Mau Suspensi Lebih Awet dan Terawat? Yamaha STSJ Punya Tipsnya!

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Mau Suspensi Lebih Awet dan Terawat? Yamaha STSJ Punya Tipsnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam berkendara, pastinya kita menginginkan perjalanan yang nyaman. Salah satu komponen yang mendukung perjalanan agar tetap nyaman adalah suspensi atau peredam kejut yang lazimnya disebut shockbreaker. Sebenarnya, bukanlah hal yang sulit untuk merawat komponen tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan agar knierja suspensi lebih maksimal dan terawat.

1. Jaga Kebersihan Komponen

Salah satu caranya adalah dengan rutin menjaga kebersihan suspensi. Kunci untuk menjaga komponen tetap awet adalah dengan menjaga kebersihannya. Kotoran atau debu yang menempel pada suatu komponen, bisa menyebabkan lecet hingga bocor. Oleh karena itu, setidaknya bersihkan komponen suspensi 2 hari sekali agar sistem kinerja tetap optimal. 

2. Jangan Membawa Beban Terlalu Berat

Menghindari beban yang terlalu berat juga merupakan salah satu cara untuk menjaga suspensi tetap awet. Dilarang membawa barang bawaan secara berlebihan melebihi kapastias maksimal. Selain mengganggu kenyamanan pengendara, hal ini akan berpengaruh pada performa kendaraan. Ketika barang bawaan terlalu berat, suspensi akan bekerja lebih keras untuk menopang beban lebih pada kendaraan. 

3. Hindari Penggunaan Anting Peninggi Suspensi

Penggunaan aksesoris berlebihan juga tidak disarankan, seperti menggunakan anting peninggi suspensi. Aksesoris tersebut akan mengganggu kinerja pada komponen dan pada beberapa kasus menyebabkan suspensi tidak berfungsi hingga patah. Apalagi jika sepeda motor digunakan sehari-hari dan melalui medan jalan yang ekstrim tentunya akan memberikan dampak buruk bagi motor. Lebih baik ganti satu set suspensi ke yang lebih tinggi atau rendah sekalian.

4. Lumasi dengan Front Fork Oil

Untuk menjaga performa suspensi tetap optimal, anda dapat melumasi suspensi dengan front fork oil. Pelumas tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan suspensi. Oli Shock depan ini memiliki viskositas yang tinggi sehingga dapat memberikan performa lebih halus dan stabil ketika berkendara. 

Read Prev:
Read Next: