Subaru Pertimbangkan Mesin Turbo Untuk XV & Impreza

Subaru Pertimbangkan Mesin Turbo Untuk XV & Impreza
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam dunia permesinan, tren downsizing masih menjadi hal yang banyak kita temui saat ini. Banyak pabrikan yang memberikan induksi paksa berupa supercharge atau turbocharge sembari menurunkan kubikasi dan jumlah silinder mobil mereka. Dan hal serupa nampaknya juga sedang dipertimbangkan oleh pabrikan asal Jepang, yaitu Subaru. Mesin turbo kabarnya bakal dipertimbangkan untuk unit Subaru Impreza dan XV versi 2021 mendatang.

Dikutip via Mag-X, kabarnya Subaru tengah mempertimbangkan untuk ikut serta dalam tren downsizing dengan menanamkan varian mesin yang lebih kecil bagi Subaru Impreza dan Subaru XV. FYI, untuk saat ini Subaru Impreza dan Subaru XV mengandalkan mesin 2.000cc FB20D dan juga 1.600cc FB16 yang kesemuanya adalah mesin boxer naturally aspirated. Nah, sumber menyebutkan bahwa mesin 1.500cc Turbo akan menggantikan posisi dari mesin FB20D. Untuk konstruksinya juga masih 4 silinder Boxer, hanya jumlah kubikasinya diperkecil. Pertanyaanya, untuk apa Subaru mengikuti tren downsizing tersebut? Jawabannya mudah, dan sama seperti pabrikan lain.

Yaitu, emisi gas buang dan konsumsi BBM. Oke, mungkin Subaru terkenal dengan mobil yang punya peforma mumpuni di aspal, dan bagi mereka yang mencintai hal tersebut, maka konsumsi BBM bukanlah masalah. Namun, kita tidak bisa mengecilkan urusan emisi gas buang. Sudah ada cukup banyak model mobil kondang yang harus disuntik mati karena emisi gas buangnya tidak bisa memenuhi standar terbaru. Dan ini menjadi hal penting bagi Subaru. Dikutip dari Car Sensor, mesin 1.500cc Turbo milik Subaru kabarnya akan memiliki tenaga maksimal 148 hp dan akan hadir tahun depan. Well, memang tidak sebesar mesin FB20D yang bertenaga 152 hp.

Penonton kecewa? Jangan dulu, karena ini masih sekedar isu yang berkembang. Di saat yang bersamaan juga berkembang isu mesin 1.800cc Turbo yang punya tenaga maksimal 270 hp, dan jelas ini kabar baik bagi petrolhead. Jadi, kita tunggu saja perkembangannya, karena kita tahu Subaru nampaknya tidak akan mempertaruhkan nama besar mereka untuk sebuah mesin yang ‘hambar’. Oiya, Subaru Impreza dan Subaru XV juga masih memiliki satu varian mesin e-Boxer yang dipadukan dengan teknologi plug in hybrid. Sayangnya, eksistensi Subarudi Indonesia sudah tidak berlanjut, padahal mobil – mobil mereka punya kans untuk bersaing di kelasnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: