Subaru WRX dan WRX STI 2018 Menampakkan Sosoknya

Subaru WRX dan WRX STI 2018 Menampakkan Sosoknya
0  komentar

AutonetMagz.com – Cepat sekali Subaru memperkenalkan duet mobil sport baru mereka yang sudah di-facelift. Yang anda lihat sekarang adalah Subaru WRX STI dan WRX facelift Model Year 2018 (MY2018), versi terakhir dari generasi ini. Setelahnya, Subaru akan memakai Subaru Global Platform untuk meracik WRX dan WRX STI baru, direncanakan muncul tahun 2020-an. Jadi, apa yang beda dari WRX dan WRX STI facelift ini?

Banyak yang beda, kecuali mesinnya. Mesin FA20 (WRX) dan EJ25 (WRX STI) yang berkonfigurasi boxer dan memakai turbo tidak diutak-atik oleh Subaru. Artinya, WRX masih dapat 268 hp dan WRX STI dapat 305 hp. Apalagi transmisinya, WRX masih dapat pilihan transmisi manual 6 percepatan atau CVT Sport Lineatronic, sementara WRX STI tetap teguh mempertahankan transmisi manual 6 percepatannya saja, tidak ada transmisi otomatis.

Fokus pada Subaru WRX dan WRX STI ini adalah memperbaiki kenyamanan, kekedapan dan kontrol. Makanya, di versi baru ini, karet-karet pintunya lebih tebal, kacanya juga lebih tebal. Material peredam suara di dekat windshield juga lebih tebal. Head unit 4,3 inci di WRX diganti dengan yang 5,9 inci, dan WRX Limited ditambahkan jok elektrik untuk pengemudi. Khusus untuk WRX Premium, dapat sistem multimedia Subaru StarLink 7 inci.

Urusan penampilan, Subaru WRX dan WRX STI dibuat lebih sangar dengan bumper depan yang menganga, gril agak menyipit dan pelek baru. Di beberapa varian, lampu depan sudah berteknologi LED dengan fungsi adaptif. Untuk Subaru WRX, suspensi depan-belakang sudah disetel ulang, power steering elektriknya sudah direvisi dan feeling persneling manualnya sudha dibuat biar lebih mantap.

Sementara untuk Subaru WRX STI, tidak hanya suspensinya yang mendapat perubahan, namun remnya juga dibuat lebih baik. Rem depan pakai kaliper 6 pison dan belakang 2 piston, semuanya monoblok. Piringan carkamnya juga sudah di-drill alias dilubangi, untuk mempercepat pendinginan. Sistem DCCD (Driver’s Controlled Center Differential) andalan WRX STI sudah dibantu kontrol elektronik supaya responnya lebih halus dan cepat.

Subaru WRX STI baru pun masih menawarkan segala peranti pembantu driver yang banyak, macam VDC dengan multi-mode, active torque vectoring dan pastinya, Symmetrical AWD. Apa opinimu mengenai facelift dari Subaru WRX dan WRX STI ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: