Sinergi Voltron Dan Infien Energy, Bangun Inovasi SPKLU Bertenaga Matahari

by  in  Berita & Mobil Listrik & Motor Listrik
Sinergi Voltron Dan Infien Energy, Bangun Inovasi SPKLU Bertenaga Matahari
0  komentar

AutonetMagz.com – PT. Exelly Elektrik Indonesia (Voltron) selaku penyedia Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah menandatangani MoU dengan PT Infiniti Energi Indonesia (Infien Energy) pada akhir Mei 2024 lalu. Dalam nota kesepahaman tersebut, Voltron akan menyediakan SPKLU atau charging station untuk mengecas kendaraan listrik di berbagai jenis properti yang dikelola Infien Energy.

PLTS Sebagai Sumber Listrik Untuk Stasiun Pengecasan

Adapun Infien Energi sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyimpanan energi yang terbarukan seperti tenaga surya. Muhammad Firmansyah selaku Direktur PT Infiniti Energi Indonesia menjelaskan, “Kami di Infien Energy bertekad untuk menjadi perusahaan solusi energi yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga aman dan inovatif.”

Melalui kerjasama yang dibangun dengan Voltron, Infien Energy ingin menciptakan ekosistem energi yang bersih. Dimulai dari penggunaan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) sebagai penghasil energi listrik yang dialirkan ke baterai untuk menyimpan dan memasok listrik ke SPKLU. Hal ini juga sesuai dengan moto Infien Energy yaitu ‘one stop green and safe energy solution‘.

Upaya Voltron Ciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik Yang Bersih

Abdul Rahman Elly selaku Direktur Utama Voltron juga menyebutkan bahwa inisiatif ini merupakan langkah konkret menuju masa depan Indonesia yang lebih hijau dan bersih. “Tujuan utama kami adalah menciptakan stasiun pengisian daya yang sepenuhnya didukung oleh energi surya, sehingga mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan emisi karbon, serta menyediakan solusi energi yang berkelanjutan,” terangnya.

Kerja sama tersebut akan memberikan manfaat besar tidak hanya untuk kedua perusahaan tetapi juga bagi masyarakat luas dan lingkungan. Implementasi SPKLU pun kedepannya akan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang benar-benar hijau dari hulu ke hilir. Ini membuat ketergantungan sumber energi fosil bisa kita hindari dengan mudah.

Hingga saat ini, Voltron Indonesia telah mengoperasikan 280+ SPKLU di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Samarinda, Makassar, Yogyakarta, dan Semarang. Lalu hingga akhir 2024, Voltron juga sedang aktif membangun 1500+ SPKLU dengan cakupan pengisian daya dari AC22kW, DC30kW, DC60kW, DC100kW, hingga DC200kW.

Read Prev:
Read Next: