamaha dan Honda. Namun patut diapresiasi langkah awal divisi roda dua Suzuki Indonesia ini. Nah, ini masih awal, menarik untuk mengamati bulan – bulan berikutnya, ini masih GSX-R150 yang terjual, belum termasuk GSX-S150 yang mulai dipasarkan. Apakah sisa 8 model baru yang dijanjikan PT. SIS bisa memenuhi comeback-nya Suzuki ke belantika roda dua tanah air? We’ll see. Bagaimana tanggapan anda terkait peningkatan penjualan pabrikan logo S ini? Apakah anda salah satu yang baru mendapat unitnya? Sampaikan komentarmu ya, yuk diskusi.

Read Prev:
Read Next: