Yamaha FZ25 Dirilis di India, Inikah Wujud Yamaha Scorpio Baru 2017?

by  in International&Motor Baru&Yamaha
Yamaha FZ25 Dirilis di India, Inikah Wujud Yamaha Scorpio Baru 2017?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa Yamaha Scorpio merupakan salah satu motor yang namanya cukup legendaris di Indonesia. Bagaimana tidak? Scorpio merupakan generasi penerus motor 2 tak legendaris Yamaha yaitu RX-King yang acapkali mempunyai julukan motor jambret karena tarikannya yang kencang dan nafasnya yang panjang sehingga tak sedikit yang menggunakannya malah untuk hal negatif.

Selain itu, kubikasi mesin Scorpio yang cukup besar di zaman nya yaitu 225cc 4 tak (terbesar sebelum keluar motor sport 250 cc) membuatnya menjadi pilihan satu satunya motor batangan (non-moge) bermesin diatas 200cc pada kala itu. Namun dengan alasan emisi dan penjualannya yang terus menurun karena kalah pamor dengan motor batangan bermesin 250cc yang lahir pada medio 2008 ke atas, membuat Yamaha Scorpio akhirnya di berhentikan produksinya di Indonesia pada tahun 2015.

Lain Indonesia, lain pula di India karena pada awal tahun 2017 ini, tepatnya Selasa 24 Januari kemarin, Yamaha Motor India Sales (YMIS) telah meluncurkan sesosok Yamaha FZ25 (yang mungkin saja jika masuk ke Indonesia akan diberi nama All New Yamaha Scorpio). Motor ini menggunakan teknologi terkini Yamaha dengan mesin BlueCore terbaru 249cc satu silinder, injeksi, berpendingin cairan yang bertenaga 20.9 ps dan memiliki torsi yang cukup ganas yaitu di kisaran 20 Nm.

FZ25 yang di India masuk kategori mid-streetfighter di klaim sangat lincah dikendarai karena punya bobot 148 Kg dan posisi riding yang lebih sporty karena setang yang lebih pendek 15 mm dibanding saudaranya, FZ20. Jika rumor kemunculan penerus Scorpio benar adanya, Yamaha FZ25 alias Scorpio baru ini nampaknya akan menemui Kawasaki Z250 SL dan KTM Duke 250 yang sama-sama naked bike dan bermesin 250cc satu silinder di Indonesia.

Jika ditilik dari bentuknya, Yamaha FZ25 ini memiliki desain yang sama sekali baru dengan tarikan garis tajam dan tidak terlihat seperti reinkarnasi dari seekor Scorpio, desainnya sangar dan sekilas terlihat seperti Baby Yamaha MT-09 yang masuk dalam kategori moge. Malah menurut kami jika melihat bentuknya, motor ini lebih cocok jika disebut All New Yamaha Byson.

Yamaha FZ25 2017 ini dibangun diatas rangka berjenis diamond type, menggunakan suspensi model teleskopik, rek cakram depan belakang dengan ukuran 282 mm depan, 220 mm belakang. Dilengkapi fitur-fitur layaknya motor Yamaha terbaru lainnya seperti headlight full LED, stoplamp full LED dan instrumen serba digital yang modern dan informatif

Apabila motor ini masuk ke Indonesia, tentunya akan menjadi sebuah kabar bagus untuk dunia roda dua di tanah air. Karena hingga sekarang pilihan untuk konsumen yang menginginkan motor naked touring diatas 150cc namun belum ada budget untuk upgrade ke kelas 250cc 2 silinder atau malas dengan karakter mesin 2 silinder 250cc yang cenderung panas nampaknya akan menjadi pilihan baru yang menggoda selain Kawasaki Z250 SL dan KTM Duke 250.

Di India, Yamaha FZ25 yang hadir dalam 3 pilihan warna yaitu Knight Black, Ballistic Blue dan Warrior White ini dijual dengan harga INR 119.500 atau setara 23,4 juta Rupiah.

Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: