Honda : CR-V Bermesin Listrik? Hybrid Saja Sudah Cukup

by  in Berita&Honda&International
Honda : CR-V Bermesin Listrik? Hybrid Saja Sudah Cukup
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda menjadi salah satu pabrikan yang memang terkesan ‘lambat’ dalam hal perkembangan teknologi mobil listrik. Honda terpantau hanya merilis Honda Clarity EV dan beberapa mobil EV Concept seperti Honda Urban EV dan Everus EV. Nah, nama terakhir punya potensi lebih cepat untuk direalisasi karena secara bentuk sangat mendekati Honda HR-V, dan bisa saja menjadi Honda HR-V Facelift di masa depan.

Lalu, jikalau Honda HR-V akan mendapatkan versi EV, bagaimana dengan sang kakak, Honda CR-V? Pihak Honda sudah membuka suara mengenai peluang kehadiran dari Honda CR-V EV, dan untuk saat ini, peluangnya adalah nol persen. Yap, mengutip via Autocar UK, Tetsuo Mikasa, Asisten Project Leader Honda CR-V menyebutkan bahwa pihaknya memastikan tidak ada Honda CR-V EV dalam waktu dekat ini, dan sebagai gantinya pihak Honda sudah mempersiapkan Honda CR-V Hybrid untuk membuka langkah mereka ke era elektrifikasi. Mikasa-san juga menyebutkan bahwa Honda CR-V Hybrid akan membawa benefit bagi para pelanggannya. Honda CR-V Hybrid sendiri sudah menampakkan wujudnya di Tokyo Motor Show 2017.

Honda CR-V Hybrid sendiri akan menggeser posisi dari Honda CR-V Diesel. Honda CR-V Hybrid hadir dengan teknologi mesin hybrid Honda yang terbaru yaitu i-MMD yang menggeserkan peran mesin hybrid lawas, i-DCD. Di teknologi i-MMD ini sendiri Honda CR-V mengandalkan dua motor listrik yang menunjang pergerakannya. Honda CR-V Hybrid hadir dengan dua pilihan penggerak, yaitu versi penggerak roda depan dan versi 4WD, serta akan mendapatkan sepaket Honda Sensing yang berisi Adaptive Cruise Control (ACC), Collission Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assist System. Honda CR-V Hybrid sendiri hadir untuk menemani jajaran mobil hybrid Honda lainnya seperti Honda Freed Hybrid, dan Honda Fit Hybrid.

Sedangkan untuk Honda HR-V bermesin listrik yang kami sebut di awal akan hadir untuk pasar China, menyusul berikutnya adalah Honda Fit alias Honda Jazz EV yang akan hadir pasca generasi terbaru dari mobil tersebut rilis. Nampaknya Honda sendiri memang ingin berhati – hati dalam mengambil keputusan dan langkah untuk elektrifikasi dari kendaraan – kendaraanya dengan melalui tahap hybrid terlebih dahulu sebagai jembatan menuju ke mobil bertenaga listrik murni. Dibalik rencana rilis mobil – mobil Hybrid dan mobil listriknya, Honda sendiri sudah menyatakan kerjasamanya bersama dengan General Motors untuk mengembangkan baterai untuk mobil listrik mereka di masa depan dengan basis dari baterai milik GM.

Tentunya langkah serupa adalah langkah yang paling masuk akal untuk melakukan akselerasi dalam hal teknologi mobil listrik, yaitu menggandeng partner. Hal serupa juga sudah dilakukan oleh banyak pabrikan otomotif di dunia dimana mereka banyak membentuk aliansi – aliansi untuk berakselerasi dalam hal R&D Mobil listrik. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: